Sensasi Mandi Di Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi

Pulau Sumatra ternyata memiliki sumber daya alam yang mengagumkan, terutama Sumatra Barat. Banyak obyek wisata alam yang layak untuk dikunjungi di Sumatra Barat. Salah satu objek wisatanya adalah Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam.

Air terjun ini sedang naik daun karena kesegaran airnya dan keindahan alam sekitarnya. Banyak para pecinta wisata alam yang berbondong-bondong menikmati keindahan alamnya.

Kesegaran Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam tingginya mencapai 100 meter. Air terjun ini terbilang sangat tinggi. Jika anda berdiri dari radius 15 meter, anda akan merasakan cipratan airnya.

Debit airnya yang deras disukai oleh para wisatawan. Selain itu airnya yang mengalir terus menerus menambah kesegaran bagi para pengunjung. Anda dapat mendengar suara air yang membentur daratan atau bebatuan yang sangat jelas.

Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam terdapat di Jorong Nyiur Malalak Barat, Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jika anda ingin mengunjungi air terjun ini, anda bisa melewati Jalan Raya Jalur Bukittinggi. Tidak perlu bingung, anda bisa menggunakan Google Map sebagai petunjuk arah.

Air terjun ini berlokasi di jalan Simaka, Sicincin, Malalak Balingka. Tempat ini berjarak 40 km darikota Bukittinggi. Anda bisa menggunakan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi wisata ini.
Jika anda sudah sampai di Malalak, anda bisa bertanya pada warga sekitar karena mereka semua sudah tau lokasinya.

Namun untuk menuju lokasi air terjun anda masih harus menempuh perjalanan selama satu jam dari Malalak. Akses jalan menuju lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam masih terbilang susah. Jalanya rumit dan banyak bebatuan. Para pengunjung harus melewati jalan setapak.

Terdapat jalan dengan kemiringan yang sangat ekstrem. Jalan yang miring itu mencapai 70°. Selain itu anda juga harus melewati hutan-hutan yang menjadi jalur favorit para pecinta alam.

Air Terjun Langkuik Tinggi

Sepanjang perjalan anda akan dimanjakan dengan gemericik air sungai. Sesekali anda harus menyeberangi sungai-sungai itu. Namun jangan khawatir pengelola air terjun sudah menyiapkan tali untuk menyeberang sungai.

Rute Menuju Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Ada jalur lain yang bisa kita lewati ketika berada di kota Padang. Anda bisa melewati terminal Sicinci. Setelah melewati terminal anda akan menemukan persimpangan. Anda harus belok ke kiri pada persimpangan tersebut

.Ikuti jalan lalu menuju kota Mambang. Setelah melewati kota Mambang anda bisa menuju Tandikek. Anda akan sampai di Balai Akiak. Tidak jauh dari Balai Akiak anda akan sampai di Jorong Nyiur. Perjalan jauh yang anda tempuh akan sebanding dengan  keindahan pesona air terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam.

Setelah anda berjalan kurang lebih 700 meter anda akan menemukan air terjun pertama. Di air terjun pertama ini kita bisa menikmati pemandangan seraya beristirahat. Setelah berjalan kurang lebih 200 meter anda akan menemukan air terjun yang kedua. Di sini anda bisa bermain air, berenang dan beristirahat.

Air terjun ini memang memiliki beberapa air terjun. Itulah yang menjadikan air terjun ini primadona di Malalak Agam selain Air Terjun Sipagogo. Letak air terjun selanjutnya tidak begitu jauh dari air terjun sebelumnya. Namun perjalan akan semakin menantang dan mengasyikan.

Air Terjun Langkuik Tinggi

Pengunjung akan melewati jalan bebatuan yang terjal dan licin. Selain itu anda juga harus melawan derasnya arus sungai. Pengunjung harus menyeberangi beberapa sungai untuk mencapi air terjun utama.

Jam Buka dan Informasi Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Ketika anda akan mengunjungi wisata alam terutama air terjun sebaiknya anda berangkat di pagi hari. Air terjun ini buka pukul 09.30 sampai dengan pukul 17.30.

Air terjun sebaiknya dinikmati pagi dan siang hari karena anda akan menempuh perjalanan yang jauh. Sebelum senja sebaiknya pengunjung sudah pulang karena akan membahayakan keselamatan anda.

Harga Tiket Ke Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Tiket masuk yang harus anda bayar untuk memasuki air terjun ini sangat terjangkau. Tiket masuknya sebesar Rp 5.000,00 per orang.

Untuk mengamankan kendaraan anda, anda harus membayar tiket parkir sebesar Rp 5.000,00 per kendaraan. Sebelum memasuki area wisata, pengunjung diminta untuk mengisi formilir. Formulir ini digunakan untuk mengetahuu jumlah orang yang ikut serta dalam wisata ini.

Kebanyakan dari pengunjung belum tau lokasi tepatnya air terjun, maka dari itu pengelola menyediakan jasa pemandu wisata. Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam ini memang agak tersembunyi karena kebanyakan air terjun memang berada di pelosok.

Air Terjun Langkuik Tinggi

Pemandu wisata akan menemani anda selama perjalan pergi dan pulang. Jalan yang akan anda tempuh dari posko sejauh 1,5 km maka dari itu sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersesat.

Tips Untuk Berwisata di Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam

Tips pertama untuk berwisata alam adalah menyiapkan fisik yang sehat dan kuat. Anda akan menempuh perjalan yang melelahkan karena biasanya wisata alam letaknya agak terpencil. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang aman dan nyaman karena anda tidak akan tahu bagaiman medan yang akan ditempuh.

Sebaiknya anda mengunjungi Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam di musim kemarau. Akan berbahaya ketika anda mengunjungi air terjun di musim penghujan karena aliran airnya sangat deras dan jalanya licin.

Jangan lupa untuk membawa bekal ketika anda berlibur di sini karena tidak ada warung yang tersedia di sepanjang perjalanan maupun lokasi wisata. Hal yang sangat penting dilakukan ketika berwisata adalah menjaga kebersihan agar lokasi wisata tetap asri dan nyaman untuk dikunjungi.

Apakah anda tertarik untuk berwisata alam? Mari mengunjungi Air Terjun Langkuik Tinggi Malalak Agam bersama keluarga tercinta.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *