Kebun Raya Cibodas, Bukti Kekayaan Flora Indonesia

Diposting pada
Kebun Raya Cibodas Seperti Jepang

Agak berbeda dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas adalah tempat untuk melestarikan titik-titik terancam punah. Tujuan dibuatnya kebun ini adalah untuk melindungi areal tumbuhnya flora yang dianggap wajib dilindungi.

Sudah lama nama besar kebun ini bergema dan terkenal di mancanegara. Karena letak geografisnya yang strategis. Yakni di kawasan Taman Nasional, Gunung Gede Pangrango. Kawasan seluas 80 hektar ini menjadi magnet bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Kebun Raya Cibodas

Jangan ditanya lagi tentang indahnya taman hijau satu ini. Bahkan seorang ahli fisiologi tumbuhan dunia, Dr. F.W. Went mendeskripsikannya sebagai salah satu spot surga dunia. Beberapa menyebutnya Taman Firdaus Asia.

Kebun ini merupakan tempat yang tepat untuk melepas penat anda. Udara yang sejuk dan indahnya tumbuhan-tumbuhan mengelilingi anda. Hal itu dikarenakan kebun ini berada 1.275 m dpl dengan suhu udara mencapai 17 – 27 derajat Celcius.

Kebun Raya Cibodas Jernih Airnya

Aktivitas dan Fasilitas

Berbicara mengenai fasilitas dan aktivitas, ada banyak yang dibahas. Terdapat beberapa spot yang menjadi andalan wisata kebun raya cibodas bogor. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Taman Sakura

Sesaat setelah memasuki tempat ini, anda akan disambut oleh Taman Sakura Cibodas. Letaknya hanya sekitar 100 m dari pintu.

Spot ini adalah tempat favorit para wiatawan kebun raya. Mengapa? Sesuai dengan namanya, terdapat banyak pohon Bunga Sakura tersebar di tiap-tiap titik taman. Anda bisa menikmati mekarnya bunga sakura secara serempak hingga 2-3 kali dalam setahun.

Taman Lumut

Selain sakura, ada juga taman lumut. Bisa anda bayangkan seperti apa taman ini? Ya akan ada banyak lumut di sekitar anda sehingga suasananya menjadi sangat sejuk dan rimbun.

Air Terjun

Tidak hanya taman, ada juga air terjun di kebun seluas 80 H ini. Terdapat dua air terjun, yakni curug Cibogo & Curug Ciismun. Di air terjun tersebut anda bisa melepas penat dengan bermain air. Atau anda bisa hanya sekedar berswafoto dengan latar air terjun yang cantik.

Kebun Raya Cibodas Tampak Mekar

Green House

Green House atau biasa disebut rumah kaca ini merupakan bangunan untuk koleksi tanaman kebun raya ini. Bangunannya terletak di dalam sebelah barat. Koleksi tanaman yanga da di sini diantaranya  kaktus, anggrek dan tanaman langka.

Terdapat 4.000 contoh tanaman dan 350 jenis kaktus serta 360 jenis anggrek disimpan di rumah kaca satu ini.  Ada juga Bunga Bangkai Raksasa berada di sebelah utara rumah kaca.

Spot Wisata Lainnya

Masih ada banyak spot favorit lainnya yang bisa menjadi alternatif bagi anda. Spot-spot tersebut adalah danau kebun raya, air mancur, Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), sungai, koleksi paku-pakuan, koleksi tanaman obat, dan Taman Rhododendron.

Tidak hanya itu, terdapat fasilitas untuk belajar juga di sini yaitu sebuah perpustakaan dan sebuah gedung konservasi. Tersedia juga fasilitas menginap bagi pengunjung. Fasilitas villa di kebun raya cibodas diantaranya terdiri dari Sakura, Medinilla, dan Eucalyptus.

Mengenai fasilitas umum, terdapat lahan parkir yang luas. Area ini dapat menampung ratusan bis. Letak parkirannya tidak jauh dari pintu masuk wisata.  kebun raya.

Fasilitas lainnnya antara lain loket tiket, ruang informasi, toilet dan sejumlah gazebo di beberapa titik lokasi wisata. Ada juga shelter, musholla, bak sampah, peta kawasan, penunjuk arah, dan juga stand jajanan.

Kebun Raya Cibodas Ada Kolam

Baru-baru ini tersedia fasilitas yang isa pengunjung nikmat di sini yang dinamakan Wara Wiri. Wara Wiri adalah fasilitas kendaraan mini bus. Mini bus ini dimodifikasi sehingga bentuknya pun unik dan biasa digunakan sebagai angkutan bagi pengunjung.

Dengan mini bus ini anda bisa menjelajahi kawasan wisata dengan puas dan maksimal. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 10.000 per orang. Biaya tersebut berlaku hanya untuk sekali putaran.

Nah, setuju kan kalau perpaduan dari semua keindahan tiap-tiap spot menjadikan tempat ini sebagai wisata favorit. Khususnya di Jawa Barat. Banyak wisatawan menjadikan kebun ini sebagai tempat yang cocok untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga.

Lokasi

Kali ini kami akan jelaskan letak geografis kebun raya cibodas. Letak geografisnya berada di Jl. Kebun R. Cibodas, Kel Cimacan, Kec Cipanas, Kab Cianjur, Jawa Barat, kode pos 43253. Lokasinya berada di kawasan Gunung Pangrango dengan ketinggian 1.300 – 1.425 mdpl.  

Harga Tiket

Harga tiket kebun raya cibodas 2019 dipatok Rp. 16.500 per orang. Sementara biaya untuk parkir kendaraan roda dua adalah Rp. 5.000 dan roda empat adalah Rp. 16.000. jam operasional lokasi ini mulai buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Informasi lebih bisa menghubungi (0263) 512233.

Fungsi Utama Kebun Raya Cibodas

Jembatan Gantung di Kebun Raya Cibodas

Sekedar tambahan informasi bagi anda, terdapat beberapa fungsi utama selain sebagai tempat wisata. Funsi kebun ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, sebagai pelayanan, eksplorasi, inventarisasi, reintroduksi dan konservasi berbagai jenis tumbuhan daerah dataran tinggi basah.  

Kedua, merupakan pelayanan jasa ilmiah dan juga pemasyarakatan ilmu pengetahuan terutama dalam masalah konservas dan introduksi aneka tumbuhan. Ketiga, sebagai pelaksanaan urusan sebuah tata usaha dan juga rumah tangga.

Nah, jadi kita tahu buka kalau tempat ini bukan hanya tempat wisata biasa semata. Disini adalah tempat penelitian tumbuh-tumbuhan yang bernilai ilmu pengetahuan dan ekonomi.

Baca Juga: Gunung Pancar Bogor Beserta Keunikannya Bagi Traveller

Menarik ya? Kita bisa puas berlibur di sini ditemani ribuan spesies tanaman. Tidak hanya pupas berfoto dan menikmati pemandangan alam. Kita juga bisa belajar tentang flora di Kebun Raya Cibodas.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.