Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Hingga Sensasi Sandboarding

Gumuk Pasir Parangkusumo

Keindahan wisata alam kota Gudeg memang tak ada duanya. Yogyakarta dikenal sebagai gudangnya wisata pantai. Karena itulah deretan pantai selatan Jogja akan jadi primadona pelancong. Salah satu destinasi yakni gumuk pasir Parangkusumo jelas sudah banyak dikenal. Bahkan beberapa kalangan selalu memburu lokasi ini di saat musim liburan.

Gumuk pasir ini memiliki lebar mencapai 2km. Sepanjang sungai Opak kemudian Pantai Parangtritis dan Pantai Deok terdapat hamparan pasir. Tidak hanya itu, gumuk pasir ini juga dikenal sampai mancanegara. Buktinya sudah menjadi salah satu gumuk pasir ketiga terpanjang di dunia. Jadi akan kita ulas seperti apa destinasi wisata gumuk pasir satu ini.

Keunikan Gumuk Pasir Parangkusumo

Bukan sekedar hamparan pasir biasa. Gumuk pasir ini memang memiliki ciri khas berbeda. Anda dapat melihat halusnya pasir. Kemudian terdapat beberapa spot foto dibuat untuk memanjakan wisatawan. Pemandangan saat pagi ataupun sore hari terbilang menakjubkan.

Sehingga gumuk pasir menjadi sebauh spot Instagramable bagi kaum milenial. Bukan hanya itu saja, bagi fotografer juga biasa mengambil momen menarik di tempat ini. Beberapa aktivitas seperti foto prewedding juga sering diadakan di Gumuk Pasir.

Biasanya pengunjung akan melakukan beberapa aktivitas favorit. Salah satunya adalah sandboarding. Hingga sekarang aktivitas berselancar di pasir memakai papan jadi aktivitas favorit. Hingga akhirnya gumuk pasir Parangkusumo bisa dijadikan pilihan tepat untuk menikmati suasana akhir pekan.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas bisa dilakukan seperti melihat sunset ataupun membuat video di sekitar lokasi. Namun perhatikan dari paparan pasirnya. Saat terkena angina biasanya pasir akan terangkat. Sehingga bisa memberi dampak kurang baik bagi mata. Salah satu caranya gunakan kacamata untuk melindungi mata dari pasir.

Tips Liburan di Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika baru pertama kali ke Gumuk Pasir perhatikan dari sisi tips liburannya. Pertama datanglah pada saat cuaca cerah. Hal ini akan menambah keseruan bermain karena tak terganggu cuaca hujan. Bahkan waktu terbaiknya memang bisa dikunjung pada musim kemarau.

Tips berikutnya siapkan budget lebih. Karena nanti pastinya ada beberapa pos pengeluaran harus terpenuhi. Beberapa pos pengeluaran bisa lebih tinggi biasanya dari sisi konsumsi. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa membawa bekal sendiri.

Suhu di Gumuk Pasir Parangkusumo memang cukup ekstrim. Apalagi jika Anda berkunjung di jam 10 sampai 2 siang. Pada saat itu suhu akan terasa panas. Sehingga membutuhkan air minum. Pada tips berikutnya sebisa mungkin gunakan kendaraan prima. Hal ini sebagai antisipasi jika Anda ingin menikmati beberapa spot wisata lain di sekitar lokasi.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo terbilang menarik. Namun perhitungkan dari sisi harga tiket masuk. Untuk setiap kendaraan bermotor dikenakan tarif 3000 Rupiah. Sedangkan pada kendaraan mobil dikenakan biaya parkir 10.000 Rupiah.

Jika ingin mencoba sensasi sandboarding jangan lupa sewa papannya. Untuk satu papan biasanya dibanderol mencapai 150 ribu sampai 200 ribu. Namun, bila Anda belum mengetahui cara memakainya, jangan khawatir. Karena sudah tersedia pemandu yang setia membantu dalam aktivitas sandboarding.

Jam operasional bagi wisatawan dalam berkunjung ke Gumuk Pasir dibuka setiap hari pukul 7 pagi sampai 6 sore. Jadi sangat cocok untuk melihat suasana pagi hari dan sore hari saat sunset.

Lokasi dan Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul Yogyakarta. Rutenya terbilang mudah diakses. Pertama dari pusat kota ambil jalur ke arah Pantai Parangtritis ataupun Pantai Depok.

Ketika menuju ke Pantai Depok, ambil kiri. Dalam jarak kurang lebih 800 meter Anda sudah sampai di Gumuk Pasir. Cari tempat parkir yang sudah tersedia. Kemudian akses transportasi juga lebih mudah. Karena kondisi jalan terbilang sangat baik dan mudah dilalui.

Wisata Dekat Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada beberapa destinasi wisata terbaik di dekat Gumuk Pasir. Nah, Anda juga bisa mendapat sensasi lebih menarik. Kunjungi Pantai Depok, Pantai Parangtritis, kemudian lihat sensasi pemandangan pantai dari atas Bukit Paralayang.

Semua destinasi di dekat Gumuk Pasir bertema alam. Maka dari itu Anda jangan sampai melewatkannya. Karena lokasinya tidak sampai berjarak 2km dari Gumuk Pasir.

Galeri Foto Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Hingga Sensasi Sandboarding 1
Gumuk Pasir Parangkusumo
Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Hingga Sensasi Sandboarding 2
Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Hingga Sensasi Sandboarding 3

Sampai detik ini Gumuk Pasir Parangkusumo jadi pilihan tepat untuk akhir pekan. Abadikan momen liburan di Gumuk Pasir. Karena memang destinasi wisata ini jadi pilihan terbaik saat musim liburan.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.