Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem

Diposting pada
Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem 1

Apakah anda pernah berwisata ke Jogjakarta? Bagi kalian yang sudah pernah berwisata ke Jogjakarta pasti tidak asing dengan Gunung Merapi.

NamaBunker Kaliadem
Harga Tiket MasukRp 10000 – Rp 650000
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataAlam, Camping
Fasilitas UmumMushola, Toilet, Parkir, Warung Makan
Kontak
Alamat Kinahrejo, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta

Nah ada satu objek wisata di lereng Gunung Merapai yang wajib anda kunjungi. Objek wisata tersebut adalah Bunker Kaliadem. Jika anda ingin tahu seperti apa, rute serta harga tiket simaklah artikel di bawah ini.

Bunker Kaliadem Gunung Merapi

Bunker ini dulunya adalah sebuah lokasi perkemahan dan objek wisata sebelum diamuk oleh Gunung Merapi. Bunker ini pun terletak tepat di selatang lereng Gunung Merapi.

Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem 2

Bunker Kaliadem Jogja ini letaknya tepat berada diatas rumah Mbah Maridjan yang terkenal sebagai juru kunci abadi Gunung Merapi. Mbah Maridjan mengabdikan dirinya sampai akhir hayat menjaga Gunung Merapi.

Wisata lainnya di sekitar Merapi: Merapi Land Park Yogyakarta

Bunker ini terkenal sebagai bunker yang angker karena menjadi saksi biksu amukan Gunung Merapi. Namun bunker yang terletak 2.963 mdpl ini pun memiliki hawa yang segar dengan pemandangan Gunung Merapai yang gagah.

Isi Bunker Kaliadem

Apa sajakah isi dari Bunker Kaliadem? Bunker ini memiliki lahan seluas 25 hektar.

Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem 3

Setelah letusan hebat dari Gunung Merapai 2019 anda bisa melihat hamparan pasir, bebatuan dan hutan pinus. Pemandangan tersebut pun menarik minat wisatawan untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Bunker terletak sedalam 3m denga luas ruang 12m. Fungsi utama dari bunker adalah sebagai tempat perlindungan ketika terjadi ancaman letusan Gunung Merapi.

Pada tahun 2006 terdapat dua orang relawan yang meninggal terpanggang di dalam bunker. Mereka gagal menutup pintu bunker sehingga meraka tewas karena terkena wedhus gembel yang panas.

Fasilitas Bunker Kaliadem

Walaupun terletak di lereng Gunung Merapai anda bisa menemukan fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Warung makan
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Foto

Alamat Bunker Kaliadem

Alamat Bunker Kaliadem adalah Kinahrejo, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta. Jarak Bunker dengan pusat Kota Jogja adalah sejauh 30km yang bisa anda tempuh selama 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem 4

Rute yang anda tempuh dari pusat kota Jogja adalah Jalan AM Sangaji, Jalan Monjali, belok ke kiri arah Jalan Kaliurang. Dari Jalan Kaliurang anda tinggal lurus sampai menjumpai persimpangan traffic light Pakem.

Setelah melewati traffiy light anda bisa menuju Desa Cangkingan dan menemukan papan petunjuk arah menuju Bunker Kaliadem. Anda tinggal mengikuti papan petunjuk tersebut.

Anda hanya bisa ke Bunker ini naik motor atau mobil. Namun anda harus berhati-hati karena jalanya cukup terjal dan berliku.

Tips Berwisata Ke Bunker Kaliadem

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika berwisata ke Bunker Kaliadem. Tips tersebut adalah:

Bawalah kamera untuk mengabadikan momen dengan pemandangan yang indah.

Bawalah selalu jaket, pakai tebal, payung atau jas hujan karena cuaca di bawah lereng Gunung Merapai sering berubah-ubah.

Jagalah ketertiban dan sopan santun selama anda berada di alam bebas.

Pesona Keindahan Alam Sekitar

Bunker ini adalah tempat perlindungan, pendirian tenda sekaligus objek wisata. Dahulunya banyak pendaki yang mendirikan tenda disekitar bunker yang memiliki luas lahan 25 hektar.

Saksi Bisu Keganasan Amukan Gunung Merapi Di Bunker Kaliadem 5

Selain memiliki udara yang segar bunker ini dikelilingi oleh Hutan Pinus dan pemandangan dari Gunung Merapi. Setelah terjadi letusan hebat warga sekitar pun berusaha mengembalikan kondisi ekonomi dengan membuka jasa tour yaitu Lava Tour.

Lava tour bertujuan sebagai wahana wisata dan edukasi dimana anda bisa memahami betapa hebatnya Gunung Merapi. Anda pun bisa melihat Gunung Merapi dalam jarak jangkau 2 km saja dari puncak.

Harga Tiket Bunker Kaliadem

Berapakah harga tiket masuk Bunker Kaliadem 2019?

Harga tiket masuk Bunker Kaliadem sebesar Rp 10.000,00/ orang.

Biaya parkir Rp 5.000,00/ motor dan Rp 10.000,00/ mobil.

Tarif Lava Tour rute pendek Rp 350.000,00/ jeep (kelompok)

Tarif Lava Tour rute panjang Rp 650.000,00/ jeep (kelompok).

Itulah informasi mengenai Bunker Kaliadem. Jika anda penasaran dengan pemandangan yang ditawarkan anda harus segera mengagendakan untuk segera menuju Bunker Kaliadem.

Jangan lewatkan wisata alam terbaik di Jogja: Puncak Becici

Anda pun bisa berwisata sambil belajar mengenai Gunung Merapai. Bahkan anda bisa napak tilas dari peninggalan kekejaman amukan Gunung Merapi.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.