Spot Terbaru dan Unik di Kota Batu, Coban Rais Malang

Coban Rais

Coban Rais Malang baru-baru ini menjadi primadona anyar di Kota Batu. Objek wisata ini kembali naik daun sejak Desember 3 tahun lalu yakni tahun 2016.

Terutama setelah dibukanya areal wisata yang bernama Batu Flower Garden. Berkat tempat itu, Coban Rais menjadi ikut terkenal hingga seantero tanah air.

Apa sih yang menarik di sana? Jadi, wisata andalan Coban Rais adalah Bukit Bulu atau disebut juga Batu Flower Garden ini. Ayo sejenak kita telusuri.

Coban Rais Malang

Secara bahasa, coban merupakan kata yang bersala dari bahasa Jawa. Dalam Bahasa Indonesia artinya adalah air terjun. Sementara Rais sampai saat ini artinya masih simpang siur.  Kisahnya, kata Rais tersebut diambil dari nama seseorang yang menemukan letak lokasi air terjun.

Namun, selain Coban Rais, banyak wisatawan dan warga setempat menyebut air terjun itu sebagai Coban Sebrangan. Coban Rais Malang sendiri merupakan suatu kawasan wisata alam yang masih sangat asri.

Tepat di atas bukit areal ini merupakan jejeran pegunungan Panderman. Di sana terletak pula air terjun setinggi 20 meter dengan derajat kecuraman mencapai 90. Di situlah sebuah spot wisata baru yang saat ini sedang viral.

Spot wisata itu adalah Bukit Bulu atau Batu Flower Garden. Tempat tersebut biasa dikenal sebagai Coban Rais.

Jadi apa sih yang menarik di Coban Rais Malang ini? Tepat sekali. Spot wisata baru yang disebut Batu Flower Garden itu yang menjadi magnet bagi para turis. Di sana sobat travel bisa temukan berbagai spot menarik.

Coban Rais menjadi salah satu dari spot yang paling instagrammable di Jawa Timur. Dan juga, sobat travel akan mendapatkan pengalaman yang mengasyikkan.

Aktivitas dan Fasilitas

Keindahan alam di sini sangat mempesona. Namun, bukan itu saja yang sobat travel bisa nikmati. Jika sobat ke sini, terdapat sebuah gardu terbuat dari kayu yang besar berbentuk I LOVE YOU menyambut anda. Sobat juga bisa berswa foto dan selfie dengan latar alam yang indah dan segar.

Di samping itu, masih banyak spot foto cantik dan instagenic di sini. Tentu sobat travel tidak perlu kawatir jika ingin menambah koleksi foto-foto keren dan anti-mainstream.

Spot selfie yang tersedia selain gardu I LOVE YOU adalah ayunan, flower hill/bukit bunga, gardu pandang, dan hammock.

Ada juga spot kece yang memacu adrenalin yakni rumah pohon dan sepeda gantung. Terdapat pula camping ground dan lokasi outbond. Dengan suasana sejuk dan nyaman, Coban Rais menjadi tempat yang sangat cocok untuk kegiatan outdoor.

Berbicara tentang fasilitas tentu sobat travel tidak perlu kawatir. Di sana sudah tersedia fasilitas toilet dan kamar mandi. Disarankan untuk membawa bekal jika ke sana karena belum adanya kedai-kedai khusus yang menjual makanan.

Sobat travel juga perlu membawa perlengkapan pribadi sendiri. Mengingat masih minimnya fasilitas yang disediakan. Sebagai traveller sejati, tentu sobat travel setuju jika kita harus menjaga kebersihan lingkungan bukan?

Jadi pastikan tetap menjaga kebersihan tempat ini dari sisa-sisa perbekalan yang sobat bawa ya.

Lokasi Wisata

Berbicara mengenai lokasi, Coban Rais berada di Dusun Dresel, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasinya terletak cukup jauh dari jalan besar. Namun jangan kawatir, sobat bisa menemukan tempat ini dengan menyusuri maps dari link yang kami sediakan di atas.

Sobat travel membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam jika berangkat dari Kota Batu. Jarak Coban Rais dari Batu hanya sekitar 7 km. Untuk aksesnya, sobat bisa mengambil jalan TVRI menuju ke Oro-Oro. Setelah itu, tinggal ikuti saja sampai ke pintu masuk wisata Coban Rais Malang.

Namun, perjalanan tidak cukup sampai di situ sobat. Setelah parkir, sobat travel harus menyusuri perjalanan lewat jalan setapak sepanjang 5 km.

Dan, sobat travel harus berjalan kaki di sini. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tracking ini sekitar 40 menit. Dalam tracking ini, sobat travel harus berhati-hati karena jalan agak gelap dan licin.

Ohya, perlu diingat ya sobat kalau jam buka lokasi Coban Rais hanya dari pukul 07.00 sampai 15.00 WIB. Jadi, kalau mau ke sini harus perhatikan estimasi waktu agar tidak kesorean.

Harga Tiket

Biaya masuk Coban Rais Malang ini adalah sebesar Rp 7 ribu. Selain itu terdapat biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Untuk menikmati indahnya kawasan Bukit Bulu, sobat travel harus membayar Rp 10 ribu untuk biaya masuk.

Jika ingin berfoto di semua spot unik di sana, dibutuhkan biaya tambahan Rp 10 ribu/spot. Jadi, siapkan biaya lebih ya sobat jika ingin mempunyai banyak koleksi foto kece di Coban Rais.

Baca juga: Bukit Delight Malang

Galeri Foto Coban Rais Malang

Coban Rais Malang
Coban Rais Malang
Coban Rais Malang
Coban Rais

Nah, seru bukan? Kapan lagi bisa tracking alam dengan bonus foto-foto kece? Ayo segera agendakan liburanmu ke Coban Rais Malang.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.