16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Diposting pada
16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan 1

Semarang adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota ini pun menduduki posisi kota metropolitan terbesar nomer lima dimana kota ini dikenal sebagai kota Industri.

Jika anda berkunjung ke Kota Semarang anda akan mudah sekali menjumpai pabrik-pabrik besar. Itulah mengapa Kota Semarang terkenal dengan udara dan lingkunganya yang panas.

Namun jangan berburuk sangka dulu dan tidak mau mengunjungi Kota Industri ini karena dibalik panasnya cuaca dan bangunan pabrik terdapat banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Apa sajakah objek wisata tersebut?

Daftar Wisata Semarang Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Bagi anda yang ingin berlibur di Kota Semarang namun tidak tahu objek wisata apa saja yang bisa dikunjungi bacalah daftar objek wisata di bawah ini. Objek wisata berikut adalah objek wisata paling wajib dikunjungi ketika anda berlibur ke Kota Semarang.

Apa sajakah objek wisata tersebut? Yuk simak daftar objek wisata yang wajib anada kunjungi di bawah ini.

Umbul Sidomukti

16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan 2

Salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Semarang adalah Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti adalah objek wisata pegunungan yang memiliki pemandangan indah dan dilengkapi dengan kolam semi alam yang segar.

Kolam ini berisi air yang jernih dan menyegarkan. Selain itu anda pun bisa bermain bersama keluraga atau teman pada permainan outbound yang disediakan seperti flying fox, repelling dan marine bridge, berkuda dan ATV.

Lokasi: Desa Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Semarang.

Harga tiket masuk Umbul Sidomukti pada hari biasa sebesar Rp 5.000,00 dan Rp 10.000,00 pada hari libur. Jika anda ingin menikmati wahana permainan outdoor harga tiket masuk setiap wahana berkisar antara Rp 6.000,00-Rp 100.000,00 per wahana. Jika anda ingin merasakn liburan dengan tema Taman alam lainya anda bisa berkunjung ke Maron Mangrove Edupark.

Maron Mangrove Edupark Tugurejo

Objek wisata ekowisata hutan Mangrove ini memiliki pemandangan yang indah. Kawasan ini merupakan lokasi pembudidayaan pohon mangrove yang akan dimanfaatkan sebagai tanaman anti abrasi selain itu tanaman ini dibudidayakan untuk melestarikan ekosistem pantai.

Udara disekitar hutan mangrove pun segar jadi anda tidak akan merasa kepanasan. Selain itu terdapat jembatan yang terbuat dari bambu sehingga anda dapat berkeliling di hutan mangrove ini.

Lokasi: Desa Tapak, Tugurejo, Tugu, Semarang.

Jam kunjung Hutang Mangrove mulai pukul 08.00 sampai 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Selain objek wisata alam, Semarang juga punya objek wisata sejarah seperti Lawang Sewu.

Lawang Sewu Pandanaran

Lawang Sewu adalah ikon wisata Semarang yang paling populer yang dahulunya adalah kantor administrasi NIS. Apakah anda tahu kenapa dinamakan lawang sewu?

Bangunan ini dinamakan lawang sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang berjumlah banyak sekali. Apalagi pintu-pintu tersebut sangat besar dan tinggi sehingga menjadikan bangunan ini berkesan angker.

Lokasi: Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menikmati gagahnya bangunan peninggalan Belanda ini anda harus membayar tiket sebesar Rp 10.000,00 untuk dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak. Wisata sejarah selanjutnya dari Kota Semarang adalah Museum Kereta Ambarawa.

Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta yang terletak di Ambarawa ini dahulunya adalah stasiun yang digunakan sebagai tempat persinggahan kereta uap yang digunakan untuk mengangkut tentara Belanda ke Semarang. Namun pada akhirnya stasiun ini dialihkan fungsi sebagai musem kereta.

Pada awalnya museum ini memiliki koleksi lokomotif sebanyak 21 lokomotif. Selain itu anda pun bisa mengendarai kereta uap kuno yang berangkat dari museum ini.

Lokasi: Jalan Stasiun nomer 1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Museum Kereta sebesar Rp 10.000,00 untuk dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak. Sedangkan tarif sewa kereta berkisar antara Rp 7.5000,00 sampai dengan Rp 15.000,00/ orang. Nah objek wisata populer lainya dari Kota Semarang adalah kawasan Simpang Lima Semarang.

Simpang Lima Semarang Pleburan

16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan 3

Kawasan Simpang Lima Semarang sebenarnya adalah sebuah lapangan yang terletak tepat di tengah Kota Semarang. Lapangan tersebuat adalah Lapangan Pancasila.

Lalu yang disebut kawasan Simpang Lima adalah pertemuan antara lima jalan yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Ahmad Dahlan. Nah kawasan ini pun sering disambangi oleh wisatawan untuk sekedar berfoto atau nongkrong-nongkrong.

Lokasi: Jalan Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah.

Selain nongkrong jika anda datang pada malam hari anda bisa naik aneka wahana seperti becak, sepeda dan mobil hias. Wisata sejarah lain yang populer di Semarang adalah Tugu Muda.

Tugu Muda Semarang

16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan 4

Pemerintah membangun sebuah tugu yang digunakan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang berperang pada Pertempuran Lima Hari di Semarang yang kemudian disebut Tugu Muda. Semangat mempertahankan kemerdekaan Indonesia pun tergambar dari Tugu Muda ini.

Keunikan dari tugu ini adalah letaknya yang berada di tengah-tengah persimpangan lima jalan protokoler yaitu Jl Imam Bonjol, Jl dr Sutomo, Jl Pandanaran, Jl Mgr Soegijapranata dan Jl Pemuda. Kini Tugu ini ditetapkan sebagai cagar budaya.

Lokasi: Jalan Yudistira Nomer 5, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun apalagi anda bisa berkunjung kapan saja anda mau. Jika anda bosan berlibur di kota anda pun bisa berwisata ke Pelabuhan Tanjung Mas yang juga menjadi ikon Kota Semarang.

Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Jika anda mengunjungi Tugu Muda anda bisa berpindah ke Pelabuhan Tanjung Mas yang hanya berjarak 5 km. Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III atau persero.

Namun anda akan menemukan berbagai macam latar belakang yang indah. Pelabuhan ini pun menjadi salah satu spot foto terbaik di Semarang.

Lokasi: Jalan Coaster, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Anda pun bisa naik ke atas mercusuar untuk mendapatkan pemandangan Kota Semarang lebih jelas lagi. Berpindah ke wisata religi dan kebudayaan Tiongkok di Semarang terdapat sebuah klenteng yaitu Klenteng Sam Poo Kong.

Klenteng Sam Poo Kong

Semarang memang terkenal dengan berbagai macam wisata budayan dan sejarah salah satunya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan petilasan atau tempat pendaratan pertama yang dilakukan oleh seorang Laksamana Zhang He yang beragama islam dan berasal dari negara Tiongkok.

Objek wisata klenteng ini memiliki empat buah area klenteng yaitu klenteng Juru Mudi, Dewa Bumi, Sam Po Tay Djien dan Kyai Jangkar. Selain mengunjungi klenteng anda pun bisa menyewa pakaian adat Cina dan berfoto ria.

Lokasi: Jalan Simongan Nomer 129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk pada weekdays sebesar Rp 5.000,00 untuk anak-anak dan Rp 7.000,00 untuk dewasa. Sedangkan pada weekend harga tiket masuk untuk anak sebesar Rp 8.000,00 dan Rp 10.000,00 untuk dewasa. Selain Sam Poo Kong Semarang juga terkenal dengan kawasan pecinannya.

Komplek Pecinan Semarang

16 Wisata Semarang Yang Bagus Dan Tidak Boleh Dilewatkan 5

Selain Klenteng Sam Poo Kong anda bisa menemukan klenteng-klenteng tua di kawasan pecinan Semarang. Komplek Pecinan atau yang sering disebut Gang Baru ini adalah kampung yang memiliki suasana khas pedesaan Tionghoa di Cina.

Kawasan Pecinan ini pun sering disebut sebagai Wisata 1000 klenteng karena banyak ditemukan klenteng-klenteng tua. Total klenteng yang bisa anda temukan di Pecinan ini adalah sembilan buah klenteng.

Lokasi: Jalan Beteng, Kranggan, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk mengunjungi kawasan Pecinan ini anda bisa datang kapan saja dan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Nah bergerak dari Kawasan Pecinan anda pun wajib mampir ke wisata Kota Lama Semarang.

Kota Lama Semarang

Sama seperti Jakarta yang memiliki kawasan Kota Tua, Semarang pun memiliki kawasan Kota Lama. Kawasan Kota Lama awalnya adalah kawasan perdagangan dan pemerintahan kota Atlas.

Anda bisa menjumpai lebih dari 50 bangunan kuno dengan arsitektur khas Eropa ala tahun 1,700. Kawasan ini pun terkenal dengan lokasi spot foto dengan panorama unik dan indah.

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No 22, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang buka setiap hari dan tanpa biaya tiket masuk. Jika Kota Lama Semarang menawarkan kekhasan Semarang pada masa lampau maka Kampung Pelangi menggambarkan kondisi dan lingkungan perumahan jaman sekarang yang serba modern.

Kampung Pelangi Randusari Semarang

Semarang tidak hanya terkenal dengan wisata budaya dan sejarah. Anda pun bisa menemukan wisata modern yang sedang hits yaitu Kampung Pelangi.

Kampung ini dahulunya adalah pemukiman kumuh yang tidak layak huni namun berkat sentuhan tangan warga kampung ini pun berubah secara drastis. Rumah-rumah warga dengan segala fasilitasnya pun di cat warna-warni sehinggan menarik warga untuk datang berkunjung dan berfoto ria.

Lokasi: Jalan Dr Sutomo No 89, Wonosari, Randusari, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk mengunjungi Kampung Pelangi anda bisa datang kapan saja dan anda pun tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Yang tidak kalah menarik dengan Kampung Pelangi adalah Kampung Jawi yang menyuguhkan pesona keindahan khas budaya Jawa.

Kampung Jawi Kampung Tematik Semarang

Setelah kemunculan Kampung Pelangi banyak kampung-kampung tematik bermunculan di Semarang salah satunya adalah Kampung Jawi. Kampung Jawi adalah salah satu objek wisata Semarang gratis. Masyrakat di Kampung Jawi ini dengan konsisten melestarikan budaya Jawa ditengah-tengah perkembangan pesat Kota Semarang.

Warga Kampung Jawi ini dengan konsisten menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu anda bisa melihat berbagai macam mural dengan gambar tokoh pewayangan Jawa hampir di setiap dinding rumah warga.

Lokasi: Kalialang Lama, Sukorejo, Semarang, Jawa Tengah.

Anda pun bisa berkunjung ke Kampung Jawi kapan pun anda mau dan tanpa tiket masuk. Nah berpindah dari wisata budaya Semarang anda bisa mencoba wisata alam Semarang yaitu Waduk Jatibarang Semarang.

Waduk Jatibarang Semarang

Salah satu tempat rekreasi keluarga yang paling populer di Semarang adalah Waduk Jatibarang. Waduk Jatibarang ini tergolong baru karena pembangunannya baru selesai pada tahun 2014.

Selain menjadi lokasi penampungan air yang digunakan untuk meminimalisir bencana banjir di Semarang, waduk ini sekarang menjadi objek wisata. Anda pun bisa menemukan sebuah pulau kecil ditengah waduk ini.

Lokasi: Jalan Jatibarang, Kedungpane, Mijen, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Wadung Jatibarang sebesar Rp 2.500,00 yang bisa anda kunjungi mulai pukul 05.00 sampai 18.00. Di tengah-tengah waduk ini anda bisa menemukan objek wisata yaitu Goa Kreo yang tidak kalah menarik.

Goa Kreo Gunung Pati

Goa Kreo adalah sebuah goa alami yang terletak tepat ditengah-tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Di pintu masuk anda akan menemukan sebuah jembatan yang sering disambangi oleh banyak kera-kera.

Walaupun tergolong objek wisata alam anda pun bisa menemukan berbagai macam spot foto unik dan menarik. Pengelola pun berusaha memfasilitas pengunjung dengan berbagai macam aksesoris dan spot foto yang unik dan menarik.

Lokasi: Jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Goa Kreo sebesar Ro 2.5000,00/ orang. Nah jika anda bosan dengan objek wisata yang seperti itu saja anda bisa mencoba objek wisata alam seperti Pantai Marina.

Pantai Marina Tawang Sari

Pantai Marina awalnya terbentuk tidak secara alami. Pantai ini terbentuk karena kegiatan reklamasi di kawasan pantai Kota Semarang.

Awalnya lokasi ini adalah sebuah hutan bakau dan tambak-tambak warga sekitar. Setelah dirubah menjadi pantai, Panti Marina ini pun banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Komplek PRPP, Tawang Sari, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Marina sebesar Rp 5.000,00 dengan jam kunjung sampai malam. Ada lagi objek wisata buatan populer dari Semarang yaitu Brown Canyon.

Brown Canyon Semarang

Browm Canyon pada mulanya bukanlah sebuah objek wisata namun sebuah bukit yang menjadi lokasi pertambangan. Bukit yang ditambang ini bentuknya mirip seperti Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan bukit dan tebing yang menjulang tinggi serta beberapa pohon yang tumbuh diatasnya. Anda wajib berfoto di tempat ini apalagi ketika matahari terbit yang akan memberikan efek pada kamera anda.

Lokasi: Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Brown Canyon Semarang sebesar Rp 5.000,00/ orang. Bagi anda yang ingin berwisata ke Brown Canyon ada baiknya anda mengenakan masker karena objek wisata ini penuh debu dan pasir.

Nah itulah beberapa objek wisata yang paling terkenal di Semarang. Tertnyata tidak hanya objek wisata budaya dan sejarah yang dimiliki kota industri ini.

Banyak objek wisata alam dan buatan yang memiliki pesona indah. Namun ada baiknya anda juga harus tetao mampir ke objek wisata sejarah dan budaya sehingga anda tidak akan melupakan kekayaan sejarah bangsa Indonesia.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.