Curug Ciherang, Perpaduan Eksotisme Alam dengan Kreatifitas

Curug Ciherang

Curug CiherangBogor memang surganya wisata alam. Kota ini dari dulu melegenda dengan panorama alam yang indah dan memesona. Belakangan terdapat beberapa objek wisata alam yang sedang populer.

Ada yang terkenal dengan nama Rumah Pohon Pabongbon. Banyak juga objek wisata seperti curug di daerah ini. Terhitung terdapat lebih dari 28 curug yang terdata. Namun, baru-baru ini sedang trending objek wisata air terjun yang disebut Curug Ciherang.

Panorama Menakjubkan Curug Ciherang

Curug ini memiliki ketinggian 30 meter. Debit airnya cukup deras dan air terjunnya memiliki undakan bebatuan. Jadi, sobat travel pasti tidak tahan untuk bermain air jika berada di sini. Air di curug ini pun terasa dingin dan segar.

Di bawah air terjun, sobat travel bisa temukan sebuah kolam kecil. Tempat tersebut biasa digunakan untuk bermain air atau sekedar berendam. Jika sobat travel tidak ingin berada di air yang deras pun bisa menikmati segarnya air di kolam ini.

Area di sekitar curug sangat memanjakan mata. Curug cantik ini dikelilingi oleh pepohonan rindang. Karena Curug Ciherang sendiri terletak di dalam hutan. Jadi jangan heran jika sobat travel kebetulan bertemu monyet atau burung di curug ini.

Aktivitas dan Fasilitas

Wisata air terjun tidak lepas dari aktivitas bermain air dan berenang. Ya. Menikmati segarnya air pegunungan sembari berbaur dengan alam pasti sangat menyenangkan. Di curug ini sobat bisa memanjakan diri dengan suara gemericik air curug dan burung-burung di sekitaran.

Ohya, disarankan untuk berhati-hati jika bermain air di curug ini ya sobat. Bebatuan di sini lumayan licin dan berlumut. Jadi, tetap perhatikan keselamatan saat anda sedang berlibur.

Selain bermain-main dengan air, sobat travel juga bisa menikmati salah satu spot yang tersedia di sini. Tidak hanya curug saja yang sobat temukan. Terdapat spot rumah pohon dan jembatan kayu. Kedua spot ini belakangan sangat viral di dunia maya.

Sobat travel bisa sekedar swafoto bersama teman, pasangan dan keluarga tercinta. Karena sangat instagenic, kedua spot ini banyak diminati oleh pengunjung. Di samping bentuk yang unik, latar Curug Ciherang juga menambah keindahan.

Meskipun lokasi wisata ini terletak di dalam huta, fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai. Terdapat toilet yang bersih dan area parkir yang luas. Ada juga mushola, taman mini, dan gazebo.

Sudah banyak pula kedai-kedai makanan minuman di sini. Harganya pun tidak begitu mahal. Jadi, sobat travel tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah.  

Lokasi

Curug ciherang brada di kawasan Sinar Jaya, Sukamakmur, Kota Bogor. Jaraknya dari Kota Bogor adalah sekitar 43 km atau dua jam perjalanan.

Jika sobat travel dari arah Bandung, maka ambil arah Cibogo-Ciranjang lalu melewati Cinangsi-Cibogo. Sobat travel akan melewati SPU Cinangsi. Setelah itu, tinggal mengikuti petunkjuk arah untuk sampai ke daerah Jonggol.

Untuk menuju lokasi air terjun, sobat travel harus menyusuri jalan setapak berjalan kaki. Waktu yang dibuthkan sekitar 15 menit dari pintu masuk. Namun jangan kawatir, perjalanan 15 menit itu tidak akan terasa karena begitu indahnya pemandangan.  Lihat Google Maps

Jam Operasional

Curug Ciherang ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Namun, curug ini tidak buka pada hari Kamis. Jadi, pastikan sobat travel datang ke sini tidak pada hari itu ya.

Pada hari Sabtu dan Minggu, lokasi wisata ini akan sangat ramai oleh pengunjung. Jadi, disarankan untuk ke sini pada hari biasa jika ingin totalitas menikmati indahnya alam curug ini.

Harga Tiket

Untuk informasi HTM Curug Ciherang, tarif per orang sebesar Rp 15 ribu. Untuk pengunjung yang ingin menikmati spot Rumah Pohon & Jembatan gantung cukup menambah Rp 2 ribu per orang.

Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 12 ribu. Setelah itu, sobat travel bebas berselfie ria di tempat hits ini.  

Biaya parkir di Curug Ciherang ini relatif lebih mahal dari tempat lain di Bogor. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 5 ribu. Sementara mobil tarifnya Rp 25 ribu.

Galeri Foto Curug Ciherang

Curug Ciherang
Curug Ciherang
Curug Ciherang, Perpaduan Eksotisme Alam dengan Kreatifitas 1
Curug Ciherang, Perpaduan Eksotisme Alam dengan Kreatifitas 2

Baca juga: Bukit Alesano Sajian Alam Terbaik di Kota Bogor

Sudah tidak diragukan lagi eksotisme Curug Ciherang. Dipadukan dengan kreatifitas rumah pohon dan jembatan gantung. Tampaknya sobat travel wajib menjadikan lokasi ini sebagai salah satu nama di daftar liburan anda.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.