Menikmati Indahnya Arsitektur Klasik Bergaya Eropa – Kota Lama Semarang

Diposting pada
Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang – Sebuah saksi sejarah awal mula terbentuknya ibukta Jawa Tengah. Kota Lama dan Semarang merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan silsilah sejarahnya.

Muncul sebagai destinasi wisata, arsitektur kota lama semarang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mari simak berbagai informasi berikut untuk menambah pengetahuan anda.

Kota Lama Semarang

Objek wisata ini juga terkenal sebagai Outstadt atau juga sering disebut Little Netherland. Areanya meliputi banyak daerah yang memiliki gedung tua yang sudah dibangun sejak zaman Belanda. Belakangan istilah Kota Lama ini hanya terpusat di area sungai Mberok hingga sampai Terboyo.

Daya Tarik Wisata

Jika dilihat dari namanya, mungkin anda sudah bisa menebak konsep yang lekat dengan kota lama di semarang. Ya. Destinasi wisata ini menyuguhkan suasana kota tua dimana sejarah mengenai kota tersebut dapat diungkap.

Umumnya, karakter bangunan di sini memiliki kemiripan dengan bangunan yang bisa anda temukan di Eropa sekiatr abad 17an. Hal tersebut ditunjukkan oleh ornamen bangunan yang khas dan bentuk pintu maupun jendela yang sangat besar.

Baca Juga: Destinasi Wisata Multifungsi yang Sedang Hits di Semarang, Eling Bening

Ada juga kaca-kaca berwarna dengan atap yang berbentuk unik. Di sini anda juga bisa menemeukan beberapa ruang bawah tanah.

Terdapat banyak area yang bisa anda kunjungi di sini. Anda bisa hanya sekedar bernostalgia dengan arsitektur unik jaman Belanda. Anda juga bisa berfoto dengan spot-spot vintage. Bahkan, masih banyak lagi aktivitas seru. Penasaran untuk berkeliling ke sini? Yuk ikuti penjelajahan kami.

Photo Hunting

Apa anda penggemar tema retro atau vintage? Nah, Kota Lama Semarang bisa jadi alternatif tepat buat anda. Hampir di tiap-tiap sudut kota ini dipenuhi oleh bangunan unik.

Bangunan khas jaman Belanda berpintu tinggi dan berjendela besar menghiasi kawasan ini. Semua detailnya bisa menjadi latar foto yang unik dan klasik.

Sketching

Jika anda suka menggambar, galeri kota lama semarang adalah pilihan yang tepat. Di sini anda bisa mengasah skill menggambar anda.

Anda bisa bereksplorasi untuk membuat sketch banyak bangunan tua berarsitektur apik. Berbagai spot yang menarik diantaranya Gedung Marabunta atau kubah Gereja Blenduk.

City Walking

Aktivitas lain yang patut anda coba ketika berkunjung di sini adalah City Walking. Melalui kegiatan itu anda bisa menikmati suasana kota lebih dekat. Anda juga bisa banyak belajar mengenai sejarah kota ini.

Sebelum cita-cita berjalan kaki di pedestrian Den Haag ataou Ouddorp terwujud, tak ada salahnya kamu mengawalinya dengan berjalan kaki alias city walking di kawasan ini. Pagi dan sore adalah waktu terbaik untuk menikmati jalan kota lama semarang.

Wisata Kuliner

Selain beberapa kegiatan di atas, kami sarankan untuk tidak melewatkan kuliner kota lama semarang 2018. Karena objek wisata ini tidak hanya menawarkan bangunan berarsitektur unik. Ada juga berbagai kudapan lezat yang menyimpan misteri.

Tidak sulit untuk bersantap kuliner di sini. Ada banyak tersedia kedai, kafe, dan berbagai restoran di balik gedung-gedung tua itu. Di sana anda bisa menemukan aneka kuliner lezat mulai dari menu tradisional hingga internasional.

Gereja Blenduk

Gereja ini merupakan tempat ibadah tertua umat kristen di Jawa Tengah. Bangunan ibadah ini dibangun oleh Belanda sekitar 1753. Namun, Gereja Blenduk ini juga sempat direnovasi pada 1894. Berkat renovasi itu anda bisa lihat ada penambahan dua menara besar di bagian depan.

Fyi, Gereja Blenduk ini masih digunakan hingga sekarang. Jadi, untuk hari-hari tertentu anda akna berjumpa dengan jemaat gereja. Jadi, pastikan untuk tidak mengganggu ibadah mereka jika anda kebetulan sedang berlibur di sini.

Akar Raksasa

Tidak hanya gereja yang bisa jadi spot unik untuk swafoto. Anda juga bisa mencoba spot instagenic satu ini.

Akar raksasa bisa dibilang spot yang paling apik sebagai salah satu ikon kota lama di semarang. Bentuknya adalah sebuah akar besar yang merambat ke dinding sampai menyangga rumah tua di sekitarnya.

Gedung Marba

Gedung tua oranye ini didirikan pada abad ke XIX. Gedung Marba dahulunya digunakan sebagai kantor administrasi. Di samping itu di jamannya juga berfungsi sebagai kantor usaha pelayaran ataupun ekspedisi muatan. Sempat juga menjadi toko modern pada saat itu.

Spiegel Bar

Ada lagi bangunan lain yang klasik dan cantik yang bisa anda kunjungi. Gedung tersebut terkenal dengan nama Spiegel Bar. Desain bagian luar gedung ini sangat kental dengan gaya Eropa. Gedung tua yang umurnya sekitar 120 tahun tersebut sempat terbengkalai dan tak terurus.

Namun sejak 2015 gedung ini dibangun dan direnovasi sehingga mennjadi tempat kongkow yang asik.  Bersantai di sini akan membuat anda serasa di Eropa. Kami sarankan anda untuk menikmati santai di gedung ini pada sore hari.  

Kampung Melayu

Salah satu kawasan yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk explore kota lama semarang adalah Kampung Melayu. Kampung ini merupakan perkampungan multi-etnis.

Diantaranya adalah Cina, Arab, Banjar, dan beberapa etnis Indonesia. Di sini anda bisa bagaimana beragam etnis dapat berbaur membentuk satu tatanan kehidupan sosial.

Lokasi Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang berada di daerah Semarang Utara. Tempat ini terletak tepat di sebelah  Pasar Johor & Stasiun Tawang. Lokasinya terletak di Bandarharjo, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah, 50175.

Untuk akses ke lokasi wisata ini tidak sulit. Anda bisa datang dari arah Demak, Ungaran, maupun arah Barat.

Jam Buka Kota Lama Semarang

Jam operasional wisata ini adalah setiap hari 24 jam. Jadi, anda bisa kapan saja main ke sini. Sedangkan htm kota lama semarang adalah gratis. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan.

Galeri Foto Kota Lama Semarang

Menikmati Indahnya Arsitektur Klasik Bergaya Eropa - Kota Lama Semarang 1
Kota Lama Semarang
Menikmati Indahnya Arsitektur Klasik Bergaya Eropa - Kota Lama Semarang 2
Kota Lama Semarang

Nah, banyak kan spot wisata yang bisa anda kunjungi di sini? Tunggu apalagi? Selain buka 24 jam dan gratis, anda bisa menikmati uniknya bangunan-bangunan bergaya Eropa. Yuk, agendakan liburanmu ke Kota Lama Semarang.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.