Goa Unik Goa Vertikal Di Goa Jomblang Gunung Kidul

Diposting pada
Goa Jomblang

 Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menyimpan banyak pesona keindah. Salah satu keindahan yang ditawarkan kabupaten di timur Yogyakarta ini adalah Goa Jomblang.

NamaGoa Jomblang
Harga Tiket MasukRp Rp 500.000/ pax
Jam Buka08:00 – 14:00 Senin – Minggu
Tipe WisataAlam, Ardenalin
Fasilitas UmumTempat ibadah, Area parkir, Kamar mandi
Kontak+62818629901
AlamatSemanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Seperti apakah wisata Goa Jomblang? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan lokasi, harga tiket serta wahana apa saja yang bisa kamu coba.

Sekilas Tentang Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa purba yang bisa kamu temukan di kedalaman Gunung Kidul. Namun goa ini berbeda dengan goa-goa lainnya.

Goa Jomblang

Goa tersebut juga disebut dengan Goa Vertikal Gunung Kidul. Kenapa dinamakan vertikal? Karena mulut goa tersebut terdapat dipermukaan tanah sehingga jalan menuju goa adalah dengan menuruninya.

Kamu harus memiliki keterampilan dalam bermain tali karena satu-satunya cara masuk ke goa adalah dengan bantuan tali. Medan goa tersebut cukup ekstrem jadi kamu harus memiliki keberanian dan keterampilan khusus untuk menyusuri Goa Vertikal Gunung Kidul ini.

Sejarah Goa Jomblang

Tahukah kamu sejarah Goa Jomblang? Goa ini adalah goa purba yang terbentuk karena peruntuhan dan pelarutan batu gamping yang umurnya 15-30 juta tahun yang lalu.

Goa yang memiliki kedalaman 60 meter ini memiliki garis tengah 50 meter ke dasar lubang atau yang lebih dikenal dengan sumuran. Sumuran ini pun terhubung dengan sebuah lorong mendatar yang akan berakhir di Luweng Grubug.

Luweng Grubug adalah sebuah sumuran yang memiliki kedalaman 90 m. Sumuran tersebut adalah sumuran terdalam yang bisa kamu temukan di Pulau Jawa.

Jalur Goa Jomblang

Bagi kamu yang ingin menyusuri goa terdapat beberapa jalur yang bisa kamu coba. Jalur pertama adalah jalur pemula yang memiliki kedalam 15 meter pertama.

Goa Unik Goa Vertikal Di Goa Jomblang Gunung Kidul 1

Jalur pemula ini masih bisa ditapaki dengan kaki walaupun jalurnya cukuo terjal. Jalur kedua adalah Jalur C yang berkedalaman 40 meter. Jalur ketiga adalah Jalur B dengan kedalaman 60 meter. Sedangkan jalur terakhir adalah Jalur A dengan kedalaman 80 meter.

Lokasi Goa Jomblang

Dimanakah lokasi Goa Jomblang? Goa ino terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Goa ini terletak di area pegununga karst Gunung Kidul.

Goa Jomblang

Waktu tempuh yang kamu butuhkan dari pusat Kota Yogyakarta adalah selama 1,5 jam saja. Rute yang bisa kamu gunakan adalah Jalan Wonosari untuk mencapai Piyungan. Setelah samapi di Piyungan kamu bisa menuju Patuk, Wonosari dan Semanu. Sesampainya di Semanu kamu bisa langsung menuju ke Desa Pacarejo.

Untuk mencapai lokasi kamu harus melewati jalan yang terletak di tengah-tengah ladang milik warga. Setelah menemukan sebuah resort artinya kamu sudah sampai di Goa Jomblang Gunung Kidul.

Penyusuran Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa purba yang terletak di kawasan Pegunungan Karst Gunung Kidul Yogyakarta. Namun ada yang unik dari goa ini karena goa ini adalah goa vertikal dimana kamu harus menuruninya untuk masuk ke dalam goa.

Peserta penyusuran goa minimal harus berusia 7 tahun dam maksimal 70 tahun. Terdapat 4 macam jalur penyusuran mulai dari jalur pemula sampai jalur terekstrem.

Para pengunjung pun rata-rata akan menghabiskan waktu selama 4 jam di dalam goa tersebut. Waktu terbaik untuk menysuri goa adalah siang hari karena banyak sinar matahari yang masuk ke dalam goa.

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Berapakah harga tiket masuk Goa Jomblang 2019? Untuk menyusuri goa kamu bisa membayar paket sebesar Rp 500.000,00/ pax.

Goa Unik Goa Vertikal Di Goa Jomblang Gunung Kidul 2

Paket tersebut sudah termasuk peralatan menyusuri goa, pemandu wisata lokal, makanan dan minuman, serta asuransi jiwa. Namun sebelum melakukan kunjungan den penyusuran goa kamu harus memesan tiket minimal satu hari.

Serta untuk menjaga kelestarian goa, peserta penyusuran goa dibatasi untuk 80 orang setiap harinya. Karena penyusuran goa ini adalah kegiatan yang cukup berbahaya maka diberlakukan aturan minimal usia 7 tahun dan maksimal usia 70 tahun.

Baca Juga : Geoforest Watu Payung Turunan, Pesona Alam di Balik Perbukitan Gunung Kidul

Untuk informasi lebih jauh dan reservasi kamu bisa menghubungi Telp / WhatsApp : +62818629901

  BBM                       : D284C414

  Email                      : jomblangbook@gmail.com.

Paket lain yang ditawarkan adalah paket penyusuran goa beserta paket akomodasi. Paket tersebut sebesar Rp 500.000,00/ pax ditambah akomodasi Rp 500.000,00/ mobil.

Nah itulah informasi mengenai Goa Jomblang. Bagi kamu yang memiliki keberanian dan menyukai olah raga yang menantang kamu bisa mencoba menyusuri goa vertikal ini. Namun pastikan kondisimu prima ya karena penyusuran goa ini membutuhkan stamina yang besar.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.