Candi Sambisari Kalasan: Rute, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Candi Sambisari Kalasan

Ngetripkemana.com – Yogyakarta adalah kota yang kaya budaya maka dari itu banyak wisata budaya yang bisa dikunjungi. Wisata budaya dari Kota Yogyakarta adalah Candi Sambisari Kalasan.

Apakah perbedaan Candi Sambisari dengan candi-candi lainnya? Temukan perbedaan Candi Sambisari dengan candi-candi lainnya pada artikel di bawah ini.

Pesona Candi Sambisari

Untuk diketahui, Candi Sambisari adalah Candi Hindu yang beraliran Syiwa. kemudian, Candi Sambisari dibangun pada kepemerintahan Raja Mataram Dinasti Shailendra abad ke 9.

selain itu, Candi Sambisari diperkirakan di bangun pada tahun  812-838 Masehi. Candi Sambisar mempunyai karakteristik yang sama seperti Candi Prambanan dan Candi Plaosan.

Namun ada yang berbeda dari Candi Sambisari yaitu lokasinya yang berada di bawah tanah. Candk Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah.

Sejarah Lokasi Wisata

Siapakah penemu Candi Sambisari? Candi Sambisari ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawahnga dan menemukan sebuah batu keras yang berpahat di bawahnya.

Pada tahun 1966 Candi Sambisari ditetapkan sebagai reruntuhan sebuah candi yang terkubur material Gunung Merapi pada tahun 1906. Para arkeolog membutuhkan waktu selama 21 tahun untuk merekonstruksi dan memugar Candi Sambisari.

Pada tahun 1987 Candi Sambisari selesai di rekonstruksi dan di pugar. Arkeolog pun tidak hanya merekonstruksi Candi Sambisari namun juga menemukan peninggalan sejarah.

Peninggalan tersebut adalah prasasti emas ukuran 1×2 cm, arca perunggu 12 cm dan 29 cm, cawan serta gerabah. Barang-barang peninggalan tersebut sekarang di simpan di museum dekat Candi Sambisari.

Konstruksi Kawasan Candi

Candi Sambisari terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendukung. Candi Induk memiliki ukuran terbesar yaitu 13,65 x 13,65 m dan berbentuk persegi empat.

Candi induk memiliki ketingy 7,5 m dan menghadap ke arah barat. Kamu bisa melihat batu-batu pipih yang terletak di selasar yang berbentuk persegi dan bulan.

Terdapat relung-relung yang ditempati oleh arca-arca di sisi luar candi. Arca Ganesha berada di sisi timur, Arca di sisi utara dan Arca Agysata di sisi selatan.

Sedangkan di sisi barat terdapat pintu masuk dan dua arca. Arca tersebut adalah Arca Nandiswara dan Arca Mahakal.

Kamu pun bisa melihat tiga candi penjaga di depan candi utama. Candi tersebut terletak di sebelah utara dan selatan.

Candi oenjaga yang berada di pinggir berukuran 4,8 X 4,8 m sedangkan candi penjaga di tengah berukuran 4,9×4,8 m. Terdapat sebuah lingga dan yoni yang terletak di tengat ruangan.

Kamu pun bisa menemukan 8 buah lingga patok yang mengelilingi candi dengan setiap arah mata angin. Ketika melihat Candi Sambisari sepintas terlihat seperti kastil yang terletak di tengah taman.

Alamat Tempat Wisata

Dimanakah letak Candi Sambisari? Candi Sambisari terletak di Desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Jarak Candi Sambisari dari Kota Yogyakarta adalah 10 km ke arah timur. Sedangkan jarak Candi Sambisari dengan Candi Prambanan adalah 6 km.

Candi Sambisari pun letaknya tidak begitu jaih dari jalan utama. Candi Sambisari terletak di dekat Candi Sari Kalasan dan Candi Prambanan.

 Kamu bisa menggunakan Jalan Raya Jogja Solo. Setelah melewati pertigaan Bandara Adisucipto kami bisa lurus menyusuri jalan hingga bertemu pertigaan di dekat Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta.

Wisata Budaya Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi hindu yang terletak 6,5 m di bawah permukaan tanah. Lokasi candi ini berbeda dengan candi lainnya karena letaknya di bawah tanah.

Namun Candi Sambisari tidak kalah indah dengan Candi Prambanan ataupun Candi Sari Kalasan. Kawasan Candi ini juga terlihat bak kastil yang terletak di tengah taman.

Kamu tidak akan terkena sengatan matahari jika berkunjung ke Candi. Waktu populer untuk mengunjungi Candi Sambisari pun oada pagi atau sore hari.

Tips Berwisata ke Candi

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Candi:

  • Jangan mencorat-coret peninggalan sejarah.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan keindahan Candi Sambisari.

Harga Tiket Masuk

Berapakah HTM Candi Sambisari? HTM Candi Sambisari sebesar Rp 3.000,00/ orang.

HTM Candi Sambisari termasuk untuk memasuki museum mini Candi Sambisari. Sedangkan tarif parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Nah itulah informasi mengenai Candi Sambisari Kalasan. Walupun terletak di bawah tanah, kegagaha ya tetap terlihat.

Facebook
Twitter
WhatsApp