Mengenal Spot Sunset Indah Di Pelataran Candi Ijo Kalasan

Diposting pada

Yogyakarta adalah salah satu kota dengan wisata sejarah dan budaya yang terkenal. Salah satu wisata sejarah dan budaya adalah candi.

Candi di Jogja yang bisa dijadikan objek wisata alam sekaligus budaya adalah Candi Ijo. Jika anda penasaran dengan penampakan Candi Ijo simaklah artikel di bawah ini.

Pesona Candi Ijo

Candi Ijo adalah salah satu candi di Yogyakarta selain Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Walaupun tidak sepopuler dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Candi yang satu ini patut dikunjungi.

Candi ini adalah candi yang bercorak agama hindu. Candi tersebut dibangun pada pemerintahan Kerajaan Kamedang pada abad ke 10-11. Candi di Sleman ini pun disebut sebagai candi tertinggi di Jogja karena lokasinya berada di 395 mdpl.

Secara struktur, candi ini terbagi menjadi beberapa kawasan. Ada gerbang, teras dan bangunan utama.

Struktur Utama Candi

Candi Ijo dan Candi Ratu Boko letaknya memang tidak terlalu jauh. Kedua candi tersebut pun terletak pada kawasan yang sama. Apalagi kedua candi tersebut juga memiliki kesamaan.

Kesamaan tersebut terletak pada lokasi berdirinya candi yaitu di atas bukit. Candi ini terletak di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo.

Lokasinya yang berada di atas bukit membuat anda terpana dengan pemandangan sekitar candi. Anda tidak hanya mendapatkan pemandangan mengagumkan dari struktur candi namun juga pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

Bangunan Sakral

Candi ini terdiri dari 17 struktur bangunan. Bangunan tersebut dibagi lagi menjadi 11 teras berundak. Teras pertama adalah sebuah pintu gerbang menuju candi.

Selain teras pertama terdapat teras berundak dari barat yang mengarah ke timur yang merupakan pintu gerbang candi. Pada area teras ke 11 terdapat pagar yang mengelilingi candi dari luar.

Selain itu terdapat 8 buah lingga patok dan 4 candi utama serta 3 buah candi perwara. Apakah anda tahu struktur peletakan bangunan-bangunan tersebut?

Peletakan setiap bangunan pada teras tidak sembarangan tetapi terdapat sebuah nilai reliji dalam peletakannya. Bangunan yang paling tinggi adalah bangun tersakral.

Dapat disimpulkan bahwa candi ini merupakan penggabungan dua kultur yaitu hinduisme dan budhaisme. Hal tersebut dilihat dari struktur dan relief candi.

Khususnya pada pintu masuk candi yang terdapat kepala ganda dan beberapa atribut hindu dan budha. Terdapat pula dua buah arca laki-laki dan perempuan yang sedang menunjuk ke suatu arah.

Makna dari arca tersebut adalah penggabungan dari Dewi Uma dan Dewa Siwa. Serta suwuk sebagai pengusir roh jahat.

Tiga buah candi perwara juga mempunyai makna tersendiri. Candi perwara tersebut dipercaya sebagai Hindu Trimurti yaitu Wisnu, Brahma dan Siwa. Selain bangunan-bangunan tersebut terdapat pula prasasti yang berisi sebuah mantra yang ditulis sebanyak 16 kali.

Tips Mengunjungi Wisata Candi Ijo

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke sini.

Candi ini adalah objek wisata edukasi tempat belajar sejarah, budaya dan seni.

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah pagi atau sore hari anda bisa menikmati sunset atau sunrise di Candi yang satu ini.

Pakailah pakaian yang sopan dan rapi.

Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berkeliling candi.

Persiapkan kendaraan yang prima karena akses jalan menuju Candi Ijo agak menanjak.

Alamat

Dimanakah alamat Candi Ijo? Candi ini terletak di Padukuhan Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Anda bisa menggunakan Jalan Jogja Solo ke arah Pasar Prambanan. Anda tinggal mengikuti jalan sejauh 7km ke arah tenggara.

Sunset Candi Ijo

Selain memiliki pemandangan yang indah dari bangunan candi dan kota Yogyakarta. Candi Ijo terkenal dengan sunsetnya. Anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam dari kawasan wisata.

Tidak ada satupun bangunan yang menghalangi anda untuk menikmati pesona matahari tenggelam. Selain itu pemandangan matahari terbit dari lokasi candi juga tidak kalah indah.

Wisata sunset di candi ini membuat pengunjung paling sering datang mulai pukul 15.00 sampai matahari tenggelam.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Berapakah harga tiket masuk Candi Ijo? Berikut adalah daftar harga tiket masuk Candi Ijo.

Tiket masuk warga negara Indonesia Rp 5.000,00/ orang

Tiket masuk Warga negara asing Rp 10.000,00/ orang

Tarif parkir motor Rp 2.000,00/ motor, mobil Rp 5.000,00/ mobil dan Rp 10.000,00/ bus.

Itulah beberapa informasi terkait Candi Ijo. Wisata budaya sekarang ini mulai populer.

Yuk ajak teman sebanyak-banyaknya untuk melestarikan budaya.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.