Peninggalan Sejarah Penuh Misteri Candi Gedong Songo

Diposting pada
Misteri Candi Gedong Songo

Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah candi yang paling terkenal di Indonesia yang terletak di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun apakah anda tahu Indonesia memiliki banyak candi lainya.

NamaCandi Gedong Songo
Harga Tiket MasukRp 8000 – Rp 75000
Jam Buka06:30 – 18:00 WIB
Tipe WisataSejarah
Fasilitas UmumToilet, Penginapan, Mushola, Rumah Makan
Kontak
AlamatKrajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Salah satu candi yang memiliki pemandangan indah adalah Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di Semarang Jawa Tengah dan menjadi destinasi favorit warga Semarang.

Apakah anda penasaran bagaiaman penampakan dari Candi Gedong Songo? Bacalah artikel di bawah ini untuk mengetahui penampakan, harga tiket, serta lokasi dari Candi ini.

Penemuan Candi Gedong Songo

Candi ini adalah candi peninggalan Kerajaan Hindu pada Pemerintah Wangsa Syalilendra pada abad ke 10 atau 927 M. Candi ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas pada tahun 1740 M.

Candi Gedong Songo Semarang

Sir Thomas pada awal penemuan candi hanya menemukan 7 candi sehingga diberi nama Candi Gedong Pitu. Tiga tahun setelah penemuan Candi Gedong Pitu seorang arkeolog asala Belanda kembali menemukan 2 buah candi sehingga kawasan candi tersebut dinamakan Candi Gedong Songo.

Candi paling populer di Indonesia: Borobudur Temple

Candi-candi tersebut memeliki bentuk yang hampir sama dengan ukuran yang berberda. Candi-candi tersebut rata-rata memiliki ketinggian 5 meter diatas permukaan tanah.

Asal Usul Candi Gedong Songo

Penamaan Gedong Songo diambil dari bahasa Jawa. Gedong bermakna bangunan sedangkan Songo bermakna sembilan jadi Gedong Songo adalah bangunan yang berjumlah sembilan.

Asal Usul Candi Gedong Songo

Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini dibangun dikawasan Gunung Ungaran. Pembangunan tersebut dimulai dari masa pemerintahan Raja Putera Sanjaya.

Apakah anda tahu tujuan pembangunan Candi ini? Candi Gedong Songo Semarang berfungsi sebagai tempat pemujaan para dewa.

Anda pun bisa menyaksikan beberapa patung seperti Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, Ganesha dan patung-patung bercorak hindu lainya. Masyarakat sekitar kawasan Candi juga percaya bahwa pembangunan candi berkaitan erat dengan Hanoman dan Dasamuka.

Wahana Candi Gedong Songo

Kegiatan apasajakah yang bisa anda lakukan di Candi Gedong Songo?

Trekking

Mengendaray Kuda

Camping

Mandi Air Panas

Foto

Fasilitas Candi Gedong Songo

Fasilitas yang bisa anda gunakan di kawasan Candi adalah:

Area Parkir

Toilet

Tempat Ibadah

Rumah Makan

Hotel atau penginapan

Lokasi Candi Gedong Songo

Dimana alamat Candi ini? Candi terletak di Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak sejauh 45 km dari pusat Kota Semarang, 25 km dari Ungaran. Jarak Candi ke Ambarawa lebih dekat lagi yaitu 15 km.

Pesona di balik candi misterius: Candi Sukuh

Sedangkan waktu tempuh Candi dengan Ambarawa kota adalah 44 menit. Apabila anda sedang berada di Bandungan waktu tempuh yang anda perlukan hanya 10 menit saja.

Untuk menuju Candi ini anda bisa datang dari mana saja seperti Yogyakarta, Solo, Kendal atau Semarang.

Tips Wisata Bagi Pengunjung

Anda bisa menggunakan beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika berlibur ke Candi Gedong Songo berikut ini:

Anda lebih baik mengelilingi Candi dengan naik kuda.

Pilihlah alas kaki yang nyaman karenan medannya naik turun.

Datanglah pada saat siang hari atau musim kemarau karena jika kabut tiba anda tidak akan bisa menikmati pemandangan apapun.

Keunikan Candi Gedong Songo

Selain menjadi objek wisata karena keindahan pemandar dan keindahan candinya anda bisa menemukan Bio Energy di kawasan Candi ini. Bio energy yang ditemukan pun merupakan bio energy di kawasan Asia.

Keunikan Candi Gedong Songo

Selain bio energy anda bisa menemukan tambang emas dan perak di lokasi Gedong papat. Nah jadi Candi ini merupakan lokasi yang cocok dijadikan sebgai objek wisata budaya sekaligus pendidikan.

Banyak pengunjung yang datang pada weekend. kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu di Candi ini mulai dari siang sampai sore hari.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Tiket masuk Candi Gedong Songo terbagi menjadi dia yaitu untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Tiket masuk wisatawan lokal Rp 8.000,00 sedangkam wisatawan mancanegara Rp 75.000,00.

Paket wisata Candi Rp 50.000,00 untuk wisatan lokal dan Rp 60.000,00 untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan biaya tiket masuk untuk motor Rp 2.000,00, untuk mobil Rp 5.000,00 dan bus Rp 10.000,00.

Sewa kuda wisatawan lokal Rp 25.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 35.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Tiket masuk Pemandian air panas Rp 60.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 70.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Monumen budaya sebagai pembuktian cinta: Candi Plaosan

Itulah beberapa informasi mengenai Candi Gedong Songo. Anda bisa menemukan banyak keunikan dari Gedong Songo baik ilmu maupun hiburan.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.