26 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Adakah di Daerahmu?

Diposting pada

Apakah anda sedang mecari jawaban untuk gunung tertinggi di Indonesia TTS? Nah, tepat sekali jika anda mengunjungi laman ini.

Di artikel kami kali ini akan disajikan informasi tentang gunung yang tertinggi di Indonesia. Apakah anda sudah tidak sabar ingin tahu? Yuk simak penjelasannya.

Sejarah Gunung Tertinggi di Indonesia

Jika kita tahu bahwa gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everest, bagaimana dengan yang tertinggi di Indonseia? Apabila anda membutuhkan informasi tersebut, yuk simak artikel berikut.

Gunung merupakan gundukan tanah yang sangat besar dan menjulang tinggi melebihi besar dan tingginya bukit. Gundukan tanah yang tergolong atau bisa disebut gunung apabila ketinggiannya sudah melebihi 600 mdpl. 

Nah, di Indonesia sendiri diketahui terdapat banyak sekali gunung yang tinggi baik yang berapi maupun tidak. Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, tentu hal ini tidak bisa dipungkiri.

Hingga kini, diketahui jumlah gunung di Indonesia mencapai 103 buah. Gunung-gunung tersebut memiliki tipe bervariasi dan tersebar di Pulau Jawa, Sumatera,Kalimantan, Sulawesi sampai Papua.

Diantara Gunung-gunung tersebut, Puncak Jaya yang berlokasi di Pulau Papua menyandang predikat sebagai 1 gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian Gunung Puncak Jaya mencapai 4.884 mdpl.

Untuk informasi lebih lengkap, berikut kami paparkan gunung tertinggi di Indonesia berikut gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Puncak Jaya

Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi yang ada di Benua Osenia. Ketinggian Puncak Jaya di Papua ini mencapai 4884 mdpl.

Gunung yang berada di Pulau Papua ini juga menjadi salah satu dari 7 Puncak Dunia atau yang disebut Seven Summits.

Sebagai puncak tertinggi, pendakian Gunung Puncak Jaya Mendaki memiliki tantangan tersendiri dan cukup sulit. Salah satu faktornya adalah karena medannya cukup sulit dan tentu membutuhkan banyak waktu uang.

Tantangan yang paling sulit adalah anda harus mendaki dan melewati hutan selama sekitar 7 hari. Namun, saat ini ada alternatif lain selain pendakian yaitu dengan menggunakan helikopter.

Namun jangan tanya keindahan di puncaknya. Anda bisa melihat puncak yang diselimuti salju di atasnya.

Berikutnya, ada Puncak Mandala yang juga berada di Papua yang menyandang predikat gunung tertinggi kedua setelah Puncak Jaya.

Puncak Mandala

Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia. Gunung ini juga terletak di Papua .

Ketinggian Puncak Mandala ini mencapai 4.760 mdpl atau setara 15.617 kaki. Sama seeprti Puncak Jaya, di Puncak Mandal anda juga dapat menemui selimut gletser di pada puncaknya.

Bagi anda yang ingin mendaki puncak ini, bisa dimulai dari desa Bime. Namun, perlu diingat beberapa hal penting tentang pendakian Puncak Mandala.

Beberapa diantaranya adalah anda memerlukan biayanya yang mahal dan lokasinya yang sangat jauh. Selain itu, trek pendakian gunung ini juga tergolong berat.

Masih di Papua, kita beralih kepada gunung tertinggi ketiga di Indonesia yang dijuluki Puncak Trikora. Jika dilihat memang Papua memiliki 3 puncka yang semuanya adalah yang tertinggi di Indonesia.

Puncak Trikora

Gunung yang juga berlokasi di Pulau Papua ini ketinggiannya mencapai 4.750 mdpl. Tak heran jika gunung yang memiliki nama lain Wilhelmina Peak ini menjadi gunung trtinggi ke-3.

Gunung yang juga akrab disapa sebagai Ettiakup ini dulunya bahkan puncaknya dilapisi dengan es. Namun, entah karena global warming kini lapisan terebut telah mencair.

Ngga Pilimsit

Pernahkah anda mendengar nama puncak yang satu ini? Ngga Pilimsit merupakan gunung tertinggi yang juga berada di Papua.

Ketinggian Ngga Pilimsit mencapai 4.717 mdpl. Pada zaman dahulu, Ngga Pilimsit lebih terkenal sebagai Gunung Idenburg dan lokasinya tak jauh dari Puncak Jaya.

Gunung tertinggi keempat di Indonseia ini hanya berjarak sekitar 15 km dari Puncak Jaya. Gunung ini pernah ditaklukan pertama kali oleh Philip Temple dan Heinrich Harrer pada tahun 1962.

Tak jauh dari puncak tertinggi di atas, terdapat Gunung Yamin yang menambah deretan gunung tertinggi di Indonesia. Berikut reviewnya.

Gunung Yamin

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Yamin. Gunung Yamin ini juga berada di Papua.

Gunung Yamin ini berada pada ketinggian 4.595 mdpl dan memiliki luas sekitar 3.947,1 km2. Yang menjadi ciri khas gunung ini yaitu memiliki struktur batuan gamping, klastik dan juga karang glaciated.

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pendakian Gunung Yamin dibutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk mencapai puncaknya. Bagaimana? Tertarik?

Dari Pulau Papua kita berpindah ke Pulau Sumatera. Ya, kali ini kita akan berbicara tentang gunung tertinggi di Sumatera yang sekaligus menjadi tertinggi kelima di Indonesia.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci dinamai Peak of Indrapura. Kerinci ini menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia yang juga masih aktif hingga saat ini.

Letak Gunung Kerinci berada di Bukit Barisan dan dikelilingi hutan lebat sebagai habitat alami hewan asli Sumatera yaitu badak dan Harimau.

Dalam rangka menlindungi kedua spesies endemik tersebut, kawasan Kerinci dan sekitarnya dijadikan sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat.

Di puncak Kerinci, anda akan disuguhi pemandangan luas wilayah Bengkulu, Padang, dan juga Jambi. Tak hanya itu, di atasnya juga terdapat kawah cantik bewarna hijau seluas 400×120 meter dan juga Danau Bento.

Kerinci memiliki banyak nama seperti Gunung Berapi Kurinci, Korinci, Gadang, Kerinchi, dan Puncak Indrapura. Gunung tipe stratovolcano ini terakhir kali meletus di tahun 2009.

Untuk melakukan pendakian gunung Kerinci, jalur yang paling mudah untuk dilalui adalah dari Desa Kersik Tuo.

Setelah Gunung Kerinci, ada Gunung Rinjani yang menduduki posisi gunung tertinggi keenam di Indonesia. Apa saja yang anda tahu tentang Rinjani? Yuk buktikan pengetahuanmu.

Gunung Rinjani

Puncak Rinjani menjadi gunung tertinggi keempat di Indonesia sekaligus gunung tertinggi di NTB (Nusa Tenggara Barat). Selain itu, Gunung Rinjani juga menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Gunung yang terletak di Lombok ini secara administratif berada di 3 kabupaten yaitu Lombok Barat, Timur dan Tengah. Memiliki pemandangan yang sangat cantik menjadikan gunung setinggi 3.762 mdpl ini sebagai salah satu puncak terfavorit untuk pendakian. 

Sama seperti Kerinci, wilayah Rinjani adalah kawasan yang dilindungi. Gunung Rinjani masuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dengan luas 41.330 Ha.

Selain puncaknya, pesona wisata Gunung Rinjani terletak pada Segara Anakan yang ada di ketinggian 2000 mdpl, padang savana dan hutan tropis. Tak hanya itu, saking indahnya gunung ini dijuluki sebagai Gunung Bintang 5 .

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pendakian, jalur pendakian Rinjani yang paling mudah adalah via Senaru.

Dari salah satu spot wisata Lombok, kita akan beralih ke gunung tertinggi di Jawa yaitu Gunung Semeru.

Gunung Semeru

Semeru menjadi gunung tertinggi di Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl dan memiliki puncak bernama Mahameru. Gunung Semeru terletak di Jawa Timur.

Pesona Gunung Semeru tak bisa dipungkiri, bahkan sampai hal ini pun diabadikan dalam sebuah film berjudul 5CM.

Tak hanya mempesona dengan kawah Jonggring Saloko yang ada di puncak, panorama indah lainnya juga sangat menarik untuk dijelajah.

Pesona Gunung Semeru lainnya diantaranya adalah hutan cemara, hutan pinus, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Bukit Edelweis sampai Tanjakan Cinta.

Namun, di balik pesonanya, Gunung Semeru terkenal memiliki track pendakian yang tidak mudah dan tergolong panjang. Untuk rute pendakian termudah yang bisa menjadi alternatif adalah rute Tumpang Malang.

Setelah Semeru, gunung tertinggi berikutnya jatuh pada Gunung Sanggar yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mau tahu informasinya? Yuk lanjutkan menyimak artikel kami.  

Gunung Sanggar

Gunung ini berlokasi di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Lombok. Gunung Sanggar memiliki ketinggian hingga 3.564 mdpl.

Meski sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang cantik, namun masih belum banyak wisatawan melakukan pendakian Gunung Sanggar ini.

Hal tersebut justru membuat gunung yang tak tersentuh ini masih sangat asri. Karena belum terjamah oleh tangan manusia.

Dari Lombok, kita beralih ke Sulawesi yang memiliki gunung dengan predikat salah satu gunung tertinggi di Indonseia. Tepatnya di Gunung Latimojong dengan puncaknya bernama Rante Mario.

Gunung Latimojong

Gunung ini berlokasi di Sulawesi Selatan dengan memiliki ketinggian sekitar 3.478 mdpl. Hingga ini, Gunung Latimojong sangat terkenal dengan nama Bulu  Rantemario.

Nama tersebut dijuluki oleh masyarakat setempat. Latimojong dan puncak Rante Mario ini menjadi wilayah tertinggi di Sulawesi.

Namun, banyak juga yang menyebut bahwa gunung Rantekombola adalah gunung yang tertinggi. Meski begitu, kedua gunung ini sebetulnya masih berada di satu wilayah pegunungan yang sama.

Untuk dapat mencapai gunung ini jika dari Makasar membutuhkan waktu sekitar 10 jam. Bagi yang suka berpetualang,  Latimojong menjadi tempat yang cocok karena mempunyai jalur yang menantang.

Berikutnya, ada Gunung Slamet yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung yang menempati urutan kesepuluh tertinggi di Indonseia ini berada di Jawa Tengah.

Gunung Slamet

Ketinggian Gunung Slamet ini mencapai 3.428 mdpl. Gunung yang menjadi salah satu gunung berapi dan masih aktif ini memiliki keindahan panorama alam yang luar biasa.

Sebagai gunung api, Gunung Slamet sering meletus. Hingga kini tercatat gunung Slamet meletus hingga 42 kali.

Untuk melakukan pendakian Gunung Slamet, jalur alternatif yang bisa dipakai adalah via Bambangan kabupaten Purbalingga. Kawasan ini berada tepat di kaki Gunung Slamet.

Masih di kawasan Jawa Tengah, Gunung Sumbing menduduki posisi gunung tertinggi di Indonesia yang ke-11. Berikut reviewnya.

Gunung Sumbing

Gunung ini berlokasi di Jawa Tengah yaitu di 3 kabupaten yang meliputi Temanggung, Wonosobo, dan Magelang. Ketinggian Gunung Sumbing mencapai 3.371 mdpl.

Gunung Sumbing termasuk salah satu gunung berapi dan kawahnya masih aktif hingga saat ini. Di sekeliling gunung ini merupakan sebuah kawasan hutan yang bermacam-macam.

Gunung Sumbing juga menjadi salah satu puncak yang dijadikan tempat mendaki.  Rute pendakiannya sendiri memiliki tiga jalur, yaitu Cepit Parakan, Bogowongso, dan Desa Garung.

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Yaramamafamaka. Informasi menarik apa yang bisa lihat dari gunung ini? Ini dia infonya.

Gunung Yaramamafamaka

Pernahkah anda mendengar nama gunung ini? Gunung Yaramamafamaka terletak di Papua dan memiliki ketinggian 3.370 mdpl.

Lokasinya berada tidak jauh dari gunung-gunung tertinggi lainnya yang juga berada di Papua seperti Gunung Mandala, dll.  

Gunung Raung

Jika ada Gunung Sumbing yang berada di Jawa Tengah, gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Raung yang ada di Jawa Timur.

Gunung Raung meliputi tiga kawasan di Jawa timur, yaitu Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Ketinggian Gunung Raung ini mencapai 3.344 mdpl.

Uniknya, Gunung Raung memiliki kaldera kering yang menjadi kaldera tertinggi nomor 2 di Indonesia.

Tentang pendakian Gunung Raung, ada dua jalur alternatif yang bisa digunakan. Kedua jalur pendakian tersebut adalah jalur Kalibaru dan Sumber Waringin.

Masih di daerah Jawa Timur, berikutnya terdapat Gunung Lawu yang sangat populer menjadi tempat pendakian. Penasaran tentang Gunung Lawu? Berikut ulasannya.

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung bertipe strato. Arjuno terletak di Provinsi Jawa Timur.

Ketinggian Gunung Arjuno ini mencapai 3.339 mdpl ini mempunyai banyak kisah sejarah. Kabarnya, dahulu gunung ini kerap digunakan sebagai lokasi pemujaan sejak dari zaman Majapahit.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peninggalan dari Kerajaan Majapahit seperti arca dan candi. Peninggalan bersejarah tersebut pun banyak tersebar di sepanjang jalur pendakian Gunung Arjuno.

Dari Jawa Timur, kita berpindah sedikit ke Jawa Tengah. Ada Gunung lawu yang menjadi salah satu spot pendakian favorit.

Gunung Lawu

Gunung Lawu di Pulau Jawa ini meliputi 2 tempat, yaitu kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Lawu ini mencapai 3.265 mdpl. 

Gunung yang menjadi salah satu spot favorit para pendaki ini memiliki dua jalur alternatif utama. Kedua jalur pendakian tersebut adalah jalur Cemoro Sewu dan jalur barat lewat Cemoro Kandang.

Pesona gunung ini terletak pada puncaknya yang sangat indah. Gunung Lawu terkenal memiliki tiga puncak utama: Hargo Dalem, Hargo Dumiling serta Hargo Dumilah.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, konon ketiga puncak tersebut menjadi tempat yang sakral dan dianggap suci.

Berikutnya ada gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Gunung apakah itu?

Gunung Dempo

Jika anda tahu tentang wisata Palembang, mungkin anda pernah mendengar nama Gunung Dempo. Meski sebetulnya Gunung Dempo ini terletak di antara dua provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Ketinggian Gunung Dempo mencapai 3.173 mdpl dan bertipe stratovolcano. Pendakian Gunung Dempo hingga puncak biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Jika anda pendaki mungkin pernah mendengar sedikit tentang Gunung Sindoro ini. Nah, lebih lengkap informasinya di sini.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah gunung berapi yang berlokasi di Jawa Tengah. Kabarnya, Gunung Sindoro ini pernah meletus di tahun 1971.

Ketinggian Gunung Sindoro ini mencapai 3.150 mdpl. Yang menarik dari gunung ini adalah di sebelah selatan terdapat sebuah kawah sekaligus jurang.

Gunung Sindoro ini juga memiliki banyak kawah, yang terbesar dinamai Kawah Kembang.

Pendakian Gunung Sindoro bisa menggunakan banyak jalur seperti via Magelang, via Banjarnegara, via Candiroto dan via Purworejo.

Masih di Jawa Tengah, ada Gunung Merbabu yang juga menjadi spot pendakian yang cukup terkenal di Indonesia terutama Pulau Jawa.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl dan terletak di 4 kabupaten yang berbeda, yaitu Boyolali, Magelang, Salatiga dan Semarang. 

Yang satu ini merupakan jenis gunung berapi atau stratovolcano yang hingga kini masih aktif. Penamaan dari nama Merbabu sendiri memiliki filosofi yang menarik dari kata Mer (gunung) dan Abu (abu-abu).

Jalur pendakian gunung ini bermacam-macam yiatu via Kopeng, Welas, Chuntel, Thekelan, dan Kopeng. Banyak yang menganggap bahwa Gunung Merbabu adalah tempat yang sakral dan suci.

Meski begitu Gunung Merbabu juga menjadi pendakian favorit bagi banyak pendaki di Indonesia. Namun perlu diingat bahwa pendakian gunung ini memiliki banyak tantangan.

Diantaranya adalah minimnya sumber air, udara dingin, dan kabut yang tebal. Tak hanya itu, anda juga harus melewati hutan yang sangat sampai ke puncaknya.

Jika anda pernah mengunjungi daerah Kuningan, tentu tak asing dengan Gunung Ciremai. Gunung bertipe stratovolcano ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai terletak di Jawa Barat yang meliputi dua kabupaten yaitu Kuningan dan Majalengka. Ketinggian Gunung Ciremai ini mencapai 3.084 mdpl dengan ciri khasnya gunung api aktif dan berbentuk kerucut.

Uniknya lagi, Gunung Ciremai memiliki kawah ganda yang berada di bagian atasnya. Kawah di sebelah timur luasnya selebar 400 meter, sedangkan kawah barat seluas 600 meter.

Jalur pendakian Gunung Ciremai yang menjadi favorit adalah jalur Palutungan. Bagi anda yang ingin mendaki gunung ini harus mendaftar terlebih dahulu di kantor Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Welirang

Gunung Welirang ini terletak di Jawa Timur. Ketinggian Gunung Welirang adalah 3.156 mdpl sehingga tak heran jika gunung ini termasuk gunung tertinggi di Indonesia.

Salah satu yang menjadi ciri khas Gunung Welirang adalah gunung ini menghasilkan belerang. Saking banyaknya, belerang tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk dijual.

Gunung Argopuro

Siapa sangka Jawa Timur juga memilii banyak gunung yang termasuk dalam saftar tertinggi di Indonesia. Salah satunya adala Gunung Argopuro yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Gunung Argipuro memiliki ketinggian mencapai 3.088 mdpl. Puncak yang sangat terkenal yang ada di gunung ini dinamakan puncak Rengganis dan puncak Argopuro.

Untuk mendaki gunung terdapat dua jalur pendakian yaitu jalur Bremi dan juga jalur Baderan. Kedua jalur tersebut menjadi jalur utama pendakian Gunung Argopuro.

Bagaimana dengan Bali? Adakah gunung yang masuk deretan gunung tertinggi di Indonesia? Berikut informasinya.

Gunung Agung

Jadi, berapa ketinggian Gunung Agung ini? Sehingga menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian Gunung Agung mencapai 3.031 mdpl dan berlokasi di Rendang, Karangasem, Bali.

Gunung ini bertipe stratovolkano atau gunung berapi. Bagi anda penggila pemandangan puncak gunung, Gunung Agung menjadi alternatif terbaik karena menyuguhkan puncak Gunung Rinjani.

Untuk dapat mencapai puncak Agung, ada 3 jalur yang bisa dilalui. Ketiga jalur tersebut adalah jalur Pura Sar Agung, Pura Besakih dan Budakeling.

Gunung Binaiya

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Binaiya yang berada di Pulau Seram Ambon. Ketinggian Gunung Binaiya ini 3.027 mdpl dengan kedua puncaknya masing-masing setinggi 3.019 mdpl dan 3.011 mdpl.

Gunung Binaiya ini juga berada di Taman Nasional Manusela yang memiliki curah hujan yang tinggi. Meskipun cantik, namun anda perlu perjuangan ekstra untuk melakukan pendakian gunung ini.

Bukan karena medan yang sangat sulit, tetapi karena akses untuk mencapai lokasi gunung sendiri tidak mudah. Anda harus menyebrang ke Pulau Seram dengan Feri yang hanya beroperasi dua kali seminggu.  

Kali ini, kita aka membahas sedikit mengenai gunung yang ada di Pulau Kalimantan. Siapa bilang Kalimantan tidak memiliki gunung? Berikut ada Gunung Bukit Raya.

Gunung Bukit Raya

Gunung yang berada di Kalimantan memiliki ketinggian mencapai 2.278 mdpl. Puncak gunung ini juga berada di Taman Nasional BUKIT Baka – Bukit Raya dengan nama Puncak Kakam.

Taman nasional yang satu ini memang sengaja digunakan sebagai daerah konservasi. Menariknya, Bukit Raya ini termasuk dari rangkaian 7 Summits of Indonesia atau gunung tertinggi di Indonesia.

Namun sayang, jalur pendakian Gunung Bukit Raya ini cukup sulit dan membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Bahkan, Gunung Bukit Raya menjadi gunung yang jarang didaki dan termahal setelah Cartenzs Pyramid di Papua. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang terpencil dan memerlukan biaya yang banyak.

Itu tadi ke-26 gunung tertinggi di Indonesia yang tersebar di seluruh Pulau yang ada di nusantara. Gunung yang mana yang sudah anda taklukan?

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.