Gagahnya Gunung Nglanggeran Yogyakarta

Diposting pada
Gunung Nglanggeran

Apakah anda suka mendaki gunung namun menginginkan pendakian yang tergolong santai? Anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran atau Gunung Nglanggeran Yogyakarta. Gunung ini pun mulai mendapatkan perhatian dari para warga dan para pendaki.

Kisaran Harga TiketRp 15.000 – Rp 30.000
Instagram@gnungnglanggeran
Jam Buka24 Jam
WilayahYogyakarta

Dalam artikel ini anda bisa mengetahui sejarah dari Gunung Nglanggeran Yogyakarta. Selain itu anda bisa mendapatkan informasi mengenai Gunung Purba. Jika anda membutuhkan rute dan informasi harga tiket masuk anda bisa menemukan informasi tersebut dalam artikel ini.

Sejarah Gunung Nglanggeran Yogyakarta

Gunung Nglanggeran Yogyakarta merupakan salah satu gunung berapi yang aktif pada jamanya. Gunung tersebut pernah aktif pada 60 sampai 70 juta tahun yang lalu. Namun gunung ini kini sudah tidak aktif lagi karena termakan oleh waktu.

Sejarah Gunung Nglanggeran

Kenapa disebut dengan gunung purba? Karena gunung tersebut peninggalan jaman purba yang sudah tidak aktif lagi. Keaktifan gunung berapi pun ada masanya seperti Gunung Api Purba Nglanggeran ini.

Jika anda melihat Gunung Nglanggeran pasti anda bertanya-tanya tentang bentuk gunung ini. Gunung ini tidak berbentuk layaknya gunung-gunung berapi pada umumnya. Jika gunung pada umumnya berbentuk kerucut namun hal ini tidak berlaku untuk tonjolan bumi yang satu ini. Gunung Nglanggeran tidak berbentuk kerucut namun berbentuk gugusan bebatuan raksasa.

Baca juga: Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Strukturnya pun tidak terbuat dari pasir namun dari bebatuan yang keras. Disekitarnya pun anda akan menjumpai berbagai macam flora. Selain itu anda bisa menemukan beberapa fauna yang mendiami gunung ini.

Gunung Nglanggeran Foto

Lalu apakah anda tidak penasaran dengan penamaan dari Nglanggeran? Pada dahulu kala gunung ini digunakan untuk menghukum warga sekitar yang melanggar aturan. Nglanggeran berasal dari kata nglanggar. Nglanggar berarti melanggar.

Pada jaman dahulu kala penduduk desa sekitar Gunung Nglanggeran mengadakan pesta syukuran atas hasil panen yang melimpah. Pada acara tersebut mereka mengundang seorang dalang untuk bermain wayang. Namun ada beberapa warga yang berniat jahat yaitu merusak wayang-wayang yang akan dimainkan oleh sang dalang.

Sang dalang pun tidak bisa mengontrol amarahnya lalu dia mengutuk warga tersebut menjadi wayang. Wayang-wayang tersebut pun di buang ke gunung. Itulah asal usul nama Gunung Nglanggeran Yogyakarta.

Lokasi Gunung Nglanggeran Yogyakarta

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogakarta. Akses menuju Gunung Purba Nglanggeran pun tergolong mudah.

Gunung Nglanggeran Ramai

Gunung ini terletak 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Sedangkan jarak Gunung Nglanggeran dari Kabupaten Gunung Kidul hanya sejauh 20 km. Lokasi wisata ini pun juga terletak pada gugusan karst Baturagung. Kawasan ini merupaka kawasan pegunungan dengan batuan beku yaitu lava dan batu andesit.

Untuk menuju lokasi ini kami menyediakan dua rute. Rute pertama jika anda berasal dari arah Yogyakarta. Anda bisa menggunakan Jl Jogja Solo ataupun Jl Jogja Wonosari. Setelah itu anda bisa mengambil jalur ke arah Piyungan. Lalu anda bisa menuju ke Bukit Bintang Gunung Kidul.

Anda pun bisa mengikuti jalan hingga menemukan persimpangan yang terdapat Kantor Radio GCD FM. Setelah itu anda bisa beralih jalur menuju Desa Ngoro-Oro. Ikuti jalur sampai anda menemukan persimpangan UPT Puskesmas Patuk II. Pada persimpangan tersebut pilih jalur menuju Desa Nglanggeran.

Baca juga, Negri di Atas Awan Mudah di Jangkau Kebun Buang Mangunan

Rute kedua jika anda berasal dari arah Wonosari. Dari arah Wonosari anda tinggal mengikuti jalur menuju Bunderan Sambi Pitu. Dari arah bunderan anda bisa mengambil jalur ke arah Desa Babung. Nah dari desa ini anda tinggal melanjutkan perjalanan sejauh 3 km. Setelah itu anda bisa mencapai lokasi Gunung Nglanggeran.

Jam Operasional Gunung Nglanggeran

Jika anda bertanya tentang jam operasional Gunung Nglanggeran maka jawabanya adalah buka selama 24 jam. Anda pun bisa menjelajah gunung ini kapan pun anda mau.

Gunung Nglanggeran Nangkring

Harga Tiket Masuk Nglanggeran Yogyakarta

Jika anda ingin mengunjungi Gunung Nglanggeran terdapat dua macam tiket.

Tiket penggunjung domestik

Tiket penggunjung domestik terbagi menjadi dua macam. Jika objek wisata lain hanya memiliki satu harga, Gunung Nglanggeran memiliki dua jenis tiket yaitu tiket pagi dan malam. Tiket pagi penggunjung domestik seharga Rp 15.000,00. Sedangkan tiket masuk malam hari seharga Rp 20.000,00.

Tiket Penggunjung Mancanegara

Harga tiket masuk penggunjung manacanegara hanya terdapat satu jenis. Harga tiket masuk Gunung Nglanggeran untuk pagi atau malam sama yaitu sebesar Rp 30.000,00.

Rekomendasi untuk anda: Suka Selfie? Coba Kesini Aja

Itulah informasi mengenai Gunung Nglanggeran Yogyakarta yang bisa kami dapatkan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Sebaiknya selalu jaga kondisi dan mengecek cuaca saat anda memutuskan untuk berwisata di gunung ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.