Gunung Parang Purwakarta, Alternatif Terbaik Belajar Mendaki di Purwakarta

Diposting pada
Gunung Parang Purwakarta

Bagi anda penikmat negri di atas awan pasti sudah tidak asing dengan Gunung Parang Purwakarta. Meski namanya tak se terkenal Gunung Merbabu maupun Gunung Lawu. Pendakian gunung ini menawarkan sensasi seru tersendiri. Berani coba? Yuk simak info selengkapnya.

Kisaran Harga TiketRp 10.000 – Rp 500.000
Review PenggunaCek Disini
Jam Buka25 Jam
WilayahKota Purwakarta

Gunung Parang Purwakarta

Purwakarta memang lebih terkenal dengan Waduk Jatiluhur serta Air Mancur Sri Baduga. Kedua objek wisata ini menjadi ikon pariwisata kota Purwakarta.

Gunung Parang Purwakarta Mendaki

Namun, belakangan Gunung Parang juga masuk dalam daftar salah satu objek wisata. Gunung ini menyediakan jalur pendakian yang menarik bagi wisatawan.

Tak hanya itu, ada juga bonus petualangan panjat tebing yang menjadi favorit para pendaki. Sehingga, wisata gunung ini cocok sekali bagi kalian penyuka tantangan yang penuh adrenalin.

Pesona Gunung Parang

Puncak Gunung Parang tidak terlalu luas. Namun, pemandangan dari puncak sangatlah indah. Akan terlihat lanskap Kota Purwakarta dihiasi hamparan persawahan hijau dan permukiman warga.

Gunung Parang Purwakarta Pesona

Dari kejauhan juga akan terlihat view Sungai Citarum serta Waduk Jatiluhur. Tak ketinggalan juga gunung-gunung batu andesit seperti Gunung Bongkok dan Gunung Lembu. Keduanya tampak gagah di hadapan anda.

Menariknya lagi, pendakian dini hari dan pada saat cuaca cerah akan mendapat bonus pemandangan sunrise dari pinggir tebing. Benar-benar momen yang tidak akan terlupakan. Daya tarik lain selain view gunung dan panjat tebing, ada satu lagi yang unik di wisata ini.

Gunung Parang juga menawarkan aktivitas wisata seru lain seperti tyrolean traverse. Apa ini? Tyrolean traverse merupakan aktivitas menyeberang puncak menggunakan seutas tali.

Selain itu, anda juga bisa membentangkan hammock pada tali  untuk menikmati suasana alam dari ketinggian.

Untuk dapat menikmati indahnya pesona alam gunung ini, tentunya anda harus mendaki. Pendakian gunung ini sangat berbeda dengan jenis pendakian gunung lainnya. Karena pada umumnya pendakian akan memakan waktu lama dengan membawa carrier.

Di gunung ini, selain pendakian biasa. Anda juga perlu melakukan penanjakan di sebuah tebing. Cukup berbahaya dan menantang bukan? Oleh karena itu, anda wajib menggunakan segala perlengkapan keselamatan saat pendakian.

Anda harus memakai helm, seat harness, carabiner, serta sarung tangan yang telah disediakan operator. Selain itu, tiap tim pendakian juga akan dipandu oleh seorang pemandu lokal.

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mendaki? Berikut kami ulas mengenai jalur pendakian Gunung Parang Purwakarta.

Pendakian via Ferrata

Terdapat beberapa alternatif pendakian gunung ini. Salah satunya adalah Jalur pendakian via Ferrata. Dengan jalur ini anda akan melalui Kampung Cihuni/ Kampung Cirangkong dna kemudian Desa Pesanggrahan.

Gunung Parang Purwakarta Ferrata

Pendakian Ferrata ini terbilang sangat aman dilakukan pengunjung dari segala usia. Anda pun bebas menggunakan jalur ketinggian yang diinginkan.

Ada dengan ketinggian 100 m, 300 m, 500 m, sampai 700 m. Jalur pendakian via Ferrata merupakan jalur pendakian memanjat menggunakan pijakan terbuat dari besi-besi baja.

Besi baja tersebut ditanam di permukaan batuan tebing. Sehingga aman digunakan dan dapat memudahkan pendakian. Meski sudah ada anak tangga besi, namun karakteristik jalur ini cukup beragam.

Anda akan temukan jalur menanjak dengan kemiringan tajam sampai jalur berbelok serta berjalan ke sisi samping gunung. Jadi tetap fokus dan waspada ya sobat!

Setelah melakukan panjat tebing sekitar satu jam, anda akan sampai di titik ketinggian 100 meter. Dari titik ini anda bisa beristirahat, melihat pemandangan indah bahkan berfoto. Jika ingin ke jalur lebih tinggi, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama sampai 2 jam.

Pendakian via Taraje

Alternatif berikutnya untuk dapat sampai ke puncak gunung adalah dengan melewati jalur Taraje. Jalur pendakian ini terbilang baru dengan melalui sisi selatan. Kata “taraje” merupakan bahasa Sunda berarti tangga.

Gunung Parang Purwakarta Tangga

Maksudnya, jalur pendakian via Taraje akan membawa anda melewati jalur berupa tangga. Tangga tersebut terbuat dari akar-akar serta ranting pohon yang disusun demikian rupa.

Anda bisa memulai pendakian dengan melewati area hutan. Setelah itu memasuki kawasan berbatu-batu besar. Dari kawasan itu trek pendakian akan mulai menanjak dan curam. Hingga di ujung pendakian anda akan mendapati sebuah kawasan tebing dengan tangga menempel di sisi tebing.

Dari tebing tersebut, anda akan menuju puncak Gunung Parang dengan ketinggian 983 m ini. Tangga yang dibuat digunakan sebagai sarana untuk memudahkan pendakian. Dikarenakan kemiringan tebing cukup curam mencapai 75 derajat.

Fasilitas di Gunung Parang

Di wisata ini sudah dilengkapi fasilitas lengkap dan cukup memadai. Di area base camp sudah terdapat lokasi parkir, serta toilet umum. Ada juga warung-warung kecil dengan beragam camilan dan minuman.

Berbagai fasilitas dan perlengkapan mendaki pun tersedia di sini. Anda akan banyak temui operator aktivitas outdoor. Mereka menawarkan berbagai jasa penyewaan fasilitas pendakian serta memanjat tebing.

Di samping itu, disiapkan juga seorang pemandu untuk memastikan pendakian anda agar terasa lebih aman.

Harga Tiket Gunung Parang Purwakarta

Harga tiket Gunung Parang Purwakarta dipatok dengan biaya berbeda. Tergantung pada jenis ketinggian pendakian. Untuk via Ferrata dengan tinggi 100 meter biayanya adalah Rp100.000/orang.

Sedangkan untuk rute setinggi 300 meter harganya Rp150.000/orang. Ada juga ketinggian 700 meter seharga Rp465.000/orang. Biaya di atas sudah termasuk perlengkapan keselamatan plus pemandu lokal.

Untuk pendakian via Taraje, tiket masuknya dibandrol dengan harga sebesar Rp10.000/orang. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya perlengkapan maupun pemandu lokal. Jadi, siapkan uang lebih untuk dapat melakukan pendakian via Taraje dengan aman dan terjamin.

Untuk dapat lebih berhemat, pihak operator menyediakan beberapa paket wisata khusus atraksi wisata panjat tebing ini. Harganya mulai dari Rp500.000/orang. Biaya ini sudah meliputi fasilitas pemandu, penginapan, makan, minum, trekking, serta panjat tebing.

Baca Juga: Giri Tirta Kahuripan Akomodasi dan Tempat Wisata Terbaik di Purwakarta

Seru dan menyenangkan ya? Tentu sangat memicu adrenalin anda? Bagi anda yang menyukai tantangan, Gunung Parang Purwakarta ini pasti cocok untuk anda!

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *