Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota

Diposting pada
Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota 1

Jika anda mengunjungi Bogor, mungkin tidak akan asing lagi dengan salah satu wisata Bogor ini, yaitu  Gunung Pancar. Gunung Pancar adalah gunung yang lokasinya berada di Kecamatan Citeureup, Bogor.

Sebagai salah satu gunung di kawasan wisata ini, Gunung Pancar menjadi satu dari sekian objek wisata alam Kota Hujan. Bagi anda yang ingin mencoba tracking dan hiking ringan, bisa mencoba gunung ini sebagai alternatif.

Deskripsi Gunung Pancar

Gunung Pancar memiliki ketinggian sekitar 300–800 m dpl dengan topografi yang landai sampai bergelombang terjal. Kemiringan medan terjal gunung ini berkisar diantara 15-40%.

Sementara bagian tertinggi puncak Gunung Pancar terletak di 800 m dpl dan titik Pasir Astana setinggi 700 m dpl. Dengan ketinggian tersebut ditambah hutan pinus lebat yang mengelilingi gunung membuat panorama di lokasi gunung ini sangat asri.

Keanekaragaman Hayati Gunung Pancar

Sebagai kawasan dataran tinggi, Gunung Pancar memiliki vegetasi yang cukup beragam meskipun mayoritas vegetasinya adalah Pinus. Hutan Pinus Gunung Pancar ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata ini.

Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota 2

Tak hanya hutan pinus, di lokasi Gunung Pancar juga ditumbuhi bermacam vegetasi lain yang hidup seperti Puspa, Rasamala, Beringin, Pasang dan lainnya. Selain kaya akan vegetasi, Gunung Pancar juga merupakan habitat dari sejumlah fauna.

Beragam satwa yang bisa anda jumpai di kawasan ini adalah Burung Kutilang, Elang, Kera, Babi Hutan, Jalak, Jelarang, Srigunting, Enggang, Ayam Hutan Merah, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari beragam jenis flora/fauna dan kekayaan alam, Gunung Pancar ini memiliki kisah legenda yang unik.

Ada kisah unik apa di balik megahnya Gunung Pancar ini? Yuk simak pembahasannya berikut ini.  

Legenda Gunung Pancar

Menurut kabar dari mulut ke mulut, Gunung Pancar merupakan gunung pertama yang muncul di Pulau Jawa. Gunung ini diperkirakan terbentuk akibat terjadinya gempa.

Sementara nama Pancar, secara bahasa diartikan Muncul Pertama Kali. Hal ini menggambarkan jika gunung ini adalah yang pertama kali ada di Jawa terutama Jawa Barat.

Masih berkaitan dengan asal usul gunung yang unik ini, terdapat kisah misteri Gunung Pancar yang diyakini turun temurun hingga sekarang. Apakah anda penasaran? Berikut kisahnya.

Misteri Gunung Pancar

Hingga kini, terdapat sebuah kisah misteri yang berkaitan dengan Gunung Pancar ini. Konon, Gunung Pancar diyakini sebagai pondasi bumi satu-satunya yang pertama kali diciptakan.

Masyarakat percaya jika saat tercipta, Bumi masih datar dan rata dengan tanah serta tidak memiliki Gunung atau Perbukitan.

Hingga suatu waktu terjadi banyak gempa dan akhirnya diciptakan gunung untuk membantu menopang dan menstabilkan Bumi.

Gunung difungsikan sebagai pasak Bumi untuk membantu bumi agar lebih kuat dan juga tenang. Itulah sebabnya, pasak pertama di Bumi ini diberi nama “Pancar” yang berarti adalah “muncul pertama”.

Terlepas dari benar atau tidak kisah ini, yang harus kita tekankan adalah Gunung pancar merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang tentu memiliki fungsi dan manfaat untuk makhluk di bumi.

Selain sebagai pasak bumi, Gunung Pancar ini memiliki sejuta pesona yang bisa kita nikmati sebagai makhluk Tuhan.

Apa saja hal yang bisa kita lihat dan temukan di Gunung Pancar? Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan kami selanjutnya.

Pesona Gunung Pancar

Daya tarik utama wisata Gunung Pancar terletak pada panorama dan suasana yang masih asri. Di sini, anda bisa menikmati merdunya kicauan burung kutilang serta mendapati budaya masyarakat..

Untuk pemandangan alamnya, Gunung Pancar menyuguhkan panorama dari ketinggian yang sangat indah dan memanjakan mata. Bagi para wisatawan yang hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dieksplorasi apalagi ketika cuaca cerah dan mendukung.

Tak hanya itu, dengan kemiringan topografi tanah sekiytar 15 – 40%, ada banyak jenis tanaman dan semak belukar yang bisa ditemukan di sepanjang perjalanan menuju ke puncak.

Suhu di kawasan Gunung Pancar saat siang hari bisa dibilang cukup panas yakni sekitar 33 derajat Celcius. Sementara suhu pada malam hari tidak terlalu rendah, sekitar 24 derajar Celcius.

Dengan suhu yang normal dan identik dengan suhu perkotaan, sepertinya anda tak perlu khawatir akan bahaya hipotermia. Namun anda juga tak perlu takut, karena banyak ditumbuhi pepohonan kawasan ini tetap terasa sejuk.

Wahana Wisata Gunung Pancar

Untuk dapat menikmati indahnya kawasan wisata Gunung Pancar, terdapat wahana yang bisa anda gunakan agar eksplorasi wisata anda lebih berkesan. Di bawah ini kami akan berikan daftar wahana wisata Gunung Pancar.

Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota 3

Hammock Hutan Pinus

Hal pertama yang wajib anda coba saat berkunjung ke sini adalah hammock. Hammock merupakan sebuah ayunan gantung pengganti tenda yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat.

Ayunan ini kerap kali digunakan untuk wisata di hutan pinus karena. Cara menggunakannya adalah dengan mengaitkan dengan dua batang pohon besar.

Dengan hammock ini, wisatawan bisa berisirahat dan bersantai sambil menikmati suasana alam yang sejuk.

Resort and Spa Giri Tirta Hot Spring

Wahana yang ada di Gunung Pancar selanjutnya adalah pemandian air panas yang bisa menjadi alternatif relaksasi dan melepas penat. Air yang digunakan di pemandian ini adalah air panas alami yang bersumber dari Gunung Pancar.

Uniknya, air ini tidak berbau meyengat seperti pada umumnya air panas yang mengandung belerang. Kolam yang ada di pemandian ini juga dipisah dan dibagi 2 bagi lalki-laki dan perempuan.

Hal ini karena demi kenyamanan para pengunjung terutama bagi pengunjung yang memakai hijab. Selain pemandian ini, ada pula wisata religi Gunung Pancar yang sarat dengan aura mistis.

Makam Keramat di Gunung Pancar

Bagi anda yang terbiasa berwisata religi dan ziarah makam, mungki anda bisa mampir ke beberapa makam keramat di kawasan Gunung pancar ini. Terdapat sejumlah makam yang ada, yaitu makam Ki Mas Bungsu, H Dalem Putih, Kalijaga, Raden Lawulung, Raden Surya Kencana, dan tokoh lokal lainnya.

Wisata ke gunung tak lengkap jika tak mencoba untuk berkemah bukan? Nah, Gunung Pancar ini juga memiliki spot Camping Ground yang layak dicoba.  

Camping Ground Gunung Pancar

Tahukah anda Gunung Pancar kerap kali digunakan untuk kegiatan Outbound berbagai komunitas. Diantaranya adalah Camping, Team Building, Gathering, Pelatihan kepemimpinan, serta kegiatan outdoor lainnya.

Yang menarik dari spot camping ini adalah lokasinya yang tak jauh dari Jakarta dan dianggap ramah bagi keluarga. Tak hanya sebagai tempat rekreasi keluarga, Gunung Pancar juga sering digunakan sebagai spot foto pranikah atau prewedding.

Lebih terkenal dengan Hutan pinus Sentul, spot camping Gunung Pancar juga biasa digunakan anak-anak sekolah untuk melakukan kegiatan outdoor. Hal ini karena lokasinya aman serta terdapat banyak fasilitas dan paket wisata yang lengkap.

Karena aman, Camping Ground Gunung Pancar menjadi Salah satu spot terbaik di Bogor. Tak hanya itu, kebersihan, keasrian serta kenyaman pengunjung dalam beraktivitas di sini juga selalu diprioritaskan.

Selain wisata alam di Gunung pancar, ada juga spot wisata edukasi yang bisa dicoba yaitu Pelita Desa. Wisata edukasi ini sangat baik terutama bagi anak-anak untuk menambah pengetahuan.

Aktivitas Wisata di Gunung Pancar

Dari beberapa pesona Gunung Pancar di atas, kami rekomendasikan akivitas wisata yang cocok untuk dilakukan saat berkunjung ke sini.

Bersantai di Hammock

Hal utama yang bisa anda lakukan sambil berwisata di Gunung Pancar ini tentu bersantai dan menikmati suasana yang sejuk dan indah. Anda bisa memanfaatkan fasilitas hammock agar momen bersantai anda lebih asyik.

Hunting Foto

View jajaran pepohonan tentu menghasilkan spot foto genic yang menarik untuk berfoto. Terdapat banyak spot, pose dan angel dan pose yang bisa dieskplore untuk mendapatkan foto yang instagenic.

Tak hanya spot alam yang cantik, salah satu keunggulan Gunung Pancar adalah sinar matahari yang terhalang lantaran lebatnya pepohonan. Sehingga hal ini membuat tempatnya sangat pas untuk fotografi.

Saking bagusnya hasil foto di sini, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tempat prewed terfavorit di Kota Bogor.

Aktivitas Outbond

Hal menarik lainnya yang bisa anda lakukan di Gunung Pancar ini adalah menikmati arena outbond. Selain kawasannya luas, Gunung Pancar juga memiliki banyak wahana menarik seperti paint ball, flying fox dan masih banyak lagi.

Berziarah ke Makam Dan Menikmati Pagelaran Seni

Telah disebutkan tadi kalau di Gunung Pancar terdapat banyak makam tokoh keagamaan. Nah, anda bisa memanfaatkan wisata dengan ziarah makam serta kirim doa untuk arwah mereka.

Namun diharapkan tetap menjaga kesopanan dan prilaku yang baik, karena tempat ini dianggap yang paling angker. Hal tersebut disebabkan karena yang bersemayam di kawasan ini adalah raja-raja serta tokoh dengan kekuatan sakti madraguna.

Apabila beruntung, anda juga bisa melihat sebuah upacara keagamaan dan juga pertunjukan seni yang biasa ditampilkan di tempat ini.

Mandi di Pemandian Air Panas

Karena terdapat sebuah lokasi pemandian air panas, maka sayang jika anda tak berendam untuk berelaksasi. Terlebih lagi biaya pemandian air panas ini juga cukup murah yaitu Rp 25.000.

Wisata sambil Olahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan, apalagi jika dipadukan dengan wisata. Nah, sambil berwisata di Gunung Pancar ini anda juga bisa dengan berolahraga. Beberapa olahraga yang cocok untuk dilakukan adalah bersepeda atau jogging.

Bagi anda yang hobi bersepeda gunung, Gunung Pancar menjadi salah satu spot menantang yang pasti sayang dilewatkan. Dengan jalur track tidak mulus, aktivitas bersepeda anda akan semakin seru.

Sewa Lahan

Tak hanya ada wahana wisata, terdapat fasilitas penyewaan lahan untuk berbagai keperluan. Biasanya banyak pengunjung menyewa tempat ini untuk keperluan prewed, sesi foto khusus, shooting, outbound, dan masih banyak lagi.

Penyewaan lahan disini bisa dilakukan dari 1 hari hingga 3 hari 2 malam. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk melakukan beberapa aktvitas di atas saat wisata Gunung Pancar?

Jika iya, perlu anda ketahui fasilitas, alamat, rute dan juga biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke sini. Namun anda jangan khawatir, berikut kami sediakan informasinya.

Fasilitas Gunung Pancar

Apakah anda ingin tahu selengkap apa fasilitas Gunung Pancar? Sebagai kawaan dataran tinggi, Gunung Pancar termasuk salah satu yang paling lengkap fasilitasnya.

Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota 4

Di objek wisata ini sudah dilengkapi area makan, kantin, dan area parkir yang cukup luas. Ada juga toilet dan kamar mandi untuk segala kebutuhan MCK.

Tak ketinggalan ada tempat ibadah terutama bagi umat muslim. Ada juga sebuah jembatan gantung yang sengaja dibuat untuk berbagai keperluan, salah satunya sebagai spot foto.

Selain itu, ada sebuah kedai kopi hits juga di sini. Salah satu kedai kopi atau kafe yang ada di kawasan ini terkenal dengan nama Ameera Coffee.

Ameera Coffee adalah kedai kopi sederhana dan tidak semewah kafe-kafe di perkotaan. Namun jangan salah, menu dan kenikmatan kopi buatan kafe ini tidak bisa diragukan lagi.

Alamat Gunung Pancar

Gunung Pancar beralamat di kampung Ciburial, desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Namun, lokasi ini lebih banyak dikenal dan lebih familiar dengan sebutan kawasan Sentul.

Hal tersebut disebabkan karena lokasinya sangat dekat dengan wilayah Sentul City. Dengan begitu, suhu di Gunung Pancar tidak begitu berbeda dengan suhu di kota, terutama kota Sentul.

Jarak Gunung Pancar dari Sentul City hanya sekitar 18.8 km atau 48 menit perjalanan. Sedangkan jarak lokasi Gunung Pancar dari Jakarta sekitar 45 km.

Lantas, bagaimana dengan rutenya? Jangan khawatir, rutenya tidak begitu sulit dan akses jalan juga sudah sangat mendukung. Berikut ulasan mengenai rute ke Gunung Pancar naik motor.

Rute ke Gunung Pancar

Gunung Pancar bisa dicapai dengan berkendara baik roda dua maupun roda empat via tol Jagorawi dari Jakarta. Bagi anda yang ingin berkemah, lokasi Camping groundnya dekat dengan Jakarta.

Hanya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 – 1,5 jam apabila lalu lintas dalam keadaan lancar dan normal. Pertama anda bisa mengarahkan perjalanan menuju Cawang.

Setelah itu anda akan keluar dari pinto tol Sentul selatan atau Sentul City, atau juga setelah Circuit Sentul jika dari arah Jakarta. Ambil kanan ke arah Sentuol Raya hingga 8 km setelahnya bertemu dengan sebuah bundaran.

Dari Sentul, anda hanya perlu mengikuti arah petunjuk ke arah Jungle Land sebab lokasinya sangat berdekatan. Atau anda bisa menuju ke arah Babakan Madang dan menemukan papan petunjuk menuju kawasan Gunung Pancar.

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar

Apakah anda tertarik untuk berkunjung? Biayanya sangat terjangkau lho.

Mulai dari harga tiket masuk Gunung Pancar 2018 dibandrol hanya Rp 5.000 hingga Rp 7.500. Sementara biaya parkirnya dihargai Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Kalau anda ingin masuk ke lokasi Pemandian Air Panas, harga tiketnya sebesar Rp 25.000. Untuk hunting foto di bagian Pintu Masuk akan diminta biaya sebesar Rp 20.000.

Sementara jika anda ingin menikmati sesi foto Prewed harganya Rp 750.000. Biaya untuk Camping User permalamnya dibandrol Rp 100.000.

Untuk keperluan shooting perhari, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 15.000.000 dan untuk outbound perhari adalah Rp 280.000.

Jika  anda tertarik untuk sewa lahan, biayanya cukup terjangkau, yaitu Rp 25.000/1 hari, 2 hari 1 malam sebesar Rp 35.000 dan Rp 45.000/3 hari 2 malam.

Jam Operasional Gunung Pancar

Untuk jam operasional Gunung Pancar ini adalah 24 jam. Hal ini tentu sangat mempermudah bagi wisatawan untuk puas menikmati alam di Gunung Pancar ini.  

Tips Ketika Mengunjungi Gunung Pancar di Bogor

Agar wisata anda aman, nyaman, dan menyenangkan, sebaiknya anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika datang ke Gunung pancar ini. Berikut kami berikan tips wisata Gunung Pancar yang bisa anda ikuti.

Gunung Pancar – Tempat Sejuta Cerita Tak Jauh dari Ibukota 5

Pertama, lebih baik mengunjungi Gunung Pancar ketika dini hari atau saat matahari terbit. Dengan begitu, anda bisa menikmati golden sunrise nya yang cantik.  

Kedua, jangan lupa membawa barang – barang yang tepat atua yang hanya diperlukan saja selama perjalanan. Ketiga, upayakan untuk tidak pergi sendirian.

Keempat, siapkan budget yang pas dan memadai agar tidak menimbulkan masalah lain di kemudian hari. Kelima, wajib bagi anda untuk mentaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Hal ini harus anda perhatikan demi keamanan dan keselamatan anda saat berwisata. Keenam, usahakan membawa kamera ataupun alat pengambil gambar lainnya beserta baterai cadangan.

Tentu tidak asyik jika anda melewatkan momen seru dan view cantik di kawasan Gunung Pancar ini bukan? Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan kamera atau Hp nya ya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui saat ingin menjadikan Gunung pancar sebagai salah satu tujuan wisata anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.