5 Hal Penting Sebelum Backpacker ke Karimun Jawa Island

Diposting pada

Siapa yang tak kenal Karimun Jawa? Salah satu wisata andalan Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Jepara ini sudah terkenal se-nusantara.

Pasalnya kepulauan di ujung Jawa ini menawarkan sejuta pesona yang tak bisa dibantahkan. Pulau ini bahkan mendapatkan predikat sebagai Taman Nasional pada bulan Maret 2001.

Sayangnya, meskipun memiliki pesona yang dapat menarik wisatawan, untuk berwisata ke tempat ini terbilang cukup rumit.

Hal ini sangat wajar karena akses menuju ke Karimunjawa tidak semudah wisata pantai lainnya melainkan di tempuh dengan menggunakan kapal fery. Namun demikian, kamu tak perlu khawatir lagi, berikut akan kami sajikan serba serbi dan tips liburan ke karimun jawa island.

Karimun Jawa: The Caribbean van Java

Kamu yakin sudah mantap mau backpacker Karimun Jawa sendiri? Sebelum berangkat ke destinasi wisata ini, mending baca dulu beberapa review di artikel Karimun Jawa berikut.

Kami akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih banyak hal di Karimun Jawa, baik dari segi lokasi, wisata sampai tips untuk ke sana. Tak hanya itu, kamu bakal tahu hal-hal unik yang menjadi andalan wisata ini.

Dekripsi Singkat Karimun Jawa

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang berada sekitar 83 km utara Jepara Provinsi Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa ini memiliki 27 gugusan pulau namun hanya lima pulau yang berpenghuni.

Kepulauan Karimunjawa sangat indah bak surga. Tempat ini memiliki air yang jernih dengan pantai-pantai berpasir putih yang sangat menarik minat wisatawan.

Ditambah berlimpahnya spesies hewan laut serta sejumlah hewan langka yang hidup di pulau ini. Dengan pesona keindahan bahari serta alam Karimunjawa, kepulauan ini sampai mendapat julukan yaitu Pulau Liburan, Caribbean van Java dan Paradise of Java.

Sehingga tak heran jika Karimunjawa menjadi destinasi wisata yang eksotis serta menarik minat banyak wisatawan. Lebih dari itu, Karimun Jawa juga memiliki banyak hal istimewa yang wajib kamu ketahui.

Ada apa di Karimun Jawa? Ini dia review tentang pesona salah satu wisata Jepara Jawa Tengah.

Pesona Wisata Karimun Jawa

Keistimewaan wisata Karimun Jawa Jepara, salah satunya adalah pantai berpasir putih nan lembut dengan pesona alam bawah laut yang luar biasa. Pasalnya, Karimun Jawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan pantai, hutan bakau, serta ratusan spesies fauna laut.

Bahkan, ada lebih dari 200 jenis diantara ragam faunanya adalah jenis ikan hias. Kepulauan ini juga menjadi rumah bagi sejumlah hewan langka yaitu penyu sisik, penyu hijau dan Elang Laut Dada Putih.

Lebih dari itu, keistimewaan Karimun Jawa lainnya terletak pada keberadaan tumbuhan Dewandaru. Tahukah kamu tanaman Dewandaru ini hanya terdapat di kepulauan Karimun Jawa dan tak bisa kamu temukan di tempat lain.

Namun sayangnya, tumbuhan langka ini sangat dilindungi sehingga tak ada seorangpun diizinkan memetik dan membawa pulang. Bahkan, konon ada cerita rakyat jika kamu melanggar hal tersebut maka kapal yang kamu tumpangi akan tenggelam.

Who knows? Yang jelas, kamu memang perlu untuk turut berkontribusi melindungi kekayaan bangsa dengan tidak melanggar aturan apapun saat berkunjung ke tempat wisata manapun ya.

Lokasi Karimun Jawa

Apakah kamu belum tahu pasti mengenai lokasi Karimun Jawa peta? Kepulauan Karimunjawa terletak di tengah laut Jawa, tepatnya berada di sekitar 83 kilometer utara Jepara.

Bagaimana transportasi ke Karimun Jawa 2018? Cara ke Karimun Jawa bisa dengan menggunakan kapal dari Semarang ataupun Jepara. Terdapat dua pilihan kapal untuk menuju kepulauan ini yaitu kapal ekonomi dan kapal cepat.

Kapal cepat biasanya berangkat hanya seminggu sekali yakni dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Untuk jadwalnya adalah setiap Sabtu dan akan kembali setiap Minggu siang dengan durasi perjalanan selama 2-3 jam.

Sementara untuk kapal ekonomi, jadwal keberangkatannya adalah setiap dua hari sekali yakni dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara dan memiliki durasi sekitar 6 jam.

Namun perlu diingat bahwa pelayaran selalu tergantung dengan cuaca serta ombak laut Jawa. Saat ombak dan cuaca tidak mendukung, pihak perhubungan biasanya akan dapat menunda atau bahkan membatalkan pelayaran.

Bagi kamu yang tidak ingin berlama –lama dalam perjalanan, akses menuju Karimun Jawa bisa dengan pesawat gerbang. Untuk menggunakan moda pesawat, kamu bisa berangkat dari bandara Ahmad Yani Semarang dan menuju bandara Dewa Daru yang ada di pulau Kemujan.

Berbeda dengan durasi perjalanan kapal, dengan moda pesawat hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Diantara kedua alternatif transportasi tersebut, kapal justru menjadi pilihan utama bagi kalangan wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan perjalanan dengan kapal dianggap lebih menantang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati keindahan laut saat naik kapal.

Agar lebih jelas, silakan cek lebih lanjut mengenai transportasi Karimunjawa 2018. Berikutnya mari kita bahas tentang aktivitas wisata Karimun Jawa.

Aktivitas Wisata Karimun Jawa

Kalau disuruh memilih, kamu pilih mana sobat? Karimun Jawa atau Bali? Sebelum menentukan pilihan, mending lihat dulu aktivitas menarik apa saja yang bisa kamu lakukan di Karimun Jawa berikut ini.

Tujuan utama orang datang ke Karimun Jawa lebih sering untuk menikmati keindahan pantai, laut serta baharinya.

Banyak pengunjung memanfaatkan momen liburan dengan mengisi melalui kegiatan memancing, berenang, snorkeling, scuba diving, bahkan hanya melihat sunset.

Namun tak tahukah kamu kalau masih ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau ini? Selain ada pantai yang indah dan view bawah laut, masih banyak spot wisata di kepulaun ini.

Diantara pariwisata di Karimun Jawa adalah Pantai Batu Karang Pengantin, Legon Lele, Pulau Barakuda, Alun-alun Karimunjawa. Ada pula Karimunjawa Culinary Centre, Pulau Nirwana, Pantai Ujung Gelam, dan masih banyak lagi.

Berikut aktivitas seru yang patut kamu coba saat ke Karimun Jawa.

Island Hopping Karimun Jawa

Kalau berenang sudah biasa, kamu harus mencoba liburan menantang yang satu ini, yaitu Island Hopping. Island Hopping bisa jadi cara asyik menikmati liburan sambil mengelilingi beberapa pulau di tempat ini.

Apakah Island Hopping? Aktivitas ini adalah melompat dari satu pulau ke pulau lain dengan menggunakan kapal. Biasanya saat liburan kamu akan dbawa touring ke beberapa pulau terfavorit.

Beberapa pulau favorit di Karimun Jawa adalah sebagai berikut:

  • Pulau Menjangan Besar pulau tempat penangkaran ikan hiu.
  • Pulau Menjangan Kecil yang memiliki spot terbaik untuk snorkeling dan ayunan untuk berfoto.
  • Pulau Cemara Besar yang memiliki hamparan pasir putih cukup luas saat air laut surut.
  • Pulau Cemara Kecil digunakan untuk lokasi makan siang.
  • Pulau Gosong Seloka yang memiliki pesona pantai berpasir putih.
  • Pulai Cilik yakni sebuah pulau yang memilki spot skorkeling dimana kamu bisa foto-foto bersama ikan yang lucu.
  • Pulau Tengah adalah pulau yang digunakan sebagai alternatif lokasi makan siang apabila sedang melakukan kunjungan pulau-pulau timur Karimunjawa.

Saat mengunjungi pulau tersebut, kamu bisa membuat liburanmu lebih seru dengan Island Hopping. Pulau mana yang menjadi spot favorit kamu sobat?

Snorkeling di Alam Bawah Laut yang Memesona

Aktivitas selanjutnya yang wajib banget kamu coba tentunya adalah snorkeling. Yups, sayang jika ke Karimun Jawa tanpa mengeksplore keindahan bawah lautnya.

Kamu bisa melakukan snorkeling sambil Island Hopping tadi lho. Karena biasanya selain bersandar di pukau-pulau, nahkoda kapal juga akan membawamu ke spot bagus untuk snorkeling.

Tak perlu khawatir bagi kamu yang tak bisa berenang sobat, kamu bisa memakai pelampung dan juga sepatu katak. Dengan begitu, kamu bisa tetap snorkeling menikmati indahnya terumbu karang bersama ikan-ikan warna warni. Luar biasa menyenangkan sobat!

Menantang Adrenalin Bersama Ikan Hiu: Pulau Menjangan Besar

Selain bisa seru-seruan bersama ikan kecil yang ramah dan lucu, kamu juga bisa berenang bareng ikan hiu lho! Bagaimana? Berani nggak sobat?

Aktivitas berbahaya ini bisa kamu lakukan saat berada di pulau Menjangan Besar. Namun perlu diingat kalau yang satu ini memang berbahaya dan sedikit bertentangan dengan konservasi.

Bagaimana tidak, ikan hiu merupakan hewan liar (predator) yang memiliki insting memangsa ketika mereka terancam, stress, dan mencium aroma darah.

Terlebih saat ketika ada banyak orang datang bertubi-tubi tiap harinya besar kemungkinan akan membuat hiu- hiu tersebut akan stress. Aktivitas ini memang cukup menarik, tapi berbahaya dan kurang baik untuk hiu itu sendiri.

Tetapi semua keputusan ada di tanganmu sobat, kalau kamu mau mencoba hal unik dan menantang ini tentu kamu bakal mendapat pengalaman plus foto kece yang tak semua orang punya. Bagaimana?

Menyaksikan Ikan Lumba-Lumba

Tak hanya ikan hiu, kamu juga bisa melihat gerombolan ikan lumba-lumba lho di Karimun Jawa. Jadi nggak Cuma di Pantai Lovina Bali atau Teluk Kiluan Lampung saja, Karimun Jawa juga memiliki spot untuk melihat hewan cerdas ini.

Di beberapa pulau di Karimun Jawa, kamu bisa melihat hewan ini berenang bersama kawanannya jika beruntung.

Namun, tidak pasti dimana kamu bisa melihat hewan-hewan tersebut, mereka bisa muncul di kawasan dekat pulau mana saja di Karimun Jawa. Misalnya seperti di sekitar Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil.

Hammocking di Tepi Pantai

Dengan suasana tenang, sejuk dan pemandangan indah, sayang jika kamu nggak menikmatinya dengan bersantai. Yups, hammocking bisa jadi alternatif aktivitasmu mengisi liburan di sini.

Namun kamu perlu membawa hammock sendiri, karena kemungkinan kecil ada penyewaan hammock di pulau ini.

Untuk dapat ber-hammock ria, kamu tinggal memasang hammock tersebut di pohon yang ada tepi pantai sambil menunggu rombongan lainnya. Namun kamu perlu hati-hati lho ya, jangan sampai ketinggalan rombonganmu.  

Berburu Sunset Terbaik Karimunjawa

Wisata pantai tak jauh-jauh dong ya dari berburu sunset. Terlebih karena Karimun Jawa memiliki spot melihat sunset yang sangat indah.

Beberapa tempat terbaik untuk berburu sunset di Karimun Jawa Jepara adalah Pantai Ujung Gelam atau Tanjung Gelam dan Pelabuhan Baru Karimunjawa. Sementara tempat lainnya adalah Pelabuhan Rakyat Karimunjawa dan gardu pandang Tracking Hutan Mangrove.

Usahakan jangan lewatkan aktivitas ini saat berlibur ya sobat. Pastikan kamu bisa mendapatkan sunset terbaik untuk momen pelengkap pengalaman ke Karimun Jawa.  

Trekking di Hutan Mangrove

Tak hanya bermain di pantai dan menjelajah laut sekitar pantainya,wisata Karimun Jawa juga memiliki spot untuk menjelajah hutan mangrove.

Hutan mangrove atau hutan bakau di Karimun ini cukup luas dan lumayan bagus untuk dijalajah meskipun tak seluas yang ada di Kalimantan.

Selain menyusuri hutan bakau, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang flora dan fauna yang terdapat di hutan bakau ini. Karena terdapat papan informasi dan poster-poster tentang edukasi flora dan faunsa tersebut yang dipasang di sekitaran hutan.

Setelah puas menjelajah hutan dan bukit di Karimun Jawa, kamu akan menemukan sebuah gardu pandang untuk melihat sunset terbaik di Karimunjawa.

Menjelajah Karimun Jawa dengan Sampan

Bosan dengan aktivitas yang biasa saja? Kamu bisa mencoba kegiatan yang satu ini nih sobat. Ya, menjelajah dengan sampan.

Tak hanya seru dan menyenangkan, kamu juga bisa melatih keseimbanganmu dalam menggunakan sampan. Namun jangan takut kalau sampannya akan terbalik ya. Sampan atau jungkung di Karimun Jawa ini didesain khusus dengan memiliki penyeimbang di dua sisinya.

Bayangkan bagaimana keseruannya sobat? Apalagi kalau mendayung sampannya dengan pasangan, tentu romantis sekali ya!

Scuba Diving Karimun Jawa

Salah satu pesona Karimun Jawa adalah pemandangan alam bawah lautnya. Bagi kamu yang mempunyai sertifikat selam, kamu wajib mencoba diving di beberapa spot penyelaman menarik.

Spot-spot tersebut adalah di Indonor atau kapal karam, Pulai Sintok, Pulau Menyawakan dan lokasi lainnya. Pastikan aktivitas divingmu dilakukan pada saat yang tepat dengan cuaca bagus sehingga kamu mendapati visibility yang bagus pula.

Namun bagi kamu yang tak mempunyai sertifikat menyelam, sayang sekali kamu tak diperbolehkan melakukan diving di Karimun Jawa. Karena sudah menjadi peraturan untuk menyelam harus memiliki sertifikat tersebut.

Berburu Ikan Ala Spearfishing

Kalau memancing sudah dirasa membosankan, kamu bisa mencoba aktivitas spearfishing ini sobat. Aktivitas menembak ikan menggunakan teknik spearfishing cukup seru dan legal serta ramah lingkungan.

Namun, kamu juga harus memiliki skill dalam berenang dan freedive. Selain itu, kamu juga harus didampingi oleh profesional atau yang cukup berpengalaman.

Hal ini perlu dilakukan agar aktivitasmu aman, nyaman tanpa merusak lingkungan dan habitat terumbu karang yang ada di Karimunjawa.

Camping di Pulau Karimun Jawa

Apakah kamu berniat untuk menjadi backpacker ke Karimun Jawa? Nah, kalau begitu kamu perlu mencoba aktivitas camping ini untuk mengisi waktu liburanmu.

Camping di gunung sudah biasa kan, kali ini kamu wajib mencoba camping di pulau. Coba deh rasakan sensasi camping yang berbeda.

Kalau ke gunung kamu perlu membawa jaket dan sleeping bag berbahan tebal, beda lagi dengan acar camping di pulau ini. Yang akan kamu butuhkam adalah peralatan serba tipis.

Untuk makanan, kamu bisa mengandalkan kekayaan alam di pulau ini. Ada banyak jenis ikan untuk kamu tangkap atau memanfaatkan kerang-keramg di sekiar terumbu karang.

Berwisata ke Kampung Bugis

Loh, kok ada suku Bugis di Jepara? Jadi begini penjelasannya sobat.

Kita tahu kan kalau daya jelajah suku Bugis sudah sangat terkenal sejak dahulu. Nah, salah satu lokasi yang tak luput dari penjelajahan suku ini adalah Kepulauan Karimunjawa.

Secara administratif, Karimun Jawa ini memiliki dua pulau utama. Pulau pertama  disebut Pulau Karimunjawa yang menjadi tempat bersandar kapal dari Jepara, Semarang dan juga Kendal.

Sementara pulau kedua disebut Pulau Kemujan yang jaraknya sekitar 45 menit dari arah pusat kota Karimunjawa ke bandara. Nah, di kawasan Pulau Kemujan inilah kaum Bugis tinggal dan mempertahan originalitas budaya Bugis.

Desa-desa yang berada di pulau tersebut seperti Desa Telaga, Desa Batu Lawang, Pulau Kemujan, dan Karimunjawa sendiri. Sehingga, kamu bisa melihat budaya khas Bugis yang nampak dari rumah-rumah panggung dan keseharian hidup masyarakatnya.

Kamu bisa memanfaatkan liburan dengan mengenal suku ini lebih dekat. Masyarakat Bugis di karimun Jawa ini juga sangat ramah jadi kamu dijamin betah berlama-lama bersama mereka.

Selain beberapa aktivitas di atas, tentu masih ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat wisata ke Karimun Jawa. Lantas, bagaimana jika kamu ingin mencari penginapan Karimun Jawa?

Atau kamu ingin tahu berapa biaya ke Karimun Jawa? Nah, untuk menjawab pertanyaanmu tersebut, kami beri rekomendasi salah satu pengalaman backpacker ke Karimun Jawa nih.

Biaya ke Karimun Jawa

Kita sama –sama tahu kalau cara ke Karimun Jawa tidak mudah. Kita perlu menggunakan moda transportasi laut atau udara untuk dapat mencapai pulau ini.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Sekarang banyak tersedia agen paket wisata ke Karimunjawa yang bisa membawamu ke sana dengan mudah dan murah.

Kamu bisa tinggal menyewa jasa dari agen paket wisata tertentu dan tak lagi bingung soal kendaraan dan penginapan. Bahkan, acara liburanmu juga sudah ditentukan, kamu tinggal santai dan menikmati alam Karimun Jawa dengan berbahagia.

Namun sebelum itu, kamu juga harus tahu mengenai tiket masuk pantai Karimun Jawa dan biaya lain yang mungkin anda keluarkan saat liburan di sana.

Untuk biaya tiket kapal Siginjai dari Jepara ke Pulau Karimun Jawa 2019 seharga Rp 94.500. sementara untuk tiket kapal cepat nay dibandrol Rp 192.000 untuk kelas VIP dan 162.000 untuk kelas eksekutif.

Untuk biaya sewa motor di Karimun Jawa adalah sekitar Rp 75.000 per hari. Biaya sewa kamar non AC sekitar Rp 200.000. Sedangkan biaya tour laut plus peralatan mencapai Rp 200.000 per hari.

Untuk tiket masuk Bukit love biayanya Rp 10.000, sementara HTM Bukit Joko seharga Rp 10.000, dan untuk tiket masuk hutan mangrove Karimun Jawa seharga Rp 15.000.

Berapa harga tiket masuk pulau di Karimun Jawa? Untuk Pulau Menjangan Kecil biayanya adalah Rp 20.000. Sementara tiket masuk penangkaran senilai Rp 40.000.

Terlepas dari info  biaya di atas, kamu juga bisa lho menggunakan jasa paket wisata untuk liburan di Karimun Jawa.

Paket Wisata Karimunjawa pertama adalah yang standar yaitu paket 3 Hari 2 malam dengan harga Rp 1.500.000/pax. Paket kedua adlaah paket exclusive dengan harga Harga: Rp 1.875.000 / pax.

Paket ini sudah termasuk tiket kapal bahari express dalam 2 jam perjalanan (PP), transport dan sewa penginapan 3 hari 2 malam AC  untuk 1 kamar 4 orang.

Paket ini juga menyediakan sewa kapal 1 hari keliling pulau, makan 5x, tiket masuk ke pulau, welcome drink, aqua, P3K, sewa alat snorkeling dan pelampung dna juga dokumentasi (mirrorless, gopro dan juga drone).

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa open trip dengan harga lebih terjangkau, berikut ini sedikit gambaran biaya open trip Karimun Jawa via Pelabuhan Kartini Jepara.

  1. Paket Siginjai selama 2 hari semalam degan biaya Rp 500.000 untuk hari Senin-Selasa dan Sabtu-Minggu.
  2. Paket Siginjai 3 hari 2 malam dengan biaya Rp 650.000 untuk hari hari Rabu-Jumat dan Sabtu-Minggu.
  3. Paket Siginjai 4 hari 3 malam dengan biaya Rp 750.000 untuk hari Senin – Kamis dan Sabtu-Selasa.
  4. Paket Express Bahari 2 hari semalam dengan biaya Rp 700.000 untuk Jumat-Sabtu dan Sabtu-Minggu.  
  5. Paket Express Bahari 3 hari 2 malam dengan biaya Rp 850.000 untuk hari Sabtu-Senin, Senin-Rabu, dan Jumat-Minggu.
  6. Paket Express Bahari 4 hari 3 malam dengan biaya Rp 950.000 untuk Jumat-Senin.

Sekian informasi tentang Karimun Jawa yang bisa kami rangkum untuk sobat pembaca semuanya. Semoga bermanfaat dan bisa membantumu memutuskan pilihan terbaik untuk acara liburan di masa mendatang. Happy Travelling Sob!  

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.