Curug Jenggala Baturaden

Diposting pada
Curug Jenggala

Lokasi wisata Baturaden memang menjadi surga wisata alam di Kota Banyumas, salah satunya adalah Curug Jenggala. Kawasan Baturaden dari dulu sangat terkenal di kalangan wisatawan. Curug Jenggala sendiri mulai viral di media sosial belakangan ini.

Sekilas Curug Jenggala

Curug dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun. Jadi, Curug Jenggala merupakan wiisata air terjun yang berada di daerah baturaden. Sebelumnya, curug ini lebih terkenal dengan nama curug Tempuan.

Curug Jenggala Gelap

Nama Tempuan sendiri menggambarkan karakteristik air terjun yang merupakan hasil pertemuan sejumlah sungai.  Setelah masyarakat sadar akan potensi wisata curug ini. Seluruh warga desa akhirnya sepakat menamai air terjun tersebut dengan nama Curug Jenggala.

Kisaran Harga TiketRp 5.000
Kontak0888-6665-130
Jam Buka07:00 – 17:00 WIB
WilayahKota Banyumas

Dengan adanya swadaya masyarakat serta berkolaborasi dengan pemerintah setempat, curug baru ini pun mulai dibenahi. Mulai dari akses dan penambahan fasilitas umum untuk menunjang para wisatawan.

Akhirnya, air terjun ini ditetapkan menjadi salah satu objek wisata di Banyumas.

Aktivitas di Curug Jenggala

Daya tarik utama wisata ini tentu air terjun dengan suasana yang masih sangat asri. Namun tidak hanya itu, terdapat sebuah Selfie Deck terbuat dari papan kayu berbentuk hati.

Curug Jenggala Payung

Selfie Deck tersebut semakin cantik dengan background air terjun di sekelilingnya. Spot foto inilah yang sedang trend dan viral di kalangan traveller.

Bagi yang ingin bermain air, bisa memanfaatkan kolam yang berada di bawah Selfi Deck. Aksesnya menuju ke kolam terbilang cukup mudah dan tidak terlalu terjal.

Terdapat sebuah jembatan kayu untuk akses penyeberangan dengan sebuah pegangan. Jembatan tersebut bisa digunakan untuk berkeliling lokasi tanpa turun ke sungai.

Namun sebetulnya sungai di area air terjun ini tidaklah dalam, hanya sekitar 1 meter. Jadi masih tergolong aman untuk disebrangi.

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun sendiri, anda perlu melakukan tracking melewati jalur menuju ke lokasi curug. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki.

Baca juga: Wisata Curug Gomblang Banyumas

Jalur tracking ini sendiri masih tanah liat. Sehingga disarankan untuk selalu hati-hati karena jalannya sangat licin terlebih ketika habis hujan.

Meskipun hanya membutuhkan perjalanan sekitar 30 menit dan 400-500 meter tracking sedang, ada baiknya anda membawa bekal untuk perjalanan. Karena sampai saat ini, belum ada banyak pedagang baik makanan atau minuman di sekitar lokasi.

Seperti yang sudah dijelaskan, yang sedang hits di curug ini yaitu sebuah deck kayu berbentuk heart/hati. Deck kayu tersebut tepat berada yang di depan air terjun. Lokasi tersebut cocok untuk berfoto ataupun untuk selfie. Tak heran tempat ini sangat viral di media sosial.

Selain itu, Curug ini juga masih memiliki pemandangan dan nuansa yang asri dan alami. Di sekelilingnya masih banyak pohon-pohon rindang. Hal ini menambah suasana romantis.

Curug ini sendiri memiliki 3 air terjun berjejer melebar. Sehingga jika diperhatikan panoramanya sangat cantik. Dengan datang kemari, anda bisa mengeksplor keindahan alam yang tersembunyi. Terutama di kawasan Baturaden yang akan membuat anda semakin mencintai alam.

Fasilitas Di Curug Jenggala

Mengenai fasilitas di Curug Jenggala ini, karena masih terbilang baru sehingga fasilitasnya masih terbilang sangat minimalis.

Meski untuk fasilitas utama sudah tersedia. Misalnya toilet dan kamar mandi atau tempat ganti baju. Kesemua fasilitas masih perlu pengembangan untuk ke depannya.

Lokasi Curug Jenggala Baturaden

Jika anda penasaran dengan kecantikan air terjun ini, silahkan datang ke kawasan Baturaden. Lokasi Curug Jenggala Baturaden ada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Banyumas. Lokasinya ada di Provinsi Jawa Tengah, kodepos 53152.

Curug Jenggala Selamat Datang

Lokasi tersebut sebetulnya masih berada di lahan milik Perhutani KPH khusus Banyumas Timur. Mengenai aksesnya tidak sulit. Karena tidak jauh dan amsih dalam satu kawasan dari wisata Baturaden.

Sementara rute menuju ke air terjun juga cukup mudaht. Jika anda berangkat dari arah kota Purwokerto, silakan menuju ke daerah Kalipagu.

Baca Juga: Taman Rekreasi The Village Purwokerto

Rutenya bisa melewati kompleks kawasan wisata Baturaden. Setelah sampai di kawasan Baturaden, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Curug Bayan atau Curug Gede.

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala Baturaden

Meskipun masih baru, anda perlu membayar biaya semacam retribusi jika ingin memasuki kawasan air terjun ini. Harga tiket masuk Curug Jenggala Baturaden sendiri dibandrol Rp 5.000 per orang.

Curug Jenggala Jembatan

Untuk jam operasionalnya, Curug Jenggala ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat. Bagi anda yang ingin menginap di kawasann ini, tidak jauh dari lokasi Curug Bayan ada sebuah homestay.

Anda bisa memanfaatkan homestay tersebut untuk berelaksasi di kawasan yang masih asri dan sejuk ini. Tak hanya itu, anda juga bisa mengeksplor kekayaan alam daerah baturaden.

Karena masih ada banyak lokasi wisata menarik lainnya. Seperti air Terjun Curug Bayan, Curug Pinang, Telaga Sunyi, dan Telaga Kumpe.

Tertarik bukan? Berwisata alam sangat baik untuk kesehatan dan kebahagian anda sekalian. Jadi, manfaatkan waktu anda sebaik mungkin untuk bereksplorasi di alam. Salah satunya di tempat baru ini yaitu Curug Jenggala.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.