Curug Nangka Surga Tersembunyi Di Bawah Kaki Gunung Salak

Diposting pada
Curug Nangka

Bogor adalah salah satu kota yang terkenal dengan hawa sejuk dan bentang alam yang indah.Jika kamu ke Bogor kamu bisa menemukan banyak objek wisat alam yang memukau. Salah satu objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Nangka.

NamaCurug Nangka
Harga Tiket MasukRp 7.500 – Rp 10.000
Tipe WisataAlam
Fasilitas UmumMCK, Mushola, Warung makanan
Kontak0858-8820-8799
AlamatSukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat

Bagaimanakah keindahan Curug Nangka? Simak terus artikel di bawah ini untuk menemukan keseruan, alamat, harga tiket serta wahana yang ditawarkan.

Pesona Curug Nangka Bogor

Bogor dikenal mempunyai objek wisata curug yang indah. Wisata Curug Bogor tergolong indah dan mempesona. Curug-curug tersebut adalah Curug Luhur, Curug Bidadari, Curug Leuwi Hejo dan masih banyak lagi.

Curug Nangka

Namun kali ini kita kan membahas Curug Nangka Bogor. Wisata Curug Nangka adalah curug yang terletak di kawasan wisata yang berada dalam naungan RPH Gunung Bunder, KPH Kabupaten Bogor. Tentu saja pengelola dari curug ini adalah BPKH Bogor.

Keunikan Curug Nangka

Curug atau Air Terjun Nangka Bogor memiliki keunikan yang jarang sekai kamu temukan pada curug-curug lainnya. Keunikan tersebut dapat kamu temukan pada tingkatan air terjun yang berjumlah 3 tingkatan.

Curug Nangka

Ketiga tingkatan tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda yang berkisar antara 10m – 20 m. Ketiga tingkatan tersebut diberi nama yang berbeda. Penamaan tersebut berdasarkan pada vegetasi yang dulu sempat tumbuh di sekitar curug.

Ketiga curug tersebut adalah Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung. Ketiga curug tersebut pun terletak sejauh 1 km secara berturut-turut. Sehingga kamu bisa mampir kesemua curug sekaligus.

Mitos Di Curug Nangka

Apakah Curug Nangka Angker? Percaya atau tidak percaya ternyata ada cerita mistis di balik keindahannya. Misteri Curug Nangka tersebut adalah dahulu ada banyak pohon nangka yang tumbuh di kawasan curug.

Curug Nangka

Namun tanpa diketahui oleh siapapun, pohon-pohon nangka tersebut secara perlahan-lahan menghilang. Masyarakat pun tidak ada yang tahu sipa yang menebang pohon-pohon nangka tersebut.

Apalagi tidak aja jejak yang ditinggalkan selayaknya bekas tebangan pohon. Misteri Curug Nangka tidak hanya sampai di situ saja. Kesan mistis juga sangat nampak di kawasan Curug Nangk. Kuncen dari curug tersebut meyakini bahwa dahulunya banyak pemuka agama yang melakukan meditasi di tengah-tengah curug.

Lokasi Curug Nangka

Curug Nangka daerah mana? Curug Nangka terletak di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Curug yang juga disebut Curug Cinangka ini terletak di kawasan kaki Gunung Salak.

Curug Nangka

Ketinggian curug ini adalah 750 mdpl dan curah hujan 4000mm/ tahun. Maka dari itu kawasan wisata ini memilik hawa yang dingin dengan suhu rata-rata 20-22 derajat celcius. Namun jangan samakan Curug Nangka dengan Curug Nangka Bongkok yang terletak di Kabupaten Subang.

Rute dan akses menuju curug ini tergolong mudah karena kamu bisa menemukan banyak papan petunjuk jalan yang akan memandu kamu. Jika kamu berasal dari arah Jakarta, Depok, Bekasi atau Tangerang sebaiknya gunakanlah kereta api.

Kamu bisa turun di Stasiun Bogor. Sesampainya di Stasiun Bogor kamu bisa menggunakan angkot 02 jurusan Bogor Trade Mall lalu kamu bisa pindah ke angkot 03 jurusan BTM-Ciapus.

Lalu kamu bisa turun di pertigaan Ciapus. Nah dari pertigaan Ciapus kamu bisa melanjutkan perjalanan selama 45 menit atau menempuh jarak sekitar 25 km. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menggunakan aplikasi google Maps untuk memandu kamu.

Total biaya akomodasi yang kamu butuhkan adalah sebagai berikut:

  • Tiket kereta api Jakarta –Bogor Rp 5000,00
  • Angkot dari Stasiun Bogor Trade Mall Rp 3.000,00
  • Angkot BTM – Ciapus Rp 10.000,00

Fasulitas Curug Nangka

Fasilitas Curug Nangka yang bisa kamu gunakan adalah:

  • MCK
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Toko Souvenir
  • Toko Baju

Harga Tiket Masuk Curug Nangka

Ketika memasuki kawasan Curug Nangka kamu akan melalui tiga gerbang dan akan dipungut biaya. Harga tiket masuk Curug Nangka adalah sebagai berikut:

  • Gerbang pertama membayar Rp 7.500,00
  • Gerbang kedua Rp 10.000,00
  • Parkir motor Rp 5.000,00 dan parkir mobil Rp 10.000,00

Baca Juga : Curug Ngumpet Curug Cantik Dan Tersembunyi Di Bogor

Nah itulah sekedar informasi mengenai Curug Nangka, Jika kamu datang ke Curug Nangka maka jangan lupa untuk mampir ke Curug Daun dan Curug Kawung.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.