Kebun Penelitian Terbesar Wisata Kebun Raya Purwodadi

Diposting pada

Indonesia ternyata tidak hanya memiliki sebuah kebun raya namun beberapa kebun raya. Sebut saja Kebun Raya Purwodadi Pasuruan yang merupakan cabang Kebun Raya Indonesia selain Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Apa saja yang bisa anda lihat dan pelajari dari Kebun Raya Purwodadi? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan berbagai macam informasi terkait Kebun Raya Purwodadi.

Sejarah Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tahun 1941 oleh Dr.Lourens Gerhard. Kebun Raya Purwodadi Pasuruan berdiri di lahan seluas 85 hektar.

Kebun Raya Purwodadi dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI. Anda bisa menemukan banyak lebih dari 10.000 jenis koleksi baik tanaman, bunga ataupun pohon.

Pada mulanya Kebun Raya Purwodadi digunakan sebagai tempat penelitian. Pada tahun 1954 barulah Kebun Raya Purwodadi dibuka untuk umum.

Koleksi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi memiliki bermacam-macam koleksi baik tanaman, bungan atau pohon. Koleksi pertama adalah tanaman polong-polongan yang terdiri dari tiga suku.

Koleksi yang paling menarik perhatian adalah koleksi anggrek. Terdapat 2.344 spesimen anggrek dengan 69 marga dan 319 jenis.

Koleksi berikutnya adala pohon palem-paleman. Selain itu anda pun bisa menemukan tanaman paku-pakuan, bambu hingga obat-obatan.

Wahana Kebun Raya Purwodadi

Berikut adalah wahan di Kebun Raya Purwodadi:

  • Paket Pendidikan Lingkungan Tematik
  • Wahana permaianan anak
  • Jungkat-jungkit
  • Ayunan
  • Perosotan
  • Sepeda Keliling
  • Kolam Renang
  • Danau Kecil

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Berikut adalah fasilitas umum yang bisa anda gunakan ketika ada di Kebun Raya Purwodadi:

  • Layanan Jasa Perpustakaan
  • Ruang Pertemuan
  • Spot foto pre wedding
  • Guest House
  • Toilet
  • Mushola
  • Pedagang Kaki Lima

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Dimanakah alamat Kebun Raya Purwodadi? Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya Surabaya Malang km 65, Purwodadi, Jawa Timur.

Kebun Raya Purwodadi terletak tidak jauh dari pusat kota. Anda pun bis menjangkau lokasi ini baik dengan kendaraan pribadi atau umum.

Sedangkan jam operasional Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari. Jam operasional Kebun Raya Purwodadi adalah mulai pukul 07.30-16.00 WIB.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi ke nomer (0343) 615033, Fax. (0341) 426046. Anda pun bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu jika ingin berwisata ke Kebun Raya Purwodadi.

Tips Berlibur Di Kebun Raya Purwodadi

Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan ketika berlibur di Kebun Raya Purwodadi:

  1. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  2. Jika anda datang dengan kendaraan roda empat anda diperbolehkan untuk berkeliling kebun raya dengan kendaraan anda sendiri.
  3. Jika anda datang dengan kendaraan roda dua anda harus memarkir kendaraan anda oada tempatnya.
  4. Anda diperbolehkan menggunakan sepeda sendiri.

Berkeliling Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi memiliki koleksi tanaman yang beragam dengan jumlah lebih dari 10.000. Anda pun bisa belajar menanam aneka tanaman serta cara budidayanya.

Anda juga diperbolehkan untuk berkeliling kebun raya dengan menggunakan kendaraa roda empat anda sendiri ataupun kendaraan yang telah disiapkan. Selain menikmati pemandangan dan mengamati aneka tanaman anda bisa bermain dengan berbagai macam wahana.

Pengunjung kebun raya kebanyakan adalah pelajar yang melakukan studi tour. Pengunjung bisa berkeliling kebun raya sampai dua jam lamanya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Berapa harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi? Berikut adalah daftar harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi:

Tiket domestik Rp 9.500,00

Tiket manca negara Rp 15.500,00

Wahana

Mobil Keliling Rp 15.500,00

Sepeda Kelinci Rp 8.5000,00

Paker pre wedding Rp 350.000,00

Tarif parkir

Rp 3.000,00/ motor

Rp 5.500,00/ mobil

Rp 10.500,00/ bus

Demikianlah informasi mengenai Kebun Raya Purwodadi. Anda bisa belajar sambil bermain di kebun raya.

Anda pun bisa menikmati kesejukan udara karena lingkungan kebun raya sangat terjaga dan rindang. Yuk lestarikan bumi dengan belajar menanam pohon.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.