Sensasi Naik Gunung Bintang Lima di Pulau Jawa: Gunung Andong Magelang

Diposting pada
Gunung Andong Magelang

Mendaki gunung belakangan menjadi trend baru bagi para traveller. Bagi anda yang ingin menjajal trend ini secara lebih simpel, bisa mencoba Gunung Andong Magelang.

Harga Tiket MasukRp 3.000
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataPendakian, Adrenalin
Kontak
AlamatKabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Keunikan yang menjadi daya tarik gunung ini adalah setiap pengunjung bisa menikmati sensasi hiking. Namun tanpa perlu berkemah. Bahkan, pengunjung juga masih bisa tetap terhubung dengan internet. Meskipun berada di puncak gunung ini.

Gunung Andong Magelang

Gunung Andong di magelang ini memiliki ketinggian sekitar 1.463 m atau 4.800 kaki. Letaknya berada di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Selain di Gunung Telomoyo, Gunung Prau, atau Gunung Ungaran, anda juga bisa menikmati sensasi naik gunung di Gunung Andong ini. Bahkan, sensasi yang ditawarkan lebih istimewa.

Keistimewaannya bisa ditemukan saat menapaki jalur pendakian. Tak hanya itu, ada juga bonus serta fasilitas menarik yang kemudian menjadikan gunung ini disebut gunung bintang lima Pulau Jawa.

Gunung Andong Magelang

Penasaran apa saja keistimewaan gunung ini? Berikut kami sajikan beberapa informasi penting mengenai wisata Gunung Andong Magelang, medan pendakian hingga jalur dan aksesnya.

Wisata Gunung Andong Magelang

Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung bintang lima ini memiliki pemandangan bak surga, sangat indah dan syahdu. Yang lebih menarik lagi, anda tetap bisa mendapatkan koneksi internet di puncak gunung. Sehingga anda bisa bebas mengakses media sosial.

Gunung ini juga salah satu alternatif terbaik bagi pendaki pemuda untuk latihan. Sama seperti pesona wisata pegunungan lainnya, anda juga bisa berburu keindahan sunset dan juga sunrise.

Anda bisa memilih untuk berkemah agar dapat puas menikmati view puncak gunung. Namun jika tidak ingin berkemah juga sangat mungkin. Karena mendaki gunung ini tidak membutuhkan waktu lama.

Anda bisa hanya sekedar bersantai sejenak, karena di sekitar lokasi puncak gunung terdapat tempat istirahat berupa gazebo. Gazebo tersebut juga biasa digunakan sebagai gardu pandangan.

Pendakia Gunung Andong

Tempat tersebut menjadi spot paling menarik bagi pengunjung. Tak heran banyak yang memanfaatkan gazebo ini untuk berfoto. Untuk berwisata dan mendaki Gunung Andong Magelang ini masih dikategorikan sangat aman. Meski gunung ini masih memiliki aktivitas magma vulkanik yang aktif.

Gunung yang berada di Magelang ini juga berfungsi  sebagai gunung perisai yang melingkari daerah Magelang. Hal itu membuat panorama keindahan alam dari puncak gunung terlihat sangat menakjubkan.

Inilah yang membuat para pemburu sunrise dan sunset sangat menyukai berada di puncak wisata gunung Andong. Selain itu, banyaknya pengunjung juga disebabkan karena keramahan medan pendakian gunung.

Gunung ini sangat baik bagi para pendaki pemula atau bahkan bukan pendaki. Karena medan dan rute cukup mudah. Hal ini sangat berbeda jauh dengan rute yang ada di gunung Merbabu, begitu ekstrim dan sulit.

Meski sensasinya tidak begitu menantang, anda tetap akan dibuat kagum dengan panorama puncak gunung ini. Akan terlihat secara jelas penampakan indah gunung gunung tinggi di sekitarnya. Beberapa diantaranya adalah Gunung Merbabu, Tidar, Merapi, dan juga Telomoyo.

Di gunung ini juga jarang sekali terjadi badai terutama di puncaknya. Sehingga bisa dikatakan gunung ini menjadi gunung teraman dibandingkan gunung-gunung sekitarnya.

Untuk pendaki pemula, biasanya dibutukan waktu kurang lebih 2 Jam apabila tidak terjadi halangan. Meskipun sepertinya tidak lama, kegiatan pendakian gunung ini tetap memerlukan persiapan fisik dan juga mental.

Persiapan tersebut sangat penting demi keselamatan dan keamanan selama pendakian. Apabila anda belum siap untuk mendaki, sebaiknya jangan melanjutkan aktivitas pendakian gunung.

Pendakian Gunung Andong Via Magelang

Untuk memulai pendakian gunung Andong via Magelang, bisa melalui basecampnya yang berada di dusun Sawit, Girirejo. Basecamp ini memang digunakan untuk start pendakian. Di basecamp ini juga anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang.

Gunung Andong Gerbang

Jika anda membawa kendaraan, anda bisa menitipkannya di area sekitar lokasi. Trek menuju Gunung Andong terbilang cukup bersahabat. Jalurnya juga bisa dibilang sangat jelas. Akan ada banyak petunjuk yang dapat membantu anda mencapai puncak.

Mengenai medan pendakian, akan berubah-ubah seiring jalan naik. Di awal pendakian, anda akan menemukan trek berupa jalan stapak. Setelah itu terdapat jalur dengan tanah liat, rerumputan bahkan bebatuan. Namun jangan khawatir, bebatuan di sini cukup tertata.

Jalur perjalanan menuju ke puncak pun memiliki kemiringan yang rendah dan tak begitu terjal. Sehingga sangat mudah dilalui. Selama pendakian, anda akan temukan beberapa area seperti ladang sayur. Ada juga pepohonan bambu hingga hutan pinus.

Di beberapa area tersebut anda bisa berhenti sejenak untuk beristirahat. Suasana sejuknya dibalut angin sepoi-sepoi tentu akan menambah asyik saat perjalanan.

Lokasi Gunung Andong Magelang

Apakah anda berminat mencoba hiking ke gunung ini? Lokasi Gunung Andong Magelang berada diantara desa Ngablak dan desa Tlogorojo. Tepatnya di Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute ke Gunung Andong Magelang

Terdapat beberapa alternatif rute ke Gunung Andong Magelang. Berikut alternatif rutenya.

Rute dari Arah Utara

Pertama, anda bisa melewati rute dari arah utara. Atau tepatnya dari daerah Ungaran, Semarang, Salatiga, Boyolali dan juga Solo.

Apabila anda berjalan arah jalan Semarang – Solo, silakan transit di terminal Pasar Sapi daerah Salatiga. Setelah itu ambil arah ke Magelang dan pastikan anda melewati Kopeng dan juga Pasar Ngablak.

Di pasar Ngablak ada sebuah tugu berwarna biru, lalu ambil jalan kearah Grabag. Jika anda sudah menemui lapangan sepak bola maka anda sudah berada di jalur yang tepat. Setelah itu lanjutkan perjalanan sekitar 2 KM hingga pertigaan makam dusun kenteng.

Lalu silakan belok kiri dan jalan terus hingga melihat plang SD Girirejo 2. Dan ambil kanan hingga anda sampai di Basecamp Sawit.

Rute dari Arah Selatan

Melewati rute ini, maksudnya anda bisa memulai perjalanan dari daerah Ketep Magelang, Yogyakarta dan juga Purworejo. Dari salah ssatu titik tersebut, anda bisa langsung menuju ke Terminal Tidar.

Puncak Gunung Andong

Lalu di lampu merah Canguk silakan belok kanan ke arah Kopeng. Anda pun akan sampai di Pasar Ngablak. Pastikan anda melihat sebuah gapura berwarna biru, lalu belok kiri ke arah kawasan Grabag.

Jika anda sudah melewati sebuah lapangan sepak bola, anda berada di jalur yang benar. Maka anda bisa jalan lurus terus sekitar 2 KM hingga pertigaan makam dusun Kenteng.

Setelah itu silakan belok kiri dan terus jalan sampai SD Girirejo 2. Lalu ambil kanan hingga sampai di Basecamp Sawit.

Rute dari Arah Barat

Dari arah ini maksudnya anda memulai perjalanan dari daerah Secang, Temanggung, Grabag, Wonosobo dan juga Parakan. Kalau anda memulainya dari Terminal Secang, silakan langsung ke arah Krincing. Setelah itu belok kanan di kawasan pertigaan menuju Grabag.

Dari Grabag jalan terus ke Pasar Grabag. Dari perempatan pasar, silakan lurus terus s ke arah Mangu. Dari daerah Mangu lanjut saja hingga melewati dusun Mantran kulon dan juga Mantran wetan.

Apabila anda sudah sampai di SD Girirejo 2, lalu belok kiri hingga sampai di Bascamp Sawit.

Rekomendasi untuk anda, Posong Temanggung

Itu tadi beberapa informasi penting yang mungkin anda butuhkan. Jika anda merasa sudah siap mendaki, tak ada salahnya weekend ini diagendakan naik ke Gunung Andong Magelang.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *