Eksotis berbalut Mistis, Ada Apa di Balik Pesona Alam Curug Gending Asmoro?

Pesona Alam Curug Gending Asmoro

Tidak hanya terkenal dengan lumpia dan Cimory, Semarang kini punya satu tempat menarik yaitu Curug Gending Asmoro. Memang belakangan beberapa daerah di Indonesia sedang menggalakkan potensi wisatanya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Kota Semarang.

Kisaran Harga TiketRp 5.000
Ulasan PenggunaPengguna
Jam Buka06:00 – 17:00 WIB
WilayahSemarang, Jawa Tengah

Di kota ini, satu per satu bermunculan objek wisata yang memanfaatkan alam yang didesain dengan tangan kreatif manusia. Sehingga menciptakan sebuah tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi.

Satu dari sekian objek wisata alam baru Semarang yang patut dicoba adalah Curug Gending Asmoro Ungaran.

Curug Gending Asmoro

Terletak di daerah Ungaran Timur, curug ini menyuguhkan nuansa berbeda dengan kebanyakn curug lainnya. Apa bedanya? Curug cantik dan berbau mistis ini tidak berada di kawasan lereng gunung. Melainkan terletak di tengah lebat dan hijaunya hutan bambu.

Baca juga: Old City 3D Trick Art Museum Semarang Destinasi Berfoto Selfie Terbaik

Seperti clue sebelumnya, curug ini tidak hanya menawarkan keindahan serta pesona alam. Ada kisah mistis di balik pesonanya yang eksotis. Penamaan curug ini sendiri ternyata berasal dari cerita mistis di belakangnya.

Nama Gending Asmoro ternyata erat kaitannya dengan sebuah legenda gamelan gaib yang terdapat di sekitaran air terjun. Bagaimana kisahnya? Simak kelanjutan bacaan ini.

Sejarah Curug Gending Asmoro

Spot Selfi Curug Gending Asmoro

Penasaran bukan? Jadi konon, dulu terdapat sebuah pertunjukan wayang kulit yang diadakan oleh warga setempat. Nah, setiap kali pertunjukan hendak dilakukan, warga setempat meminjam gamelan gaib dengan melakukan sebuah ritual khusus.

Ritualnya dilakukan dengan mendatangi curug tersebut serta meminjam seperangkat gamelan gaib. Ajaibnya, menurut warga setempat.

Pada keesokan harinya akan muncul seperangkat gamelan di area tersebut. Entah darimana gamelan-gamelan itu berasal, warga meyakini bahwa ritual yang dilakukan berhasil.

Tidak hanya itu, ada kisah mistis lain yang juga sangat terkenal. Yaitu tentang suara-suara gamelan yang seakan-akan sedang ditabuh di waktu tertentu berasal dari curug tersebut.

Baca juga: Destinasi Wisata Multifungsi yang Sedang Hits di Semarang, Eling Bening

Cerita tersebut menjadi kisah turun temurun. Sampai masyarakat setempat pun meyakini kisah yang beredar.

Pesona Curug Gending Asmoro

Mengalir Indah Curug Gending Asmoro

Daya tarik curug ini adalah sebuah air terjun dan masih asri. Selain itu, pesona alamnya pun sungguh eksotis karena dikelilingi oleh hutan bambu.

Jalan menuju lokasi curug ini bisa silalui dengan melewati anak tangga terbuat dari beton. Di sepanjang perjalanan, akan anda dapati hijaunya pemandangan alam sekitar. Sungguh menyejukkan mata.

Sesampainya di lokasi curug, akan jelas terdengar derasnya gemercik air terjun dengan ketinggian sekitar 16 meter ini. Di sana pun ada jembatan bambu terletak di sepanjang sungai. Jembatan ini difungsikan sebagai jalan untuk memudahkan pengunjung menjelajah di sekitar Curug.

Di samping sebagai penghubung, jembatan ini pun menjadi salah satu spot menarik bagi para pengunjung. Banyak pengunjung memanfaatkan tempat ini sebagai spot berfoto. Memang sunguh cantik berfoto di atas jembatan berlatar belakang air terjun cantik.

Di sepanjang jalan, anda akan melihat pesona Sungai Kresek. Sungai inilah yang mengalir di sepanjang jalan ke curug ini. Selain itu, sebetulnya terdapat dua aliran curug di lokasi wisata ini. Kedua curug tersebut memiliki ketinggian air yang berbeda.

Baca juga: Menikmati Indahnya Arsitektur Klasik Bergaya Eropa – Kota Lama Semarang

Salah satunya adalah setinggi 16 meter dan kedua meiliki ketinggian 12 meter. Dua aliran curug terpisah satu dengan lainnya. Nah, jembatan penghubung bambu tadi itu juga digunakan untuk menghubungkan dua curug tersebut.

Warna Hijau Curug Gending Asmoro

Tidak hanya menikmati indahnya curug dan hutan bambu. Masih ada beberapa destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya adalah Hutan Karet Dusun Mendiro,  Curug Tedja Asmara, dan masih banyak lagi.

Namun harus diingat, perlu stamina cukup untuk mengeksplor wisata di Semarang ini. Karena anda harus berjalan kaki menyusuri anak tangga. Hal ini cukup menantang dan menguras energi.

Harga Tiket Masuk Curug Gending Asmoro

Karena masih sangat baru, harga tiket masuk Curug Gending Asmoro dibandrol lumayan terjangkau. Wisatawan cukup membayar Rp5.000 saja per orang untuk dapat masuk ke lokasi wisata. Murah bukan?

Lokasi Curug Gending Asmoro

Lokasi Curug Gending Asmoro berada di Dusun Tompo Gunung, Kalongan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah, kodepos 50519.

Lokasinya cukup sulit memang karena tersembunyi dan berada di tengah hutan bambu. Jika kebingungan silahkan klik link Maps kami agar membantu anda menemukan lokasi wisatanya.

Rute Curug Gending Asmoro

Nyeret Kain Curug Gending Asmoro

Adapaun rute Curug Gending Asmoro, bisa dimulai dari arah Ngobo-Waringin Putih. Jalan ini letaknya sekitar barat laut Pasar Karangjati. Jika sudah berada di kawasan ini, pastikan anda melewati PT. Arashose dan melewati jalan tol.

Baca juga: Berburu Foto Kece di Antara Hamparan Bunga Warna Warni di Legok Madu

Setelah itu jalan terus hingga menemui PT. Samkyung. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan kawasan PTPN IX Ngobo. Lalu terus ke area perkebunan hingga sampai di Desa Kalongan.

Memang curug satu ini karena berada di kawasan industri di Ungaran Timur. Karena kebanyakan wisata alam seperti curug berada lebih banyak di kawasan Ungaran Barat.

So, percaya kan kalau ke Semarang bisa juga menikmati keindahan curug dengan dibalut kisah mistis. Berani mencoba? Atau ingin membuktikan kebenaran kisah yang beredar di warga setempat? Yuk agendakan liburanmu ke Curug Gending Asmoro.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.