Goa Gong, Goa Terindah Se Asia Tenggara

Diposting pada
Goa Gong, Goa Terindah Se Asia Tenggara

Goa Gong – Ketika kiya mendengar kata Pacitan hal pertama apakah yang terbersit dalam benak anda? Pasti sebagian besar akan menjawab Kabupaten dengan goa-goa terindah. Iya tebakan anda betul sekali. Pacitan memang mempunyai julukan Kota 1001 Goa. Ada Goa Tabuhan, Goa Kalak, Goa Dawung dan masih banyak lagi.

Harga Tiket MasukRp 5.000
Sewa Senter & PemanduRp 5.000 & Rp 30.000
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataKeluarga, Adrenalin
Kontak
AlamatSalam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

Salah satu goa terindah yang terletak di Pacitan adalah Goa Gong. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini silahkan baca artikel ini sampai habis karena kami memiliki berbagai macam informasi mengenai Goa Gong. Anda akan menemukan alamat, rute, harga tiket masuk, fasilitas bahkan anda bisa menemukan hotel dan penginapan yang terletak di kawasan wisata.

Misteri Dibalik Keindahan Goa Gong

Apakah anda tahu sejarah pengambilan nama Goa Gong? Ternyata ada sedikit kisah misteri dibalik keindahan yang diberikan tuhan untuk tempat ini. Masyarakat yang tinggal di kawasan goa mengatakan bahwa mereka sering mendengar bunyi yang menyerupai gong dari dalam goa tersebut. Gong merupakan salah satu alat musik tradisional dari Jawa.

Misteri Dibalik Keindahan goa gong

Itulah mengapa goa tersebut disebut dengan nama Goa Gong. Namun ada penjelasan ilmiah mengenai suara yang terdengar seperti gong. Suara tersebut berasal dari pantulan suara air yang menetes ke stalagmite dan stalaktit goa.

Keindahan Bawah Tanah Goa Gong

Walaupun Kota Pacitan mempunyai tanah yang tandus namun siapa sangka di bawah Kota Pacitan terdapat potensi yang luar biasa yaitu goa-goa terindah se Indonesia. Bahkan negara-negara di Asia Tenggara tidak ada yang bisa menandingi pesona Goa Gong. Akhirnya tempat ini pun terkenal dengan sebutan goa terindah se Asia Tenggara.

Ketika anda memasuki mulut goa anda akan disambut dengan keindahan stalaktit dan stalagmit. Anda pun dapat menyusuri goa sepanjang 256 m dengan bantuan cahaya lampu. Lalu diujung goa ini anda akan menemukan alasan keindahan goa ini.

Setelah selesai membaca jangan lupa mampir ke Pantai Klayar Pacitan

Anda akan menemukan ruangan yang berbentuk kubah raksasa dengan panjang 100m. Lebar ruangan tersebut antara 15 m sampai 40 m. Walaupun di dalam goa ruangan tersebut memiliki tinggi sekitar 20 m sampai 30 m. Anda pun akan mensyukuri betapa indahnya ciptaan Tuhan melalui Goa Gong.

Keindahan Bawah Tanah Goa Gong

Untuk menyusuri goa ini anda memerlukam waktu yang cukup lama yaitu 2 jam. Namun jangan khawatir goa ini sudah dilengkapi dengan jalan khusus yang dilengkapi dengan pagar pengaman. Bahkan anda bisa menemukan lampu yang berwarna warni untuk membantu penerangan anda.

Lokasi Goa Gong

Goa Gong terletak sejauh 37 km dari pusat kota Pacitan. Alamat lengkapnya adalah Dusun Pule, Desa Bomo, Punung, Pacitan ,Provinsi Jawa Timur. Goa ini terletak di Pacitan sebelah selatan.

Untuk menuju lokasi ini kami menyediakan tiga rute yang dapat ditempuh. Rute pertama bermula dari Yogyakarta. Bagi pengunjung yang berasal dari Yogyakarta anda bisa menuju daerah Gunung Kidul. Dari Gunung Kidul anda bisa berkendara menuju Pracimantoro Wonogiri.

Goa Gong, Goa Terindah Se Asia Tenggara 1

Lalu anda meneruskan perjalanan menuju kota Pacitan. Sesampainya di kota Pacitan anda akan menemukan banyak papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke kawasan wisata Goa Gong.

Rute kedua dapat ditempuh bagi anda yang berasal dari arah Solo. Jika anda berasal dari arah Solo maka anda harus berkendara menuju Baturetno Wonogiri. Setelah itu anda bisa menuju kota Pacitan dan rute yang anda tempuh sama seperti rute yang ditempuh bagi para pengunjung yang berasal dari Yogyakarta.

Rute ketiga bisa anda gunakan jika anda berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya. Dari Surabaya anda bisa berkendara menuju Nganjuk, Madiun lalu ke Ponorogo. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pacitan. Sesampainya di Pacitan rute yang anda tempuh adalah sama. Anda bisa mengikuti papan petunjuk arah yang terpasang.

Fasilitas Yang Tersedia Di Goa Gong

Pengelola Goa Gong telah membangun beberapa failitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah area parkir yang cukup luas, toilet dan mushola. Bahkan anda bisa menemukan warung makanan di sepanjang jalan. Selain itu terdapat banyak penjual yang menjajakan souvenir khas destinasi ini.

Penginapan Sekitar Kawasan Goa Gong

Bagi anda yang berasal dari luar kota dan ingin bermalam di Pacitan anda tidak perlu khawatir. Terdapat banyak hotel dan penginapan yang terletak berdekatan dengan objek wisata Goa Gong. Anda bisa menjadikan hotel dan penginapan di bawah ini sebagai referensi bermalam di Kota Pacitan.

Hotel Srikandi yang terletak di Jalan A Yani nomer 67 A, Pacitan, Jawa Timur.

Alloro Guest House yang terletak di jalan Kumar Umar nomer 12, Baleharjo, Pacitan, Jawa Timur.

Rifqi Guest House yang terletak di Jalan Raya Solo Pacitan. Guest house ini terletak di Dusun Krajan Tengah, Punung, Pacitan, Jawa Timur.

Fasilitas Yang Tersedia Di Goa Gong

Harga Tiket Masuk Goa Gong

Harga tiket yang harus anda bayar untuk memasuki Goa Goa terbilang murah. Anda bisa membayar tiket masuk Goa Gong sebesar Rp 5.000,00. Dengan tiket masuk tersebut anda dibebaskan untuk menelusuri goa sepuas hati anda.

Namun anda mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan. Biaya tambahan tersebut digunakan untuk menyewa senter dengan harga Rp 5.000,00. Selain itu anda bisa menyewa pemandu dengan biaya sewa Rp 30.000,00.

Rekomendasi untuk anda baca: Pantai Srau Pacitan

Itulah informasi yang bisa kami rangkum untuk anda mengenai Goa Gong. Hanya dengan membaca artikel ini saja anda pasti sudah berdecak kagum. Bagaimana dengan mengunjungu Goa Gong secara langsung? Pasti liburan anda tidak akan mengecewakan.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *