Menjelajahi Bukti Cinta Yang Melegenda Candi Prambanan

Diposting pada
Candi Prambanan

Jogja adalah salah satu kota dengan budayanya yang sangat lekat. Salah satu objek wisata budaya di Jogja adalah Candi Prambanan yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur atau Borobudur Temple.

NamaCandi Prambanan
Harga Tiket MasukRp 12500 – Rp 30000
Jam Buka06:00 – 17:00 WIB
Tipe WisataSejarah
Fasilitas UmumMushola, Gazebo, Restoran, Pemandu Wisata
Kontak
AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Apa yang akan anda temui di Candi Prambanan juga tidak akan begitu jauh dengan apa yang anda temukan di Candi Borobudur. Harga tiket, pemandangan dan fasilitas yang anda temukan mungkin hampir sama dengan Candi Borobudur.

Pesona Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi hindu yang dibangun pada abad ke 10. Candi Hindu ini menduduki lahan seluas 39,8 hektar.

Pesona Candi Prambanan

Prambanan dalam bahasa Sansekerta adalah Siwagraha yang memiliki arti Rumah Siwa. Anda bisa menemukan sebuah arca setinggi 3 meter yang sering disebut sebagai Arca Siwa Mahadewa.

Candi misterius yang mempesona: Candi Sukuh

Hal ini menunjukkan bahawa Dewa Siwa menjadi pusat di dalam kawasan Candi. Candi Prambanan berbentuk persegi panjang dengan halaman luar dan tiga pelataran.

Sejarah Candi Prambanan

Terdapat dua buah versi cerita Candi Prambanan. Versi pertama adalah sebagai bukit cintai Bandung Bondowoso kepada Roro Jongrang sedangkan versi kedua adalah Rakai Pikatan ingin menyaingi kemegahan Candi Borobudur dan Candi Sewu.

Struktur Candi Prambanan

Struktur Candi Prambanan berbentuk persegi dengan tiga pelataran.

Struktur Candi Prambanan

Pelataran Luar atau Jaba, Pelataran Tengah atau Tengahan dan Pelataran dalam atau Njeron. Jaba memeliki luas 390 meter persegi dengan kawasan terbuka.

Pada dahulu kala terdapat pagar bàtu yang mengelilingi kawasan Candi Prambanan. Tengahan memeliki luas 222 meter persegi dimana terdapat 4 teras berundak dan memeliki candi-candi kecil.

Sedangkan Njeron memeliki luas 110 meter persegi. Pelataran ini memeliki ketinggian 1,5 meter dari atas permukaan tanah.

Pelataran ini dikelilingi oleh turap dan pagar batu. Sedangkan pada pintu masuk utama anda bisa menemukan gapura paduraksa.

Fasilitas Bagi Pengunjung Candi

Lokasi wisata ini memiliki beberapa fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan:

Tempat Parkir

Tempat Ibadah

Restoran

Gazebo

Pemandu wisata

Golf Car

Papan Petunjuk Informasi

Alamat Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

Candi ini terletak diantara perbatasan Klaten dan Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta jaraknya sejauh 17 km yang bisa anda tempuh selama 15 menit perjalanan.

Jika anda berasal dari luar Kota Jogja anda bisa menggunakan Jalan Raya Jogja Solo untuk menjangkau lokasi Candi. Sedangkan jika anda datang dari arah Bandara Adisucipto anda bisa menggunakan moda transportasi umu bus Trans Jogja halte 1A dengan waktu tempuh 15 menit.

Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Candi yang disebut juga dnegan Candi Roro Jonggrang ini adalah candi hindu terbesar di Indonesia. Maka dari itu pada tahun 1991 Unesco menobatkan Candi Prambanan sebagai warisan budaya.

Candi Roro Jonggrang

Untuk melestarikan kebudayaan hindu di Prambanan pengelola menggelar pagelaran tari setiap dua hari sekali. Selain itu umat Hindu juga menggunakan Candi ini untuk tempat beribadah ketika berlangsung hari Raya Hindu.

Anda dapat menemukan 18 candi dari total candi yang berjumlah 240 candi. Delapan belas candi tersebut adalah 3 Candi Wahana, 3 Candi Trimurti, 4 Candi Kelir, 2 Candi Apit, 4 Candi Patok dan 224 Candi Perwara.

Wisata Budaya dan Sejarah

Candi Prambanan adalah objek wisata budayan yang paling cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga. Selain menikmati keindahan candi anda juga bisa belajar sejarah dibalik megahnya Bangunan Candi.

Wisatawan Candi Prambanan

Tidak jarang pula banyak pasangan yang melakukan sesi pemotretan pre wedding di pelataran Candi. Anda pun bisa mengunjungi berbagai macam festival nasional maupun internasional yang diadakan di pelataran Candi.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk Candi terbagi menjadi dua yaitu untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Tiket wisatawan lokal

Rp 30.000,00 untuk dewasa

Rp 12.500,00 untuk anak-anak

Tiket mancanegara

$18 untuk dewasa

$9 untuk anak-anak

Untuk mengunjungi Candi anda bisa datang setiap hari. Loket tiket dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00.

Yuk ajak anak-anak anda dan Keluarga anda untuk berwisata edukasi di Candi ini. Dengan harga tiket yang terjangkau anda bisa belajar sejarah dan budaya umat Hindu Indonesia.

Wisata candi yang masih jarang diketahui: Candi Plaosan

Anda pun bisa melestarikan kebudayaan melalui megahnya Candi Prambanan. Yuk lestarik budaya Indonesia.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.