Hunting Foto di Goa Pinus, Bekas Tambang Pasir yang Disulap Jadi Wisata

Goa Pinus Batu

Pernah dengar tentang Goa Pinus di Kota Batu? Mungkin namanya sedikit mirip dengan Goa Pinus Jogja. Tapi kali ini kita membahas destinasi wisata Kota Batu yang sedang populer di media sosial.

Kisaran Harga TiketRp 5.000
Informasi Kontak
Koleksi Foto@ngetripkemanagoapinus
Jam Buka07:00 – 17:30 WIB
WilayahKota Batu

Ya. Terkenal dengan nama Goa Pinus Bumiaji Batu. Tempat wisata ini menawarkan berbagai spot foto menarik. Hal tersebut yang membuat para netizen penasaran dan ingin mengunjungi lokasi wisata ini. Lantas, apa sebetulnya gua ini? Yuk, simak beberapa informasi berikut.

Goa Pinus Batu

Goa Pinus Malang

Dulunya, lokasi ini digunakan sebagai area penambangan pasir. Belakangan, lokasi ini telah disulap menjadi sebuah tempat wisata yang sangat kreatif. Sehingga mampu menarik kedatangan para wisatawan terutama mereka yang hobi hunting foto.

Goa ini sendiri merupakan gabungan antara sebuah goa dan hutan pinus. Berbeda dengan kebanyak goa yang di dalamnya terdapat stalaktit ataupun stalakmit.

Hunting Foto di Goa Pinus, Bekas Tambang Pasir yang Disulap Jadi Wisata 1

Goa ini menawarkan huta pinus yang meneglilingi sebuah lahan bekas galian pasir yang luas. Banyak yang menyebut goa ini sebagai AC raksasa yang berada di lautan berwarna hijau.

Keunikan lain dari goa ini adalah tingginya yang hanya satu meter. Jadi, pengunjung yang penasaran dan ingin masuk ke sini harus menunduk. Bahkan, tak sedikit pula mereka yang harus merangkak.

Goa Pinus eaaa

Aktivitas dan Fasilitas

Goa ini menawarkan berbagai aktivitas dan fasilitas menarik yang bisa dilakukan. Aktivitas pertama dan utama yang rekomended adalah berfoto diantara pepohonan pinus yang rimbun. Dengan banyaknya spot foto yang ditawarkan, tidak heran objek wisata ini menjadi favorit kalangan muda.

Beberapa spot foto yang instagramable yang dapat anda nikmati adalah sebagai berikut. Di area depan, anda akan disambut dengan pintu masuk unik yang terbuat dari ranting pohon kering.

Goa Pinus mubul

Terdapat sejumlah rumah Joglo di sepanjang jalan di area sekitar goa. Di spot ini anda bisa luangkan waktu untuk sekedar beristirahat. Beberapa memanfaatkan rumah Joglo ini sebagai tempat berfoto.

Karena desain dan bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan kayu. Hal tersebut menarik para wisatawan untuk mengabadikan momen di sini.

Tidak jauh dari rumah Joglo, anda akan mendapati sebuah replika perahu. Letaknya agak menjorok keluar area tebing hutan pinus. Tempat ini pun dijadikan spot favorit untuk para wisatawan berfoto.

Sesaat setelah sampai di lokasi goa, anda akan mendapat sebuah lubang menjorok setinggi 1-1,5 meter dan pajangnya hanya sekitar 5 meter. Jadi jangan heran jika anda harus membungkuk jika ingin masuk dan melihat-lihat bagian dalamnya.

Goa Pinus ngopo e

Di bagian depan mulut goa, terdapat ornamen yang memberi kesan cukup menyeramkan. Meskipun tidak begitu menakutkan. Jangan kawatir karena ornamen tersebut hanya digunakan sebagai hiasan. Artinya tidak memiliki maksud atau arti apapun.

Di area depan ini, para anda juga banyak yang memanfaatkan momen untuk berfoto. Selain berfoto, pengunjung juga bisa hanya sekedar duduk memanjakan mata melihat tebing-tebing serta indahnya pemandangan.

Atau, anda pun bisa menikmati udara segar dan sensasi bergelantungan di hammock di antara pohon pinus yang tinggi dan rindang. Tersedia fasilitas hammock yang bisa disewa di sini.  

Goa Pinus apik

Tidak hanya itu, masih ada banyak spot wisata yang juga masih dalam satu kawasan dengan Goa Pinus. Spot-spot wisata tersebut adalah Rumah Papua dan spot memanah.

Mengenai fasilitas Goa Pinus anda tidak perlu kawatir. Meski sempat tutup karena fasilitasnya yang kurang memadai. Namun kini lokasi ini kembali buka dengan berbagai fasilitas yang semakin lengkap dari sebelumnya.

Sementara ini, fasilitas yang tersedia adalah area parkir, spot foto, cafe, toilet dan gardu pandang. Namun, karena masih dalam tahap perkembangan akan ada tambahan fasilitas ke depannya.

Lokasi Wisata Goa Pinus Batu

Goa Pinus hah

Alamat Goa Pinus Malang berada di desa Gunungsari, Kec Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, kode pos 65391. Bagaimana dengan akses lokasinya? Meski sempat sulit dijangkau, kini akses menuju ke lokasi wisata ini sudah semakin membaik.

Jalan ke arah sini pun sudah beraspal. Walaupun di beberapa titik aspalnya ada yang rusak. Jadi, anda perlu hati-hati ketika melewati jalan ke arah lokasi wisata ini. Di samping itu, belum ada transportasi umum yang tersedia. Jadi, gunakan kendaraan pribadi jika ingin ke sini.

Untuk rutenya searah dengan kawasan wisata Paralayang serta wisata Omah Kayu. Sementara untuk menuju ke goa ini, tepat pada pertigaan sebelum wisata Paralayang anda harus ambil arah ke kawasan Goa Pinus. Anda akan melihat petunjuk yang mengarahkan ke lokasi wisata.

Perjalanan yang dibutuhkan memakan waktu kurang lebih 25 menit. Jaraknya sekitar 11,6 km jika dari arah pusat kota Batu. Anda dapat memulai perjalanan dari JL. Brigjend Abdul Manan Wijaya. Selanjutnya teruskan perjalanan menuju ke kawasan Pujon.

Harga Tiket Masuk Lokasi Goa Pinus

Hunting Foto di Goa Pinus, Bekas Tambang Pasir yang Disulap Jadi Wisata 2

Goa Pinus tiket masuknya cukup terbilang murah. Yakni hanya dibutuhkan biaya sebesar Rp 5.000 per orang untuk dapat memasuki kawasan wisata ini.

Namun, jika anda ingin menikmati berbagai spot di dalamnya dibutuhkan biaya tambahan. Misalnya Taman Kelinci serta Rumah Papua harga tiket tambahannya adalah Rp 5.000. Sementara untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 5.000.

Jam Operasional Wisata

Apakah anda pensaran untuk mengunjungi tempat ini? Catat jam buka wisata gua di Malang ini yaitu setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB.

Goa Pinus ayu

Bagaimana sobat Ngetrip semua? Yakin tidak ingin hunting foto di goa unik ini? Kapan lagi bisa melihat dan berpose di gua yang berada di antara rimbunnya hutan pinus. Ayo, luangkan waktumu berlibur ke Goa Pinus.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.