Mengenal Lebih Dekat Satwa Langka Indonesia di Kebun Binatang Bandung

Diposting pada
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung – Berkunjung ke kebun binatang adalah salah satu pilihan wisata yang mengasyikkan. Di samping bisa melepas penat dengan berinteraksi dengan satwa.

kita juga bisa juga banyak belajar dari banyak hal mengenai hewan-hewan. Khusus bagi anda warga Bandung, alternatif liburan ke kebun binatang bisa terwujud di Kebun Binatang yang terletak di Bandung ini.

Kebun Binatang Bandung

Merupakan satu dari sejumlah objek wisata terbaik Bandung. Objek wisata satu ini memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, tetapi kebun binatang ini juga digunakan sebagai pusat cagar pelestarian. Di samping itu juga merupakan pusat perlindungan kekayaan alam.

Menurut informasi, asal usul nama kebun binatang ini ternyata bisa dibilang unik. Pada awalnya, namanya adalah “Derenten”. Kata Derenten dalam bahasa Sunda sama dengan dierentuin. Artinya adalah kebun binatang.

Tempat wisata ini dibangun sekitar tahun 1930an oleh suatu lembaga yang disebut Bandung Zoological Park atau BZP. Namun pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, kebun binatang ini menjadi terlantar. Setelah merdeka tepatnya pada 1948 kebun binatang ini direnovasi serta direhabilitasi.

Aktivitas dan Fasilitas

Kebun Binatang Bandung

Banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa anda lakukan di Kebun Binatang Bandung Dago. Apa saja ya? Yuk intip ada apa saja di kebun binatang ini.

Melihat dan Berinteraksi dengan Aneka Satwa

Selain tempatnya yang sejuk dan menyegarkan, kebun binatang ini juga memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Ada sekitar 213 jenis satwa. Yakni 79 diantaranya merupakan satwa langka dan juga dilindungi.

Namun kemungkinan anda tidak bisa menemukan banyak satwa dari luar negri. Karena koleksi satwa di kebun binatang ini hampir seluruhnya adalah hewan endemik Indonesia. Sisanya adalah hewan yang berasal dari luar negeri.

Di sini selain melihat banyak aneka satwa. Anda juga bisa belajar tentang hewan. Banyak informasi yang bisa anda peroleh mengenai lebih dari 213 ekor koleksi hewan di sini.

Mengapa demikian? Karena di tiap kandang disediakan catatan informasi mengenai hewan tersebut. Beberapa informasi yang bisa anda lihat adalah nama, habitat asal, dan makanannya.

Bermain di Wahana Menarik

Selain dapat mengenal dan melihat banyak satwa, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa anda lakukan. Hal ini dikarenakan terdapat banyak fasilitas lain yang melengkapi kebun luas ini.

Fasilitas-fasilitas yang bisa anda nikmati. Antara lain yaitu Taman Bemain, Flying Fox, Panggung, Kolam Perahu, Panggung, dan banyak lagi yang lainnya.

Kebun Binatang Bandung

Ada juga sebuah taman bermain yang khusus bisa digunakan untuk anak-anak. Di taman bermain ini terdapat ayunan serta istana balon. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah flying fox.

Untuk mencoba wahana ini pastikan anda tidak memiliki phobia akan ketinggian. Karena wahana Flying Fox di sini cukup menguji nyali.

Selanjutnya ada wahana kolam perahu. Di wahana ini anda bisa berkeliling kolam dengan menggunakan perahu. Selain itu, ada sebuah pulau buatan yang berada di tengah kolam.

Di pulau kecil tersebut akan anda jumpai sejumlah monyet yang berkeliaran. Tidak heran jika wahana Kolam perahu ini menjadi fasilitas favorit bagi pengunjung.

Sebuah Cagar Pelestarian Alam

Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, Kebun Binatang ini juga berfungsi sebagai sebuah cagar marga satwa. Fungsinya yaitu sebagai cagar pelestarian alam.

Dengan begitu, di samping anda bisa mengenal bermacam-macam satwa. Anda juga mengenal hewan-hewan yang langka dan dilindung.  

Mengenai fasilitas di Kebun Binatang Bandung, ada sejumlah yang bisa anda temui di sini. Fasilitas-fasilitasnya antara lain adalah pusat informasi, masjid, toilet, dan mini market.

Ada juga sebuah Plash Shelter dan Museum Pickling of Animal. Semua fasilitas yang tersedia pun dijaga sangat bersih. Sehingga pengunjung akan nyaman menggunakannya.

Jika anda merasa lapar dan haus pun jangan kawatir. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan makanan dan minuman. Namanya Food Booth and Baverage.

Di booth atau mini market ini tersedia berbagai cemilan. Ada juga sejumlah stand yang menjual makanan khas daerah seperti nasi khas sunda dan lain-lain.

Kebun Binatang Bandung

Lokasi

Lokasi Kebun Binatang Bandung berada di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, kode pos 40132. Lahan yang dibangun di atas seluas 14 ha letaknya pun sangat strategis.

Akan sangat mudah bagi anda untuk menemukan tempat ini. Untuk dapat sampai di tempat ini terdapat banyak alternatif yang bisa anda pilih. Anda bisa mengendarai mobil pribadi ataupun sewa mobil di daerah Bandung.

Tiket Masuk

Jika ingin masuk kebun binatang bandung berapa biaya yang harus dibayar? Ya. Kami akan informasikan harga tiket di sini. Biaya masuknya cukup terjangkau.

Anda hanya perlu membayar Rp 40.000 per orang. Harga ini berlaku setiap hari. Karena tidak ada perbedaan harga saat hari biasa maupun hari libur.

Selain murah, akan ada diskon bagi para pengunjung yang datang bersama rombongan. Untuk rombongan harga tiket masuknya dipotong menjadi Rp 32.500 per orang. Ketentuan potongan harga ini berlaku jika jumlah rombongan minimal 30 orang.

Sementara untuk anak-anak usia di bawah 3 tahun tidak ada biaya masuk yang dikenakan alias gratis.  

Kebun Binatang Bandung

Jam Operasional

Apakah anda tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa Kebun Binatang Bandung buka jam 08.00 sampai 16.00 WIB. Kebun Binatang selalu buka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu.

Baca Juga: One Stop Travelling nya Bandung, Kawasan Eco Friendly Dusun Bambu

Nah, tunggu apalagi warga Bandung? Ayo ajak orang tercinta anda untuk mengenal satwa lebih dekat di Kebun Binatang Bandung.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.