11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif

Diposting pada
Desa Wisata Bandung

Kota Bandung, tak hanya memiliki ribuan pesona wisata alam dan kuliner serta fashion. Desa wisata di Bandung juga menjadi daya tarik tersendir yang wajib diketahui. Sama seperti Yogyakarta dan Bali, potensi sumber daya yang ada di Bandung dinilai sangat layak dikembangkan untuk menjadi desa wisata.

Tak hanya kaya dengan pesona wisata alam, desa wisata di kab bandung juga sangat kaya akan pertanian, perkebunan, kerajinan tangan, seni lukis, dll. Bandung juga memiliki sejumlah kampung seni serta makanan olahan stoberi, kebun teh yang terhampar luas dan potensi desa yang lain.

Desa Wisata di Bandung Terfavorit

Di tahun 2019 ini, ada sekitar sepuluh desa wisata yang mulai dikembangkan oleh pemerintah.

Kesepuluh desa maju di bandung tersebut adalah sebagai berikut:

  • Desa Alamendah di Kec. Rancabali dengan produk unggulan berupa aneka makanan olahan stroberi, pertanian, kerajinan tangan, dan perkebunan.
  • Desa Gambung di Kec. Pasirjambu, memiliki keunggulan berupa aneka makanan olahan stroberi, peternakan, kerajinan tangan, seni budaya, perikanan, dan pertanian.
  • Desa lain Panundaan dan Desa Rawabogo di Kec. Ciwidey, memiliki yang produk unggulan berupa peternakan kelinci, perikanan, pertanian, dan kerajinan tangan.
  • Desa Lebakmuncang di Ciwidey yang keunggulan kerajinan tangan.
  • Desa Lamajang di Kec. Pangalengan yang memiliki keunggulan berupa pertanian dan peternakan, homestay, upacara wuku taun, arung jeram, dan kuliner.
  • Kelurahan Jelekong yang ada di Kec. Baleendah yang populer dengan seni lukis, wayang golek, serta kuliner tradisional.
  • Desa Ciburial di Kec. Cimenyan yang mempunyai kekhasan seni budaya dan peternakan.
  • Desa Cinunuk di Kec. Cileunyi yang menjadi kampung seni dan kuliner.
  • Desa Laksana di Kec. Ibun yang memiliki potensi alam berupa Kawah Kamojang dan hasil pertanian serta perkebunan.

Tak hanya itu saja, di Kabupaten Bandung juga terdapat beberapa desa wisata unik yang menawarkan hal menarik untuk dieksplorasi. Di bawah ini akan kita sajikan deskripsi lengkap sejumlah desa wisata di atas dan beberapa desa lain yang menunjukkan kearifan lokal Bandung.

Desa Wisata Ciburial (Desa Sukalaksana) Cimenyan

Desa yang berada di Samarang, Garut ini lebih terkenal dengan nama Desa Ciburial karena keberadaan sebuah mata air jernih. Ciburial ini merupakan nama yang berasal dari Bahasa Sunda yaitu “ci” yang berarti air dan “burial” yang artinya mengeluarkan atau memancarkan.

Desa Wisata Bandung

Daya tarik Desa Ciburial ini sangat banyak, mulai dari wisata budaya, wisata lebah madu Bandung. Ada juga wisata kuliner Bandung, explore wisata Bandung dan juga outbond di Bandung.

Budaya yang bisa kamu nikmati di sini adalah adat istiadat orang garut, misalnya adu ketangkasan domba garut, pencak silat yaitu merupakan seni bela diri khas dari desa wisata ciburial.

Baca juga: One Stop Travelling nya Bandung, Kawasan Eco Friendly Dusun Bambu

Ada juga Budaya Ramah Tamah yakni parawisatawan nantinya akan disambut dengan anak-anak dengan membawa kohkol. Kohkol ini merupakan sejenis alat musik yang terbuat dari bambu yang akan mengiringi serta mengantarkan tamu ke saung utama hingga menemui ketua dusun ataupun tokoh desa.

Di Desa Ciburial kamu juga akan diajak eksplor sajian kuliner berupa cemilan khas tanah Sunda yaitu awug, getuk lindri, dan masih banyak lagi. Ada juga Kaulinan Barudak Lembur atau permainan tradisional Sunda yang dilakukan anak-anak pada sore hari.

Tak hanya menonton, para pengunjung juga akan diajak ikut berbaur memainkan permainan tersebut. Selain wisata budaya, pengunjung akan dibawa mengeksplorasi desa dan melihat kekayaan alam berupa pertanian, peternakan, dan gosali atau pandai besi.

Pengunjung akan diajak bercocok tanam, mencoba merawat domba, melihat cara pembuatan kuliner khas dan pembuatan souvenir. Kamu juga bisa menikmati liburan di desa ini dengan berkativitas outbond dan menikmati kopi khas Ciburial Garut.

Untuk harga tiket masuk Desa Ciburial ini gratis, namun kamu perlu membayar biaya fasilitas sebagai berikut:

  • Villa sekitar  Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000
  • Homestay Rp 35.000 – Rp 100.000
  • Penampilan Adu Ketangkasan Domba Rp 150.000
  • Pencak Silat Rp 150.000

Alamat: Alamat: Jl. Ciburial No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Ohya, sekedar info saja, lokasi Desa Sukalaksana ini berada dekat dengan objek wisata alam Bandung seperti Kawah Kamojang, Penangkaran Elang, Eco Park, Kampung Sampireun dan Hotel Green Kamojang.

Kalau sebelumnya kamu bisa melihat adu tangkas domba Garut, di desa berikut kamu akan diajak ke desa yang menjadi gudang kesedian Jawa Barat.

Desa Jelekong Baleendah

Desa Jelekong sangat terkenal karena menjadi pusat kesenian di Bandung. Bagaimana tidak, desa ini adalah gudang dalang wayang golek, tukang lukis, serta makanan tradisional Sunda.

Desa wisata Bandung

Kesenian dan budaya di desa ini menjadi satu-satunya sumber kehidupan bagi orang-orang desa. Setiap warganya bermatapencaharian sebagai pelaku seni karena memiliki keahlian dalam banyak hal.

Masyarakat di sini banyak yang ahli membuat lukisan panorama, kereta kencana, pacuan kuda, dan masih banyak lagi. Tak hanya dapat melihat beragam aktivitas pembuatan lukisan dan barang seni lainnya, kamu juga bisa mengunjungi situs alam yang menarik.

Baca juga: Curug Maribaya, Eksotisme Wisata Alam Lembang

Situs alam yang bisa kamu kunjungi seperti di Goa Landak, Curug Batukurat, dan Curug Cangkring. Untuk dapat berkunjung ke desa ini kamu bisa melewati Jl. Raya Bandung—Majalaya.

Alamat: Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Masih seputar kampung seni yang ada di Bandung, kamu bisa lebih mengenal kesenian Sunda Jawa Barat dengan mengeksplorasi Desa Cinunuk. Berikut ini reviewnya.

Desa Cinunuk Cibolerang

Salah satu wisata tersembunyi di Bandung ini menyuguhkan hal yang tak biasa ditawarkan wisata lainnya di Bandung, yakni berupa kesenian khas Jawa Barat. Sebagai kampung seni, Desa Cinunuk menyuguhkan seni dan budaya asli Sunda yang dibalut dengan nuansa alam dan tradisi yang bersahaja.

Desa Wisata Bandung

Tak hanya itu, kamu juga bisa berkuliner ala tradisional lho. Kamu memiliki kesempatan untuk mencicipi sajian dan menu khas tradisional Sunda, diantaranya adalah bengkerok, peyeum, keripik singkong, dan ranginang.

Di Desa Cinunuk, kamu juga bisa puas eksplor Bandung dari sisi berbeda, yakni segi bduayanya. Di sini kamu disuguhkan beragam hasil budaya berupa rumah adat panggung berdinding bambu dan beratap rumbia.

Hal tersebut ditambah suasana alam yang asri dan ditanami beragam pohon yaitu tangkil, bambu tali, lengkeng, asam, serta peutey. Untuk menuju Desa Cinunuk ini kamu bisa mulai dari Jl. Tol Purbaleunyi dengan jalur Purwarkarta—Bandung—Cileunyi. Kemudian dari Jl. Raya Cileunyi langsung menuju Desa Cinunuk yang hanya berjarak sejauh 500 meter.

Alamat: Desa Cinunuk, Jl. Cijambe—Cibolerang, Cibolerang, Bandung.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan penat, bisa nih dengan berkunjung ke desa wisata di Bandung Utara yang satu ini.

Kampung Naga Tasikmalaya

Yups, Kampung Naga bisa kamu jadikan lokasi terbaik untuk mengatasi kebosanan dengan penatnya kehidupan di kota. Bagaimana tidak? Di desa wisata ini kamu disuguhi betapa harmoninya kehidupan masyarakat yang masih kental dan menyatu dengan alam.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 1

Suasana tradisional yang kkhas sangat terasa di sini terlebih masyarakatnya juga masih memegang tradisi lama. Hal tersebut bisa dilihat dari bangunan rumah-rumah penduduk yang seluruhnya menghadap utara dan selatan saja.

Sementara bangunan masjid, lumbung dan balai pertemuan menghadap timur atau ke arah barat. Selain itu, masyarakat di desa ini juga tidak diizinkan menggunakan peralatan elektronik di seluruh segi kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Berada di sini tentu akan membawa kamu ke dunia yang masih sangat tradisional dan tentunya menenangkan.

Alamat : Desa Neglasari, Kec. Salawu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Apakah kamu tertarik berkunjung ke Kampung Naga ini? Kamu bisa menjangkau lokasinya dengan berkendara dari arah Jl. Garut menuju Tasikmalaya, Raya Pusahiang.

Dan juga bisa melewati  Jl. Sukawelas menuju ke Deudeul. Nah, berikutnya akan kami rekomendasikan sejumlah desa wisata Ciwidey, ada apa saja ya?Pertama, ada salah satu rekomendasi Desa Ciwidey yang terletak di Desa Wisata Lebakmuncang.

Desa Wisata Lebakmuncang Ciwidey

Lebakmuncang adalah Wisata Agroedukasi sekaligus Orientasi Budaya yang dikembangkan sendiri oleh masyarakat melalui pembinaan pemerintah. Desa ini menawarkan wistaa yang akan mengajak wisatawan lebih sadar untuk menjaga kelestarian dan kecintaan pada lingkungan alam, adat serta budaya.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 2

Tidak hanya menawarkan paket edukasi yang baik, desa Lebakmuncang juga berada di kawasan strategis karena berada di jalur alternatif. Jalur alternatif di desa ini bisa membawa anda menuju kawasan wisata Kawah Putih, Walini, Ranca Upas Cimanggu,serta Danau Situ Patenggang.

Karena lengkap dan dekat dengan wisata alam, Desa Lebakmuncang sangat untuk kegiatan anak sekolah, universitas hingga wisatawan umum. Bagi kamu yang berminat berwisata di Desa Lebakmuncang, silakan hubungi nomor kontak di 081 321 498 015 dan 081321498015.

Alamat: Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, 40973, Jawa Barat, Indonesia.

Berikutnya ada tempat rekomended untuk wisata edukasi Ciwidey yang berlokasi di Desa Patengan Rancabali.

Desa Patengan Rancabali

Desa Patengan atau yang lebih dikenal Rancabali ini adalah salah satu wisata alam sekaligus edukasi sekaligus wisata bandung murah 2018. Daya tarik desa wisata ini terletak pada pemandangan hijau yang terhampar di kebun teh yang sangat luas.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 3

Kebun Teh Rancabali ini menjadi salah satu pesona alam di Ciwidey yang wajib dikunjungi. Di ketinggian 1.628 mdpl, kamu akan dimanjakan dengan suasana sejuk dan pemandangna khas Bandung yang sangat indah. Yaitu berupa hamparan kebun teh yang segar dan hijau.

Tak hanya dapat menikmati pemandangannya, kamu juga bisa belajara banyak hal dengan mengunjungi desa wisata ini. Kamu bisa menambah pengetahuan mengenai proses penanaman, pemeliharaan serta pemetikkan daun teh sampai menjadi produk teh yang siap digunakan.

Ada juga paket wisata menjelajahi kebun teh dengan jarak yang sudah ditentukan, yaitu 2, 3, dan juga 4 kilometer. Selain kebun teh, Desa Patengan juga memiliki area  kebun stroberi yang bisa dikunjungi di Rancabali.

Tak hanya berkunjung, kamu juga bisa mencicipi segarnya buah stroberi yang dipetik langsung dari pohonnya. Tersedia juga objek wisata baru yaitu Glamping Lakeside Rancabali yang sudah ada sejak tahun 2016.

Tempat ini adalah resor luas yang dikelilingi oleh kebun teh di sekitarnya. Untuk dapat menikmati resort ini, kamu tak perlu menginap kok. Kamu bisa saja hanya datang dengan membayar tiket masuk dan biaya parkir dan mengekplorasi tempat ini sehari penuh.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Kalau sebelumnya Desa Patengan memiliki kebun teh dan strawberry, beda lagi dengan Desa Rawabogo ini. Ada keunikan apa ya di desa ini?

Desa Rawabogo Ciwidey

Desa Rawabogo menjadi kawasan yang terkenal dengan terong beland, di wilayah ini sangat kaya akan tanaman buah tersebut. Tak hanya buah segarnya, desa ini juga memiliki banyak produk olahan etring belanda seperti dodol dan puding.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 4

Hal unik lainnya adalah keberadaan situs Gunung Padang yang sering dikaitkan dengan Kerajaan Galuh. Di gunung ini kamu bisa menyaksikan batu-batu sisa peninggalan zaman Megalitikum yang membentuk komposisi bertingkat.

Masyarakat setempat banyak yang menghubungkan bentuk batu tersebut dengan fungsinya sebagai situs spiritual. Sehingga batu tersebut dinagi menjadi 17 tingkat yang dianggap menggambarkan siklus hidup manusia.

Alamat: kecamatan Ciwidey, kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat.

Masih seputar desa Ciwidey, ada Desa Alam Endah yang sangat cocok dijadikan  tempat wisata anak di bandung.

Desa Alam Endah

Apa sih menariknya Desa Alam Endah ini? Di desa ini seluas 555 Ha ini ada banyak destinasi wisata Ciwidey yang sangat terkenal berada. Beberapa destinasi tersebut adalah Mulai dari wisata Kawah Putih, Rancaupas, dan Konservasi Rusa dan Oa Jawa. Kawah putih Ciwidey telah resmi dijadikan salah satu objek wisata bandung sejak 1987.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 5

Yang menarik dari tempat ini adalah karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Tanah bercampur belerang yang berada di sekitar kawah dan memiliki warna putih bersih, sementara airnya terlihat agak kehijauan.

Tak jauh dari lokasi Kawah Putih, ada Bumi Perkemahan Rancaupas dimana kamu bisa camping dan outbond di sini. Di sekitar areanya juga dikelilingi oleh hutan lindung yang memiliki beragam tumbuhan yang sangat menyejukkan.

Selain camping ground, di wisata Rancaupas ini juga terdapat penangkaran rusa. Di penangkaran tersebut kamu bisa melihat sekaligus berinteraksi langsung dengan para rusa.

Di Desa Alam Endah ini juga terdapat perkebunan stroberi yang luas lho sama seperti di Desa Patengan. Sehingga kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati liburan sambil tur ke kebun stroberi dan mencicipi buah strawberi segar yang dipetik langsung. Dari Ciwidey kita akan melanjutkan eksplorasi desa wisata Bandung Barat sambil menyaksikan contoh kearifan lokal di Bandung.

Alamat: Rancabali, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Desa Wisata Pasir Angling Cibodas

Tepatnya di Desa Suntenjaya, Cibodas, Bandung Barat, desa yang tepat berada di kaki Gunung Bukit Tunggul ini menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Selain kawasan desa yang asri dan indah, desa ini juga dekat dengan sejumlah objek wisata lainnya di Bandung Barat yaitu  D’CAMP Cibodas Alam Madani Park.

11+ Desa Wisata di Bandung untuk Alternatif Liburan Edukatif 6

Kampung Pasir Angling Sunten Jaya juga berada tak jauh dari wisata Lembang terfavorit seperti Dusun Bambu Lembang, Farm House Susu Lembang, Kampung Gajah, D’ Ranch, Floating Market, dan Taman Begonia.

Bagi kamu yang tertarik untuk memasuki kawasan ini tak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk objek wisata yang ada di dalamnya yaitu Curug Bellarosa dengan harga Rp.5.000 per orang.

Alamat: Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Berikutnya ada Desa Suntenjaya yang sangat terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi selain di Cibodas, Cikole, dan Kahuripan.

Desa Suntenjaya Lembang

Menjadi salah satu wisata Lembang 2018, Desa Suntenjaya menawarkan suasana khas desa dengan udara yang segar dan pemandangan perbukitan dan juga gunung. Di sini kamu juga akan disuguhi pemukiman warga yang berada di tiap bukit-bukit.

Desa Wisata Bandug

Desa Suntenjaya merupakan desa wista yang sebagian besar masyarakatnya berporfesi sebagai petani dan peternak. Beberapa dari mereka berprofesi sebagai peternak (susu) sapi, petani sayuran dan juga peternak cacing.

Menariknya lagi, di sisi kiri dan kanan desa terdapat pemandangan perbukitan dan gunung. Kamu bisa melihat gagahnya deretan Gunung Palasari, Bukit Tunggul dan Gunung Manglayang dari sini.

Alamat: Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Selain kedua desa wisata tersebut, Bandung Barat juga masih memiliki beberapa desa wisata yang menjadi rintisan untuk destinasi wisata. Sejumlah desa wisata di Bandung yang lain adalah Desa Rende yang ada di Kecamatan Cikalongwetan dan Desa Mukapayung yang ada di Cililin.

Selanjutnya ada Desa Sirnajaya di Gununghalu dan Desa Cihanjuangrahayu di kecamatan Parongpong. Dari desa wisata baru tersebut, hanya Desa Rende yang sementara ini sudah mendapatkan Surat Keputusan Bupati berkaitan dengan penetapan desa wisata.

Baca Juga : 45 Teratas Daftar Wisata Bandung Low Budget & Kekinian 2019

Desa Rende di Kecamatan Cikalongwetan sendiri akan diproyeksikan menjadi sebuah Desa Wisata Planet Bumbu Wisata Nusantara. Nah, itu tadi sekilas info mengenai desa wisata di Bandung yang bbisa kami sajikan.

Biar tidak semakin penasaran seperti apa, langsung saja yuk agendakan liburanmu untuk eksplorasi desa wisata di Bandung tahun ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.