Mengenal lebih Dekat Sejarah Kretek di Indonesia “House of Sampoerna”

Diposting pada
House Of Sampoerna

Tidak hanya terkenal dengan kemegahan masjid agung sunan ampel Surabaya, Kota Pahlawan ini juga memiliki wisata gedung bergaya Belanda yakni House of Sampoerna. Ya. Musuem kretek Indonesia ini terletak tepatnya di Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Konsep arsitektur yang melekat pada bangunan ini bergaya kolonial Belanda. Terdapat empat pilar besar menyangga bagian gedung utama. Bangunan megah dan klasik ini diketahui dibangun sekitar tahun 1858.

House of Sampoerna

Pada awalnya dibangun sebagai panti asuhan putra dibawah pengelolaan Belanda. Setelah beberapa tahun, pendiri Samporna bernama Liem Seeng Tee membelinya pada tahun 1932.

Sejak itu bangunan ini digunakan sebagai tempat pertama produksi rokoknya. Sekarang gedung ini masih digunakan sebagai rumah produksi merk rokok terkenal di Indonesia, yakni Dji Sam Soe.

Pada tahun 2003, area utama gedung ini dibangun kembali dan direnovasi dan mulai dibuka untuk umum. Sampai sekarang, gedung ini dijadikan situs bersejarah sekaligus objek wisata yang terus dilestarikan.

Spot Wisata di House Of Sampoerna

Karena sengaja dibuka untuk umum dan menjadi museum, terdapat banyak spot wisata yang ditawarkan. Mulai arsitektur house of sampoerna yang bergaya klasik ala Belanda. Sampai bagian-bagian yang terdapat di dalamnya.

Di bagian auditorium sentral dijadikan museum. Sementara di bagian timur gedung ini terdapat ruangan kafe, galeri seni dan kios merchandise. Di sisi barat gedung ini sampai sekarang masih dibgunakan sebagai tempat tinggal keluarga pendirinya.

House Of Sampoerna

Museum house of sampoerna surabaya menawarkan sejumlah pengalaman unik. Banyak pula pengetahuan yang bisa didapat.

Mulai dari cerita keluarga pendiri pabrik rokok tersebut hingga melihat langsung proses penggulungan rokok manual. Penasaran apa saja kegiatan yang bisa anda lakukan di sini?

Aktivitas yang Direkomendasikan

Hal pertama yang wajib anda lakukan di sini adalah mengetahui sejarah kretek Indonesia. Karena masih digunakan sebagai pabrik rokok, anda bisa langsung belajar dan melihat proses pembuatan kretek dari dekat.

Untuk sekedar melihat-lihat pameran berbagai produk kretek seperti cengkeh, deretan foto, dll bisa dilakukan di lantai satu gedung ini.

Jika anda ingin melihat langsung proses pembuatannya, anda bisa naik ke lantai dua. Di sana anda bisa melihat proses pembuatan rokok di balik kaca transparan.

Kedua, di sini anda juga bisa berkeliling kota Surabaya Gratis. Ya. Ada agenda harian objek wisata ini mengajak pengunjungnya untuk berkeliling kota gratis dengan bus khusus. Acara tersebut diberi tema Surabaya Heritage Track.     

Selanjutnya, anda bisa menikmati kafe yang tersedia. Kafe ini berada tepat di samping Art Galery. Di sini anda bisa meneguk kopi sembari bersantai. Tersedia beraneka jenis kopi mulai dari harga Rp 35.000.

Tidak hanya minuman, ada juga menu makanan seperti sosis, sandwhich, dan anekan masakan baik nasional maupun internasional. Harga makanan di sini bearad di kisaran Rp 70.000. Jika beruntung anda pun bisa menikmati live music performance di sini.

Apa anda hobi shopping? Nah, hobi anda pun akan tersalurkan di sini. Di lantai dua terdapat tempat jualan aneka suvenir. Ada juga oleh-oleh khas Surabaya. Selain itu terdapat beraneka souvenir lucu mulai dari miniatur kayu, kain batik, kalung, gelang, tas, hingga.  

House Of Sampoerna

Jika anda seorang fotogenic, House of Sampoerna adalah pilihan yang tepat. Di sini anda bsia menambah koleksi foto dengan background yang antimainstream.

Terdapat sejumlah spot foto yang benar-bebnar instagenic. Salah satunya adalah kolam ikan yang terletak di ruangan pertama. Anda akan mendapati spot ini ketika melawati pintu masuknya.

Selain itu, nuansa klasik dan bergaya ala Eropa Belanda juga menjadi daya tarik tersendiri. Tidak semua tempat memiliki dekorasi yang unik seperti di sini.

Terlebih lagi jika anda ke kafenya. Dekorasi ruangan kafe yang memadukan kaca timah dan panel dari kayu jati ukir benar-benar unik dan menarik. Dengan begitu uniknya bangunan ini, banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto.

Jika kurang puas, anda bisa memanfaatkan galeri seni di sini untuk berfoto. Di sini selain anda bisa menikmati hasil karya seniman Indonesia.

Anda juga bisa mengabadikan karya tersebut dalam sebuah foto. Namun sayangnya, karya seni ini tidak diperjualbelikan melainkan hanya untuk pameran.

Fasilitas yang Tersedia

Tersedia banyak fasilitas untuk anda nikmati di sini. Selain fasilitas umum seperti toilet dan lahan parkir. Terdapat museum, toko, kafe, dan juga galeri seni. Toko-toko yang tersedia tidak hanya menjual oleh-oleh saja. Tetapi juga aneka jenis kerajinan.

Lokasi Wisata

Letak house of sampoerna di surabaya berada di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, kode pos 60163. Lokasi museum ini berada tepat di pinggir ruas jalan utama.

Rute tercepat untuk sampai ke sini adalah melalui gang di sebelah Plaza Jembatan Merah. Setelah itu ikuti petunjuk arahnya. Jika anda melaui jala utama, dibutuhkan waktu untuk memutar sekitar 20 menitan.

Jam Operasional

House Of Sampoerna

Apa anda ingin berkunjung ke sini? Jangan lupa ya museum ini buka setiap hari yakni mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

Untuk dapat berkeliling di museum ini tidak ada biaya khusus yang dikenakan alias gratis. Namun, anda harus menunjukkan KTP sebagai syarat masuknya. Karena peraturan di sini hanya membolehkan pengunjung yang membawa KTP.

Baca Juga: Kota Salju Terbesar Jawa Timur, Malang Snow Paradise

Mengasyikkan bukan? Yuk kapan lagi bisa main ke rumah bergaya klasik dengan ratusan koleksi unik di dalamnya? Segera agendakan liburan anda ke House of Sampoerna. Jangan lupa mampir juga ke wisata dekat house of sampoerna.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.