Penyegar Pikiran Air Terjun Blawan Bondowoso

Diposting pada
Air Terjun Blawan Bondowoso

Bondowoso adalah salah satu kabupaten yang dikelilingi oleh gugusan pegunungan. Hal inilah yang membuat Bondowoso memilik hawa yang dingin dan sejuk. Bondowoso pun memiliki banyak objek wisata alam yang masih alami.

Harga Tiket MasukRp 3.000 Weekday | Rp 5.000 Weekend
Jam Buka05:00 – 18:00 WIB
Tipe WisataWisata Alam
Kontak
AlamatRengahrejo, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288

Lokasinya yang diapait oleh Gunung Ijen dan Gunung Argopuro menambah koleksi wisata alam. Salah satunya adalah objek wisata alam air terjun. Air Terjun Blawan Bondowoso merupakan objek wisata air terjun andalan di Bondowoso.

Keunikan Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso merupakan hilir dari Kali Pahit. Hilir tersebut merupakan rembesan dari Kawah Ijen. Hal yang unik dari air terjun ini adalah warna airnya yang kuning. Kebanyakan air terjun memang memiliki air yang jernih namun Air Terjun Blawan tidak demikian.

Keunikan Air Terjun Blawan Bondowoso

Warna kuning dari airnya berasal dari tingginya kadar belerang. Sekitar air terjun juga dikelilingi oleh tumbuhan makademia dan lumut Jackiela SP yang menambah pekatnya warna.

Selain airnya yang kuning ada hal lain yang membuat air terjun ini unik. Keunikan dari air terjun ini adalah dari muara air terjunya. Muara air terjun ini langsung menuju ke dalam tanah sama halnya dengan muara Air Terjun Niagara di Amerika. Namun pada akhirnya air terjun ini akan bermuara di daerah Asembagus, Situbondo.

Air terjun Blawan memiliki ketinggian yang lumayan dalam yaitu 30 m dengan debit air yang sangat deras sehingga pengunjung dapat mendengar suara gemuruh dari kejauhan. Sayangnya pengunjung tidak bisa mandi di bawah air terjun Blawan ini karena debit airnya yang terlalu deras.

Namun jangan khawatir pengunjung juga bisa menemukan kolam air hangat. Sumber mata air tersebut mengandung belerang. Kolam tersebut biasanya digunakan oleh pengunjung untuk merendam kakinya.

Rekomendasi untuk anda: Menikmati View Gunung Semeru di Oro Oro Ombo Lumajang

Menurut para warga air dari sumber mata air tersebut memiliki beberapa khasiat yaitu penyembuhan penyakit kulit dan memperlancar peredaran darah. Berendam di kolam air hangat ini juga bisa memulihkan stamina sehingga badan anda bisa kembali segar dan bugar.

Lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso terletak di seputaran Kawah Ijen. Lokasi tepat dari air terjun ini adalah di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Anda bisa mengikuti jalan menuju Ijen untuk mencapai lokasi air Terjun Blawan. Rute yang paling mudah adalah melalui Bondowoso.

Air Terjun Blawan Bondowoso

Jika anda sudah menemui Cafe Ijen maka anda bisa melanjutkan perjalanan selama 30 menit untuk mencapai Kecamatan Sempol. Sesampainya di kecamatan Sempol anda tinggal menuju arah perkebunan Blawan dan mengikuti papan petunjuk arah ke Air Terjun Blawan.

Pengunjung pun bisa menggunakan angkutan desa yang dimulai dari Kabupaten Bondowoso menuju Blawan. Angkutan ini akan mempermudah para traveller yang tidak menaiki kendaraan pribadi. Jarak yang harus anda tempuh dari Bondowoso adalah 52 km.

Setelah berkendara selama 52 km anda harus berganti kendaraan dengan menaiki ojek. Setelah mencapai loket masuk kawasan wisata Blawan anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan yang anda tempuh cukup ekstrem karena jalanya yang naik dan turun diantara dua tebing.

Selama perjalanan anda akan disuguhi dengan pepohonan yang lebat dan hijau. Namun anda tidak boleh lalai dengan indahnha pemandangan sebab banyak anak tangga yang ditutupi oleh lumut yang sangat licin. Sementara di lain sisi akan ada ceruk yang tergenang air panas, anda juga harus berhati-hati ketika melewati ceruk tersebut.

Taman Blawan

Anda tidak hanya menemukan air terjun dan kolam air hangat di seputaran Blawan. Terdapat taman yang dikelola oleh pabrik pengolahan kopi Blawan. Banyak pengunjung yang mampir ke taman ini jika berkunjung ke Air Terjun Blawan. Banyak spot foto yang menarik pula.

Lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso

Taman ini juga memiliki air terjun yang tidak kalah indah dengan Air Terjun Blawan. Bunga-bunga dan tanaman hijau menambah keindahan spot foto yang tersedia.

Jam Operasional Air Terjun Blawan Bondowoso

Setiap objek wisata biasanya memiliki jam buka dan tutup yang berbeda-beda. Begitu pula dengan jam operasional Air Terjun Blawan Bondowoso. Air Terjun Blawan buka dari pukul 05.00 sampai dengan pukul 18.00.

Harga Tiket Masuk Obejk Wisata Air Terjun Blawan Bondowos

Harga tiket mashk Air Terjun Blawan cukup terjangkau yaitu Rp 3.000,00 di hari kerja atau weekdays. Sementara di hari libur atau weekends harga tiket masuk naik sekitar Rp 5.000,00.

Sebelum pergi baca dulu: Pasir Putih bak Lantai Surga Dunia Nyata Pantai Sendiki

Jika anda berlibur ke Bondowoso ada baiknya untuk berwisata alam. Di Daerah Bondowoso terdapat sembilan belas macam objek wisata alam. Salah satu objek wisata alamnya adalah Air Terjun Blawan Bondowoso. Anda bisa mampir dari satu lokasi objek wisata ke lokasi lainya karena lokasinya yang berdekatan dengan air terjun tersebut.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *