Berfoto di Tangan Dewa yang Instagenic, Hutan Pinus Pengger

Diposting pada
Hutan Pinus Pengger

Belakangan ini Dlingo menjadi primadona bagi wisatawan Jogja, salah satu objek wisata yang tengah hits di sana adalah Hutan Pinus Pengger. Kawasan Dlingo memang tempat yang cocok bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam.

Kisaran Harga TiketRp 2.000 – Rp 20.000
Koleksi Foto@pinuspengger
Jam Buka06:30 – 23:00 WIB
WilayahKota Jogja

Sementara Hutan Pinus Pengger Bantul bukan sebuah wisata yang baru dan satu-satunya. Masih ada beberapa spot wisata yang terdapat di  kawasan ini. Diantaranya Bukit Panguk Kediwung, Puncak Pinus Becici, Air Terjun Lepo, Jurang Tembelan, dan masih banyak lagi.

Namun, jika ingin berburu spot foto selfi yang instagenic, hutan pinus di sini adalah alternatif yang tepat. Saat ini pun sedang viral foto-foto para wisatawan yang eksis dengan background pohon pinus yang menjulang tinggi. Biar tidak makin penasaran, yuk ikut jalan-jalan bersama kami.

Hutan Pinus Pengger Jogja

Hutan pinus ini merupakan objek wisata alam yang sudah tersentuh oleh tangan-tangan kreatif seniman Jogja. Sehingga tidak heran menjadi wisata yang instagramable namun tetap bertemakan alam.

Lokasinya yang masih asri, yakni di daerah Bantul menambah suasana liburan di sini menjadi semakin menyenangkan.

Pesona yang ditawarkan pun tidak tanggung. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sini baik di siang maupun malam hari. Di siang hari, tampak kawasan ini dikelilingi oleh pepohonan pinus yang hijau dan menjulang tinggi.

Hutan Pinus Pengger

Serta ada banyak spot foto unik yang akan menemani aktivitas selfie anda. Di malam harinya, view gemerlap lampu akan memesona anda.  

Aktivitas dan Fasilitas

Daya tarik utama wisata ini adalah hutan pinusnya. Namun, ada yang berbeda dan unik di sini yaitu sentuhan seninya. Anda akan temukan berbagai instalasi seni dengan bentuk beragam. Instalasi tersebut kebanyakan terbuat dari ranting pohon yang sudah kering.

Terdapat beberapa bentuk instalasi yang bisa dimanfaatkan sebagai spot foto. Salah satu yang paling iconic adalah instalasi berupa tangan dewa atau tangan raksasa. Selain bentuknya yang unik, latar panorama kota Jogja sangat memesona.

Terlebih saat malam hari, kelap kelip lampu cantik kota bak kunang-kunang yang beterbangan di belakang anda. Di ujung jari tangan raksasa ini akan menyala dan menambah keindahan latar foto anda.  Sangat pas untuk koleksi foto instagram anda!

Berbagai bentuk instalasi lain yang bisa anda temukan di hutan pinus ini adalah sangkar burung, sapu raksasa. Ada juga sebuah bentuk menyerupai gapura (setengah lingkaran).

Jangan salah, selain bentuk yang unik terdapat makna berbeda di balik bentuk tersebut. Sehingga, hal ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung hutan pinus.

Hutan Pinus Pengger

Selain instalasi seni, ada juga sebuah gardu pandang sebagai tempat menikmati indahnya view perbukitan dan panorama Kota Yogyakarta. Di sini anda bisa menyewa fasiliats hammock.

Hammock merupakan tempat tidur gantung. Cara menggunakannya adalah dengan diikatkan pada dua pohon pinus. Dengan Hammock anda bisa menikmati suasana hutan pinus yang sejuk.

Bagi anda yang ingin kegiatan yang lebih menantang. Anda bisa menyewa beberapa hammock bersama teman-teman dan menyusunnya secara bertingkat.

Jadi akan berbentuk sebuah hammock tower. Semkain banyak hammock yang anda susun akan semakin tinggi pula towernya. Asik bukan?

Seperti yang telah dijelaskan, Hutan Pinus Pengger sering dikunjungi wisatawan sejak pagi hingga malam. Nah, di sini anda juga bisa menikmati sunset indah di sore hari. Di gardu pandang anda bisa puas menikmati matahari terbenam tanpa ada penghalang view anda.

Di malam harinya, anda bisa menikmati pemandangan lampu kota Jogja dari kejauhan. Akan terlihat kelap kelip seperti bintang bertaburan di hadapan anda. Saat malam hari pun rekomended untuk berfoto.

Hutan Pinus Pengger

Bagi anda yang tidak ingin kecewa dengan hasil jepretan yang kurang aps, jangan khawatir. Tersedia jasa foto bagi wisatawan yang tidak membawa kamera. Atua bagi mereka yang ingin hasil fotonya bagus dan memuaskan

Bagaimana dengan fasilitas Hutan Pinus Pengger? Fasilitas di sini sudah sangat memadai. Diantaranya yang bisa anda nikmati di sini adalah spot selfie/foto, area camping, dan mushola.

Ada juga fasilitas lain yang bisa dinikmati yaitu ayunan, warung/kedai, gazebo/gardu pandang, dan toilet. Tersedia area parkir kendaraan yang cukup luas.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Letak Hutan Pinus Pengger berada di Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta

. Jaraknya dari pusat kota Jogja ke tempat ini kira-kira 21 Km. Untuk  waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Untuk kondisi jalan menuju ke lokasi sudah lumayan baik. Akses jalannya dapat di lalui berbagai macam kendaraan. Baik kendaraan roda dua maupun empat.

Namun anda tetap harus berhati hati karena kondisi jalannya yang naik dan berkelok. Terlebih saat hujan, jalanan di sini akakn licin.  

Mengenai rute wisata hutan pinus ini dapat melewati beberapa jalur. Diantaranya melalui Jl. Wonosari atau Jl. Pleret – Pathuk. Terakhir, anda pun bisa melewati Jl. Dlingo-Patuk atua Jl. Pleret-Patuk.

Harga Tiket Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Untuk masuk ke lokasi wisata, tiket Hutan Pinus Pengger Yogyakarta adalah Rp. 7.000. Sementara biaya parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 untuk motor.

Sedangkan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan bus besar sebesar Rp 20.000. Jika anda ingin menyewa jasa foto, setiap sebuah foto biayanya kurang lebih Rp. 15.000.

Jam Operasional Pinus Pengger

Wisata hutan pinus di daerah Bantul ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 24.00 WIB. Ya. Wisata ini buka setiap hari 24 jam. Jadi, anda bebas mengunjungi kawasan ini dan puas mengeksplor isinya kapan saja.

Jadi, yakin tidak ingin menambah koleksi foto keren anda di instagram? Kalau ke Jogja, pastikan anda tidak melewatkan kunjungan ke Hutan Pinus Pengger ya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.