Cerita Mitos Dibalik Keindahan Curug Kembar Curug Cinulang

Diposting pada
Curug Cinulang

 Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki bentang alam yang indah. Banyak objek wisata alam yang bisa kamu temukan. Salah satu objek wisata alam yang menarik adalah Curug Cinulang.

Kisaran Harga TiketRp Rp 5.000
Informasi Kontak
Jam Buka 08.00-18.00 WIB
WilayahKab.  Kabupaten Sumedang, 

Tahukah kamu perbedaan antara curug-curug tersebut? imak artikel di bawah ini untuk menemukan perbedaan curug ini dengan curug lainnya.

Keindahan Curug Cinulang

Curug Cinulang adalah salah satu objek wisata alam yang bisa kamu temukan di Bandung Timur. Curug ini lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Sumedang. Objek wisata air terjun ini sering sekali dikunjungi oleh wisatawan baik pada hari kerja, hari libur atau musim liburan panjang.

Curuh Cinulang atau yang sering disebut dengan Curug Sindulang menjadi destinasi favorit kawula muda Bandung. Bandung sebenarnya adalah kawasan cekungan yang dikelilingi oleh pegunungan.

Lokasi ini berada di Taman Nasional Masigit Kareumbi yang menjadi destinasi wisatawan lokal maupun internasional.

Sejarah Curug Cinulang

Apakah kamu penasaran dengan sejarah Curug Cinulang? Sebelum kami bercerita tentang sejarah Curug Cinulang, kami akan bertanya satu hal. Apakah kamu tahu jodohmu? Siapakah yang memberikanmu jodoh? Eittsss tapi jangan di jawab dulu ya. Simaklah cerita di bawah ini.

Curug Cinulang

Mitos Curug Cinulang Bandung sudah berkembang luas. Masyarakat meyakini bahwa setiap pasangan yang sudah berniat untuk menikah dan berkunjung ke curug ini pasti akan mengalami kesialan.

Kesialan tersebut adalah kandasnya jalinan cinta antara sepasang kekasih tersebut. Namun ada mitos yang cukup unik lainnya. Mitos tersebut saling berkebalikan. Masyarakat percaya jika pengunjung Curug Sindulang Sumedang datang sendiri dan masih lajang maka orang tersebut akan segera bertemu dengan jodohnya.

Apakah kamu percaya dengan mitos tersebut? Percaya atau tidak percaya namun kamu harus percaya bahwa jodoh itu ditangan Tuhan bukan di tangan sebuah curug.

Nah setelah mengetahui kisah misteri Curug Cinulang bacalah terus artikel berikut untuk menemukan lokasi Curug Cinulang.

Keistimewaan Curug Cinulang

Apakah kamu tahu keistimewaan wisata air terjun? Kebanyakan air terjun pasti memiliki pemandangan yang memukau. Sama seperti keindahan Curug Cinulang. Kamu akan menikmati hijaunya pepohonan dan segarnya udara. Selain itu keunikan dari aliran air terjun juga tidak kalah spektakuler.

Curug Cinulang

Terdapat dua buah aliran air terjun yang saling berdampingan. Ketinggian air terjun tersebut adalah 30 meter. Aliran air terjun tersebut sangatlah deras sehingga percikan air yang jatuh ke dasar lembah bisa terdengar dari pintu masuk.

Percikan air terjun yang sangat deras tersebut menciptakan uap air yang berhamburan. Sehingga kamu bisa merasakan hawa sejuk dan uap tersebut akan membasahi seluruh tubuhmu.

Alamat Curug Cinulang

Tahukah kamu alamat lengkap wisata Curug Cinulang? Curug Cinulang terletak di antara perbatasan dua kabupaten yaitu Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Timur.

Curug Cinulang Sumedang

Alamat lengkapnya adalah Cicalengka, Sindang, Wangi, Sindulang, Cimanggung, Sindulang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk menjangkau lokasi curug dari pusat kota.

Jalur yang bisa kamh tempuh adalah Tol Cileunyi, Nagreg, Jalan Raya By Pass Cicalengka, Sumedang, Cadas Pangeran, Simpang Pemulihan dan sampailah di Curug Cinulang.

Tips Berwisata Ke Curug Cinulang

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Curug Cinulang:

  1. Pakailah baju dan alas kaki yang nyaman.
  2. Bawalah baju ganti dan peralatan mandi.
  3. Hati-hati saat melangkah karena jalanya agak terjal dan licin.
  4. Sedangkan jam operasional Curug Cinulang adalah setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-18.00 WIB.

Fasilitas Curug Cinulang

Berikut adalah fasilitas yang bisa kamu temukan di Curug Cinulang:

  • Mushola
  • Toilet
  • Spot foto
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Gazebo

Wisata Air Terjun Curug Cinulang

Curug Cinulang Cicalengka Bandung adalah salah satu air terjun unik yang ada di Bandung. Keunikan tersebut terletak pada hadirnya dua aliran air terjun kembar yang saling berdampingan.

Curug Cinulang

Wisata air terjun tersebut pun sering sekali digunakan anak muda Bandung untuk menghabiskan akhir pekan. Pengunjung dapat menghabiska waktu selama 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang

Harga tiket masuk Curig Cinulang Bandung sebesar Rp 5.000,00. Tarip parkir kendaraan roda dua adalah Rp 3.000,00, Rp 5.000,00/ mobil dan Rp 10.000,00/ bus. Demikianlah informasi mengenai Curug Cinulang.

Baca juga : Curug Luhur Bogor, Sajian Wisata Alam di Jawa Barat

Kamu tidak harus pergi jaih dan membayar mahal untuk bisa menikmati keindahan alam yang tidak ada habisnya ini. Datanglah ke Cicalengka Bandung untuk berwisata alam yang menyenangkan.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.