Pesona di Balik Uniknya Candi Sukuh yang Misterius

Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah candi Hindhu termuda yang ada di Indonesia. Usinya sekitar 600 tahun karena candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-15. Meski tidak semegah Candi Borobudur, candi yang terletak tidak jauh dari Candi Cetho Gunung Lawu ini memiliki keunikan tersendiri.

Gaya arsitektur berundak menandakan waktu dibangunnya candi ini. Candi ini kemungkinan dibangun pada masa transisi antara runtuhnya kerajaan Hindu dan mulai masuknya agama Islam.

Selain itu, terdapat sejumlah patung dan relief yang bisa dibilang sangat vulgar yang penuh misteri. Penasaran keunikan apa saja yang dimiliki candi ini? Simak penjelasan berikut.

Candi Sukuh Karanganyar

Candi ini terletak di barat lereng Gunung Lawu. Berada di ketinggian 3000 mdpl dengan luas area sekitar 5.500 m2. Banyak sumber mengatakan candi ini ditemukan oleh Van der Vlis sekitar tahun 1842.

Menurut para ahli, relief-relief yang ada menunjukkan bahwa candi ini dulunya dibangun sebagai tempat ruatan.

Salah satu keunikan yang membedakan dengan candi-candi lain terletak pada relief di candi sukuh. Sangat jelas terlihat bahwa beberapa relief dan patung di sini mengekspos bentuk phallus serta vagina atau lingga & yoni.

Selain itu, jika diperhatikan bentuk dan struktur candi ini lebih menyerupai situs bangsa Aztec & Suku Maya. Yaitu suku yang berasal dari Amerika Tengah dan Inca di Peru. Beberapa bentuk candi juga menyerupai bentuk pyramid yang bisa anda temukan di Mesir.

 Aktivitas yang bisa Dilakukan

Candi Sukuh

Sesaat setelah memasuki areal candi anda disambut dengan panorama taman yang tertata rapi dan cantik. Udara sejuk dan tatanan taman yang indah ini sering dijadikan background berbagai keperluan foto.

Tidak sedikit pengunjung memanfaatkan kawasan ini untuk foto prewed atau koleksi foto lainnya. Setelah cukup puas menikmati cantiknya areal depan candi.

Kini saatnya sobat menjelajah areal candi yang berundak dan berteras. Dari situlah anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang candi ini melalui patung-patung dan relief.

Ada 3 teras yang harus dinaiki. Tiap-tiap teras memiliki benda, arca dan relief yang berbeda-beda. Di teras pertama, terdapat sebuah gapura utama yang bertulisan Sengkala Memet.

Di bagian ini terdapat keterangan tahun dibangun candi ini. Di lorong kawasan ini juga terdapat pahatan yang menggambarkan alat kelamin pria (yoni) dan wanita (lingga).

Pada bagian teras kedua, terdapat sebuah bangunan gapura namun kondisinya sudah agak sedkit rusak. Ada juga sebuah patung penjaga atau yang biasa disebut Dwarapala dengan kondisi yang sama.

Di teras ini terdapat sebuah patung Candrasangkala (Gajah Wiku Anahut Buntut) yang bermakna Gajah Pendeta yang Menggigit Ular.  

Pada bagian teras ketiga atau teras tertinggi, anda akan menemukan sebuah pelataran yang luas. Di bagian induk ini terdapat banyak relief, patung serta tempat untuk sesajian yang bentuknya bujur sangkar.

Selain ketiga teras di atas, banyak juga ditemukan prasasti di candi sukuh yang bisa anda lihat dan pelajari. Diantaranya adalah patung kura-kura (melambangkan proses penciptaan alam).

Candi Sukuh

Ada juga patung gajah dengan pelana (lambang hewan tunggangan raja-raja). Selain itu anda juga akan temukan patung babi hutan yang pada saat itu dijadikan sebagai hewan buruan.

Fasilitas yang Tersedia

Mengenai fasilitas yang ada candi sukuh gunung lawu sudah cukup lengkap. Terdapat area parkir, toilet dan kamar mandi serta muhola.

Jika anda lapar atau haus jangan kawatir. Sudah ada banyak warung di sekitar kompleks candi. Di warung-warung tersebut anda juga bisa menikmati secangkir kopi hangat untuk menangkal dinginnya hawa di lereng Gunung Lawu ini.

Bagi anda yang berasal dari luar daerah Karanganyar atau memang sengaja ingin menginap, ada fasilitas menginap di sekitar lokasi. Beberapa hotel di candi sukuh terdiri dari hotel, villa, cottage dan penginapan lainnya. Harga sewa penginapan di sini rata-rata Rp 50.000 per malamnya.

Lokasi

Candi Sukuh terletak di lereng gunung Lawu. Alamat tepatnya di Desa Berjo, Kec Ngargoyoso, Kab Karanganyar, Jawa Tengah, kode pos 57793. Untuk menuju ke lokasi anda bisa akses link Maps yang kami sediakan.

Harga Tiket Masuk

Biasanya harga tiket masuk objek wisata berbda antara hari biasa dengan hari libur. Namun tidak dengan dengan objek wisata candi satu ini. Harga tiket masuknya untuk sementara masih sama. Namun alangkah lebih baik untuk cek terlebih dahulu karena bisa jadi berubah sewaktu-waktu.

Candi Sukuh

Untuk dpat masuk ke lokasi candi ini dibuthkan biaya yang sangat terjangkau. Pada saat weekday maupun weekend harga tiketnya dipatok Rp 7 ribu.

Jam Operasional

Salah satu destinasi yang ada di Karanganyar ini buka setiap hari. Untuk jam bukanya adalah setiap pukul 08.00 dan tutup pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Destinasi Wisata Alam Hits Karanganyar, The Lawu Park

Apakah anda pensaran dengan keunikan Candi Sukuh? Datang dan buktikan sendiri pesona dan uniknya candi Hindu termuda di Indonesia ini!

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.