Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan

Diposting pada
Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan 1

Jika anda ingin melakukan wisata sejarah ke objek wisata candi anda bisa berkunjung ke Candi Plaosan selain Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Kalasan atau Candi Sambisari. Wisata candi ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

NamaCandi Plaosan
Harga Tiket MasukRp 2000 – Rp 3000
Jam Buka08:00 – 17:00 WIB
Tipe WisataSejarah
Fasilitas UmumToilet, Parkir, Pusat Informasi, Warung Makan
Kontak
AlamatJalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

Walaupun hanya terlihat sebagai tumpukan bebatuan namun jangan salah anda bisa menemukan keindahan dari bangunan tersebut. Untuk menemukan keindahan dari Candi ini simaklah uraian berikut ini yang berisi lokasi, wahan serta harga tiket masuk Candi Plaosan.

Sejarah Candi Plaosan

Candi Plaosan Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini dibangun pada abad 9 oleh Sri Kahuluan dan Raja Rakai Pikatan. Candi ini memiliki dua area yaitu Candi Olaoy Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan 2

Jarak antara kedua candi hanya 20m dan letaknya berdekatan dengan rumah warga. Candi yang terletak 1 km disebelah Candi Prambanan dan Candi Sewu ini pun memiliki relief dan arsitektur yang indah.

Rasakan sensasi wisata misterius di Candi Sukuh

Arkeolog menarik kesimpulan bahwa candi ini adalah Candi Budhe karena adanya arca budha, candi perwara dan kemuncak stupa. Hal itu juga diperkuat dengan temuan dari prasasti-prasasti yang ditemukan disekitar candi.

Ternyata ada cerita dibalik berdirinya Candi Plaosan. Candi ini dibangun sebagai sebagai bukti cinta dari Rakai Pikatan untuk sang istri Pramudya Wardhani.

Rakai Pikatan mendesain candi ini dengan dua sentuhan yaitu corak budha dan hindu. Rakai Pikatan beragama Hindu sedangkan Pramudya Wardhani beragam Budha.

Wahana Candi Plaosan

Pengelola dan pemerintah setempat memberikan sebuah wahana yang diadakn setiap tahun. Wahana atau acara tersebut adalah Festival Candi Kembar.

Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan 3

Festival ini menyuguhkan berbagai macam tari-tarian daerah yang berasal dari seluruh Indonesia. Festival Candi Kembar ini pun merupakan festival kesenian terbesar di Klaten.

Candi Plaosan sunset adalah kegiatan yang bisa anda lakukan. Sunset terbaik yang bisa anda saksikan di Candi Olaosay adalah pada bulan Agustus sampai September.

Coba juga wisata kuliner di Jogja: Bakso Klenger Jogja

Anda bisa memadukan keindahan sunset dengan latar belakang Candi ini. Anda pun bisa duduk bersantai di Paseban Candi Kembar untuk menikmati keindahan sunset.

Fasilitas Bagi Pengunjung

Pengelola telah menjadikan candi sebagai objek wisata budaya maka dari itu ada fasilitas yang bisa anda gunakan. Fasilitas tersebut adalah:

  • Toilet
  • Area Parkir
  • Pusat Informasi
  • Warung makanan

Lokasi Candi Plaosan

Dimanakah lokasi candi unik ini? Candi ini terletak di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan 4

Candi ini terletak sejauh 18 km dari pusat Kota Jogjakarta dan 24 km. Perjalanan dapat anda tempuh selama 40 menit baik dari Jogjakarta atau Klaten.

Untuk menuju Candi Plaosan anda bisa menggunkan rute Jalan Laksda Adisutjipto atau Jalan Raya Solo Jogja. Sesampainya di persimpangan Pasar Prambanan anda masih lurus ke timur sampai menjumpai perempatan Stasiun Brambanan.

Sekitar 200km dari jalan raya anda akan menemukan lokasi Candi. Candi ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00-17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

Berapakah tiket masuk Candi Plaosan 2019? Harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,00/ orang.

Sedangkan biaya parkir yang harus anda bayar adalah Rp 3.000,00/ mobil dan Rp 2.000,00/ motor. Dengan harga tiket masuk yang relatif murah anda bisa belajar sejarah sambil berlibur.

Keunikan yang Dimiliki Candi

Candi ini merupakan candi yang bercorak agama budha. Candi yang memiliki luas 440×270 m ini memiliki 50 candi perwara dan 116 stupa.

Situs Budaya Monumen Pembuktian Cinta Candi Plaosan 5

Dengan ditemukanya Candi ini maka masyarakat dapat belajar sambil berwisata. Anda dapat menyaksikan peninggalan agama budha yang sangat berharga ini.

Selain Candi ini wisata dekat lainya adalah Candi Sewu dan Candi Prambanan. Pengunjung candi-candi tersebut bervariasai dari semua kalangan baik muda, tua, wanita atau pria.

Itulah sedikit informasi mengenai Candi Plaosan. Sebaiknya anda mengecek dulu kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan di candi tersebut. Dengan merencanakan kegiatan apa yang harus anda lakukan anda bisa mengatur jam berangkat karena setiap kagiatan membutuhkan pengaturan waktu.

Kunjungi juga wisata unik kekinian: Malang Night Paradise

Dengan informasi yang kami berikan tentang sejarah Candi Plaosan anda pun bisa mendapatkan ilmu. Jadi ketika anda datang ke wisata ini anda tahu bangunan seperti apa yang anda kunjungi.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.