Mandi Uap Di Kawah Kamojang

Diposting pada
Kawah Kamojang

Garut merupakan salah satu kabupaten Di Jawa Barat yang banyak memiliki objek wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang patut dikunjungi adalah Kawah Kamojang. Jika anda mengunjungi kawah ini anda bisa mendapatkan pemandangan yang tidak biasa.

Kisaran Harga TiketRp 7.000 – Rp 9.000 Wisatawan Lokal | Rp 100.000 – Rp 150.000 Wisatawan Asing
Foto Instagram@kawahkamojang
Jam Buka24 Jam
WilayahJawa Barat

Apakah anda penasaran? Yuk cari tahu apa yang bisa anda dapatkan dan pelajari dari kawah ini. Dalam artikel ini anda bisa menemukan Wahana, fasilitas, lokasi harga tiket masuk dan tips berlibur.

Semburan Kawah Kamojang

Garut memiliki beberapa sumber uap panas yang bisa diolah menjadi pembangkit listrik. Pembangkit listrik tersebut bernama PLTU Kamojang. Selain sumber uap panas Garut memiliki sebuah kawah yang dijadikan sebagai objek wisata alam.

Lokasi Kawah Kamojang

Kawah tersebut adalah Kawang Kamojang yang terletak di kawasan Geothermal PLTU Kamojang. Namun ada yang unik dari kawah ini. Kebanyakan kawah terbentuk karena letusan gunung berapi namun hal ini tidak berlaku untuk Kawah Kamojang. Kawah ini terbentuk tidak secara alami yaitu bekas pengeboran uap bumi yang kemudian berubah menjadi sebuah kawah.

Kawah ini memiliki kedalaman  1,7 km dari permukaan laut sehingga dapat menyemburkan uap panas yang tinggi. Selain itu terdapat pemandangan yang tidak kalah indah di sekitar kawasan kawah. Di sekitar kawah Kamojang anda bisa menemukan beberapa kawah lainya. Kawah tersebut adalah Kawah Kereta Api, Kawah Manuk dan Kawah Hujan.

Lokasi Kawah Kamojang

Kawah Kamojang terletak diantara Bandung dan Garut yaitu perbatasan Kecamatan Ibun dengan Kabupaten Bandung. Kawah tersebut beralamat di Kemojang, Bandung yang dapat anda tempug sejauh 30 km. Untuk menuju lokasi objek wisata anda bisa menggunakan dua rute.

Baca juga: Keindahan Wisata Telaga Nilem Kuningan Jabar

Rute pertama dimulai dari Bandung. Dari Bandung anda bisa menuju Majalaya, Kecamatan Ibun dan akhirnya bisa mencapai Kamojang.

Kawah Kereta Api

Selain itu anda bisa menggunakan jalur Buah Batu Ciparay. Setelah itu anda bisa menuju Kamojang dengan melewati Majalaya. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang indah dari pegunungan sekitar. Selain pemandangan alam anda akan melihat banyak pipa-pipa besar dengan turbin-turbin pembangkit listrik.

Namun jalur yang anda tempuh memiliki akses jalan yang cukup parah. Jalan tersebut banyak lubangnya. Selain itu banyak jalan yang menikung dan sempit. Sebelum mencapai objek wisata anda pun akan ditantang untuk melewati jalan yang menanjak yang dikenal sebagai Tanjakan Monteng.

Kawah Lain Disekitar Kawah Kamojang

Terdapat beberapa kawah selain Kawah Kamojang yang terletak di kawasan Kamojang.

Kawah Kereta Api

Kawah Kereta Api merupakan salah satu kawah yang paling menarik diantara kawah-kawah di Kamojang. Kawah tersebut mengeluarkan asap seperti Kawah Ciwidey yang ada di Bandung. Selain itu yang membuat unik adalah suara semburan uapnya yang menyerupai bunyi asap mesin kereta api.

Kawah Hujan

Kawah ini mebawa anda seakan-akan sedang mandi uap di sebuah sauna. Gas sulfur dan uap air keluar dari celah batu vulkanik menambah keindahan pemandangan kawah. Anda pun bisa mencoba mandi di kawah tersebut. Mitos yang beredar adalah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, pegal-pegal, rematik bahkan stroke atau jantung.

Kawah Manuk

Kenapa kawah ini dinamakan Kawah Manuk? Karena kawah-kawah tersebut mengeluarkan asap yang bunyi nya seperti kicauan burung. Namun anda harus berhati-hati jika mengunjungi kawah ini karena uap yang keluar dari kawah dapat merusak barang bawaan anda.

Baca juga: Tempat Wisata Alam Keluarga di Curug Luhur

Tips Berwisata Di Kawah Kamojang

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika berwisata di objek wisata kawah khusunya Kawah Kamojang.

Kawah Manuk

Sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju objek wisata Kamojang. Belum banyak kendaraan pribadi yang melintasi daerah Kamojang.

Jika anda ingin berwisata pada musim hujan sebaiknya anda datang pada pagi atau siang hari. Karena pada sore hari kabut tebal sering muncul ditambah dengan hujan pasti pemandanganya tidak begitu bagus.

Nah waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Kamojang adalah pada musim kemarau. Pada musim kemarau anda bisa datang pagi, siang bahkan sode hari.

Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang

Harga tiket masuk Kawah Kamojang tergolong murah yaitu antara Rp 5.000,00 sampai Rp 10.000,00. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk wisatawan lokal. Pada hari kerja tiket masuk yang anda bayar sebesar Rp 7.000,00. Sedangkan pada hari libur tiket masuk yang harus anda bayar adalah Rp 9.500,00.

Kawah Hujan

Namun harga tiket masuk berbeda akan berlaku untuk wisatawan asing. Harga tiket masuk untuk wisatawan asing lebih mahal yaitu sekitar Rp 100.000,00 untuk hari kerja. Sedangkan pada hari libur harga tiket masuk  naik sebesar Rp 150.000,00. Maka itu bersyukurlah jika anda adalah wisatawan lokal yang tidak perlu membayar mahal untuk  menikmati objek wisata ini.

Anda bisa mengunjungi kawah ini setiap hari. Kawah ini buka dari hari Senin sampai hari Minggu. Kawah Kamojang buka mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00.

Rekomendasi untuk anda, Tradisi Kampung Naga di Tasikmalaya

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai objek wisata alam Kawah Kamojang. Semoga informasi mengenai lokasi, harga tiket masuk, wahana dan tips berliburnya bisa bermanfaat ya. Yuk agendakan liburan ke kawasan Kamojang.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.