Kebun Buah Mangunan – Serunya Panen Buah sambil Hunting Spot Foto Kece

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan memungkinkan anda menikmati kesempatan memetik buah langsung dari pohonnya. Di sini anda bisa merasakan keseruan seperti liburan ke taman buah mekarsari cibubur.

Namun tidak hanya itu, wisata alam yang terkenal di Jogja bagian Selatan ini juga menawarkan keindahan panorama pegunungan Seribu dan sungai Oya yang berkelok-kelok.

Kebun Buah Mangunan

Pada tahun 2003, kebun buah ini dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Dengan luasnya lahan, kebun ini memiliki banyak sekali tanaman dan pohon-pohon yang berbuah. Diantaranya adalah durian, mangga, jeruk, rambutan, manggis, dan masih banyak lagi.

Namun di dalamnya tidak hanya pepohonan saja. Ada sejumlah kawasan dan spot yang masih berada di lingkungan Mangunan. Selain terdapat gardu pandang, ada juga, waduk serta arena alam untuk sepeda downhill dengan lintasan 3.800 meter.

Kebun Buah Mangunan

Tempat asik ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 200 mdpl. Tak heran selain sejuk, banyak wisatawan maupun warga sekitar menjulukinya negeri diatas awan.

Mengapa begitu? Wajar saja, pada saat-saat tertentu anda bisa pemandangan kabut yang terbentuk tepat mengelilingi kawasan wisata ini.

Pesonanya tidak hanya sampa di situ. Di samping pemandangan kabut yang indah, saat pagi anda juga bisa menemukan pemandangan gunung bersamaan dengan terbitnya matahari. Sinar keemasannya akan muncul perlahan, sungguh mempesona.

Aktivitas yang Ditawarkan

Di kebun buah mangunan ada apa saja? Akan ada banyak pohon buah yang anda temui di sini. Ada sekitar 300an pohon buah jambu air. Sekitar 1500an pohon buah durian dan 900a, pohon mangga serta 200an tanaman buah lainnya. Selain itu ada 40 ekor sapi diternakkan di kawasan ini.

Selain pohon buah, kebun luas ini juga memiliki pohon jati serta deretan pohon pinus yang tampak asri dan cantik. Berbagai aktivitas seru bisa anda lakukan di sini. Apa saja ya?

Belajar tentang Tanaman & Pembibitan Sapi

Dengan banyaknya tanaman di sini, anda bisa mempelajari aneka tanaman buah dan tanaman hias sambil berlibur. Anda akan menemukan sejumlah petugas berbagi informasi mengenai kebun buah ini. Kegiatan lain yang bisa menambah wawasan anda adalah belajar tentang pembibitan sapi.

Kebun Buah Mangunan

Terdapat sebuah peternakan yang membolehkan pengunjung untuk menggali ilmu di sini. Anda bisa banyak belajar tentang bagaimana merawat sapi.

Anda juga dapat bertanya kepada petugas bagaimana tata cara pembibitan sapi. Bahkan, anda juga bisa menambah ilmu untuk menghasilkan pupuk kandang untuk tanaman.

Berkeliling di Area Kebun & Hunting Foto

Anda pun bisa hanya sekedar berkeliling menikmati pemandangan alam. Atau juga bisa hunting foto dengan berbagai latar alam yang mempesona. Jangan ditanya tentang pemandangan alam yang tersedia di sini.

Dari arah selatan akan tampak pemandangan Pantai Parangtritis dengan hamparan pasir hitamnya yang luas. Selain itu, and ajuga akan melihat pemandangan sungai Oya yang berkelok diantara pepohonan hijau.  

Dari kawasan ini anda juga bisa menyaksikan pemandangan Kota Bantul. Anda bisa menuju spot gardu pandang untuk dapat melihat pemandangan kota Bantul yang elok.

Bangunan-bangunan kecil seakan menjadi pelengkap yang sempurna. Di samping beberapa spot alam, ada juga sebuah jembatan goyang/gantung yang biasa dijadikan latar foto keren.

Camping/Berkemah

Aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah camping. Terdapat lahan luas yang disediakan untuk keperluan berkemah. Anda hanya perlu membayar Rp 5000 untuk dapat mengadakan camping di sini.

Outbond, Berenang, Memancing

Kebun Buah Mangunan

Selain camping, anda juga bisa mengadakan kegiatan outbond, berenang, dan memancing. Kegiatan outbond yang tersedia di sini meliputi flying fox dan reflying.

Fasilitas ini dibandrol harga Rp 2000 per orang. Untuk fasilitas berenang, ada dua kolam yang disediakan khusus untuk anak-anak. Fasilitas tersebut bisa dinikmati dengan membayar Rp 2000 per orang.

Sepeda Downhill

Tidak cukup itu saja, di kebun buah mangunan jogja anda juga bisa bersepeda mengelilingi kawasan kebun. Tidak tanggung-tanggung, di sini anda ditantang untuk downhill lintasan sepanjang 2,3 hingga 3,8 km. Untuk dapat menikmati fasilitas ini dibutuhkan biaya Rp 50.000 untuk 5 orang.

Relaksasi di Gazebo

Setelah puas menjajal semua aktivitas di atas, anda bisa beristirahat sejenak di Rest areanya. Dari rest area ini anda bisa menikmati indahnya alam hutan pinus berbaur dengan udara sejuk. Hadirnya gazebo menjadi pilihan yang pas untuk tongkrongan atau juga relaksasi.

Fasilitas yang Tersedia

Mengenai fasilitas yang disediakan sudah lengkap. Ada sebuah lahan parkir yang luas dan toilet. Tersedia juga mushola yang dilengkapi peralatan untuk beribadah bagi umat muslim. Terdapat gazebo untuk beristirahat bagi para pengunjung.

Ada juga gedung pertemuan yang mampu menampung 300 hingga 500 orang. Gedung ini dapat digunakan untuk berbagai acara formal seperti meeting atau rapat.

Bagi anda yang ingin menginap jangan kawatir. Di sekitar Kebun Mangunan terdapat fasilitas homestay/penginapan dengan harga relatif murah. Yakni dari harga Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Alamat Lokasi

Kebun Buah Mangunan

Letak geografis lokasi wisata ini adalah di  daerah Mangunan, Kec Dlingo, Kab Bantul, DI Yogyakarta, kodepos 55783. Untuk akses kebun buah mangunan tidaklah sulit. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota yakni membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Sekedar info, jika ke sini anda bisa sekalian ke beberapa lokasi wisata keren lainnya. Karena di datu wilayah ini terdapat beberapa nama objek wisata lain yang tidak kalah hits.

Beberapa alternatif diantaranya adalah Hutan Pinus Mangunan, Goa Gajah Mangunan, Jurang Tembelan, dan Bukit Panguk Kediwung.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Kebun buah mangunan tiket masuk nya dibandrol seharga Rp 5000 per orang. Cukup murah bukan? Jika anda tertarik untuk datang kemari, lokasi wisata dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Untuk infirmasi lebih lanjut bisa hubungi (0274) 6460182 atau 6460236.

Baca Juga: Rumah Hobbit Mangunan Jogja, Sensasi Berfoto Ala Film The Hobbit

Yakin tidak ingin main-main ke sini? Pasti penasaran kan? Yuk, cari waktu yang tepat untuk dapat liburan asik di Kebun Buah Mangunan.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.