Pelestarian Kearifan Lokal Desa Wisata Osing Banyuwangi

Diposting pada
Desa Wisata Osing Kemiren

Apakah anda pernah berlibur dan menginap di Banyuwangi? Apakah anda menginap di home stay, hotel atau penginapan?

NamaDesa Wisata Osing
Harga Tiket MasukRp 5000 – Rp 165000
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataKeluarga, Budaya
Fasilitas UmumPenginapan, Taman, Kolam Renang
Kontak0857-4911-1502
AlamatKecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur

Hal tersebut adalah hal biasa yang anda temukan dan lakukan di daerah-daerah lainya. Namun hal berbeda akan anda temukan jika anda mengunjungi dan menginap di Desa Wisata Osing. Temukan keunikan tersebut pada artikel di bawah ini.

Sejarah Desa Osing

Desa Wisata Osing adalah salah satu tempat di Indonesia dimana masyarakatnya masih mempertahankan kebudayaan dan tradisi. Suku asli Osing adalah masyarakat asli keterunan pemuluk agama Hindu Blambangan yang masih tersisa.

Sejarah Desa Osing

Desa ini pada mulanya adalah sebuah sawah dan hitan yang dimiliki oleh penduduk Desa Cungking. Penduduk desa inilah yang dinamakan Suku Osing.

Wisata dengan spot foto instagenic: Lawang Sewu

Pada tahun 1830 pada masa penjajahan Belamda lahirlah Desa Kemiren yang terus di huni oleh masyarakat Suku Osing. Lalu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menetapkan Desa Kemiren sebagai cagar budaya dan desa wisata.

Tradisi Khas Desa Osing

Penghuni Desa Kemiren atau Desa Osing adalah masyarakat Suku Osing yang berbeda dengan masyarakat suku Jawa pada umumnya. Bahasa yang mereka gunakan pun berbeda dengan masyarakat sekitar.

Tradisi Khas Desa Osing

Hal itu dapat diketahui dari berbagai macam tradisi yang masih mereka lestarikan sampai sekarang. Tradisi tersebut adalah gedhongan, tari gandrung, atraksi barong osing dan tradisi lainya.

Tradisi lain yang masih dipertahankan adalah ketika penduduk desa melakukan panen. Mereka memainkan alat musik angklung, ani-ani dan diiringi oleh gendhang.

Cara suku Osing melestarikan budaya juga dapat anda temukan pada rumah mereka. Ketika anda berkunjung ke Desa Osing anda akan menemukan pintu-pintu rumah yang terbuat dari kayu dan bagian atasnya dihiasi oleh kepala burung buraq.  

Alamat Desa Wisata Osing

Desa Wisata Osing terletak di Kabupaten Banyuwangi. Desa Osing atau Desa Kemiren ini terletak di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Alamat Desa Wisata Osing

Jarak Desa Wisata Osing dengan pusat Kota Banyuwangi adalah sejauh 8-10 km yang dapat anda tempuh dalam waktu 15 menit. Sedangkan jarak tempuh Desa Osing dari Stasiun Karangasem adalah 10 menit.

Wisata hits dan instagramable: Rumah Hobbit Mangunan

Rute yang bisa anda tempuh adalah Simpang Kota Banyuwangi ke Jalan Jaksa Agung Suprapto lalu ke Jalan Hos Cokroaminoto. Setelah itu anda akan menemukan persimpangan rel kereta lalu anda bisa menunju pertigaan yang terdapat patung Barong.

Setelah melewati pertigaan anda akan menemukan Gapura Desa Kemiren. Untuk menuju Taman Desa Wisata Osing anda tinggal mengikuti jalan.

Jika anda bingung dengan rute dari Desa Wisata Osing, anda bisa menemukan peta Desa Wisata Osing dari Google Maps.

Keunikan Kampung Wisata Osing

Desa Kemiren telah ditetapkan menjadi Desa Wisata Osing oleh Pemerintah Banyuwangi. Setelah penetapan pada tahun 1995 menjadi desa wisata, pemerintah setempat membangun area yang dapat digunakan sebagai area wisata dan rekreasi.

Area rekreasi tersebut dapat anda temukan di sebelah utara Desa Kemiren. Pemerintah mebangun anjungan-anjungan yang berbentuk miniatur rumah adat khas Suku Osing.

Anjungan tersebut berisi berbagai macam peralatan aneka tradisi, budaya dan adat Suku Osing. Anda pun bisa menemukan Sanggar Genjah Arum yang merupakan museum untuk melestarikan kebudayaan asli masyarakat Suku Osing.

Anda bisa menikmy tarian khas Suku Osing yaitu Tari Gandung Pesona yang biasanya dimainkan di Sanggar Ganjah Arum. Selain itu anda juga bisa menemukan Angklung Paglak setinggi 10 m yang terbuat dari bambu.

Fasilitas Desa Wisata Osing

Selain memeliki berbagai macam anjungan dan sanggar tari anda bisa menemukan penginapan. Penginapan di Desa Osing berbeda dengan penginapan pada umumnya.

Fasilitas Desa Wisata Osing

Penginapan tersebut dibuat mirip dengan rumah adat Suku Osing. Tidak hanya bisa merasakan sensasi bermalam di rumah adat, anda juha akan menikmati kesejukan udara.

Terdapat banyak pepohonan hijau yang mengelilingi penginapan. Selain penginapan anda bisa menemukan taman rekreasi.

Terdapat kolam renamg dan taman bermain anak. Anda juga bisa menemukan Kebun Duren yang bisa anda panen.

Desa Wisata Osing ini juga mempunyai warung kopi yang bisa digunakan untuk nongkrong. Banyak festival budaya juga yang digelar di Desa Kemiren.

Harga Tiket Masuk Desa Osing

Harga tiket masuk Desa Wisata Osing sebesar Rp 5.000,00/ orang.

Sewa penginapan Rp 165.000,00/ malam ddngan kapasitas dua orang.

Bed tambahan Rp 40.000,00/ bed.

Surga tersembunyi di Nusa Tenggara Barat: Gili Trawangan

Demikianlah informasi yang bisa anda dapatkan mengenai Desa Wisata Osing. Mungkin objek wisata ini bisa jadikan sebagai wisata alternative dan mencari suasana yang berbeda.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.