Kenali Sisi Lain Lawang Sewu, Berburu Spot Instagenic Nuansa Klasik

Diposting pada
Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu – Terkenal sebagai kota beragam etnis, Semarang hadir menawarkan sejuta daya tarik bagi para wisatawan.

Selain kulinernya yang melegenda seperti lumpia dan bandeng presto, Semarang juga terkenal dengan kelentengnya. Sebut saja pagoda avalokitesvara di semarang.

Di samping deretan nama kelenteng yang terkenal, aa beberapa bangunan unik yang kuno dan klasik. Salah satu yang selama ini menjadi sorotan dan sangat terkenal dengan kisah mistisnya.

Tempat ini selalu membuat wisatawan penasaran karena cerita-cerita misteri yang menyebar. Apa anda tahu namanya? Ya. Lawang Sewu.

Di balik kisah mistisnya, wisata bangunan tua kuno ini menyimpan berbagai sisi menarik untuk dibahas. Ada sisi lain yang tidak boleh dilewatkan. Jika anda seorang traveller sejati, mari kita bahas bersama sisi lain dan keunikan lawang sewu semarang.

Lawang Sewu

Merupakan bangunan peninggalan jaman Belanda. Dulunya adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).  

Kereta di Lawang Sewu

Gedung tersebut dibangun tahun 1904. Selesai pada tahun 1907. Gedung ini letaknya di bundaran Tugu Muda. Jauh sebelum merdeka dinamai dahulu Wilhelminaplein.

Bangunan ini juga sempat menjadi sebuah pusat kegiatan perkereta apian di Indonesia. Bahkan, gedung ini dijadikan markas PT KAI meskipun tidak sampai sekarang. Saat ini, gedung ini dijadikan tempat wisata di Semarang.

Dinamakan demikian karena bangunan ini mempunyai banyak pintu. Karena “Lawang” artinya pintu dan “Sewu” artinya seribu. Meski jumlah pintunya tidak mencapai seribu, yakni hanya 342 buah.

Aktivitas dan Fasilitas

Apa saja fasilitas di lawang sewu? Aktivitas apa saja yang bisa anda lakukan di sana? Banyak pastinya. Mari kita lanjutkan.

Belajar Sejarah Kereta Api

Seperti yang telah dijelaskan, sebelumnya bangunannya dijadikan museum kereta api. Sehingga, anda bisa mendapat pengetahuan tentang sejarah pembuatan kereta api.

Ada berbagai miniatur lokomotif serta gerbong. Selain itu juga ada semacam fasilitas untuk belajar sejarah. Ada video yang bisa anda tonton mengenai sejarah perkereta apian.

Berswafoto

Indahnya Taman di Lawang Sewu

Tidak bisa dipungkiri bentuk bangunan ini sangat artistik dan klasik. Jadi, pilihan yang tepat bagi anda untuk berfoto ala negri Eropa. Karena bangunannya yang kuno dan beda dari yang lain.

Beberapa spot foto yang bisa menjadi alternatif di sini adalah aula utama. Di aula tersebut dikelilingi oleh kaca yang menarik. Spot foto yang keren berikutnya adalah deretan pintu kayu.

Walaupun jumlahnya tidak sampai seribu, namun banyaknya pintu itu adalah keunikan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan deretan pintu tersebut sebagai spot foto.

Selain dari halaman dan deretan pintu, anda juga bisa mengambil spot foto instagenic berikutnya. Yakni di dalam menara kaca. Salah satu sudut bangunan ini memiliki jendela besar dan terdapat menara dengan hiasan mozaik kaca.  

Selanjutnya, anda bisa berfoto candid di bagian atap. Bangunan kuno di Semarang ini memiliki tiga lantai. Anda bisa memanfaatkan lokasi ini untuk berfoto. Bagian atap gedung ini tidak kalah meghasilkan jepretan yang ciamik.

Namun, khusus di bagian atas ini anda harus minta izin kepada pihak pengelelola. Karena tidak sembarangan bisa masuk bagian ini. Biasanya ruangan di atas tersebut dijadikan tempat foto pre-wedding.

Tampak Depan Lawang Sewu

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di destinasi wisata “Pintu seribu” ini. Jangan takut datang kesini. Karena lawang sewu dulu dan sekarang sudah berbeda. Kini, objek wisata ini mulai banyak berbenah.

Meski pernah menduduki peringkat sulung gedung terangker se-Asia. Belakangan ini sudah banyak perubahan yang ditunjukkan oleh pihak pengelola untuk memperbaiki tempat ini.

Selain menjadi saksi sejarah sejak jaman penjajahan, gedung ini juga menyimpan berbagai sisi menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk fasilitas, sementara hanya ada area parkir yang cukup memadai di sini. Selain itu juga ada mushola, toilet dan tempat menyusui. Di sini juga disediakan area khusus merokok.

Jika anda datang dari luar kota, jangan kawatir karena banyak tersedia hotel dan tempat menginap di sekitar daerah ini. Sehingga, anda tidak perlu jauh-jauh berjalan untuk sampai di tempat ini.

Lokasi

Untuk lokasinya cukup strategis di pusat Kota Semarang. Bangunan ini berada di area bundaran Tugu Muda. Tidak begiut jauh dari Kantor Balaikota. Juag tempat ini dekat dengan daerah pusat oleh-oleh Semarang.

Lokasinya tepat berada di Komplek Tugu Muda. Yakni Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jateng 50132.

Lawang Sewu

Jam Operasional & Tiket Masuk

Karena buka setiap hari, anda bisa berkunjung ke sini kapanpun anda mau. Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Dan harga tiketnya tergolong sangat murah.

Untuk orang dewasa, biaya yang dikenakan adalah Rp 10.000,-. Bagi anak-anak terutama yang di bawah 12 tahun biaya yang dikenakan adalah Rp 5.000,-. Sementara untuk para pelajar terdapat harga tersendiri yakni Rp 5.000,-. Murah kan?

Baca Juga: Menikmati Indahnya Arsitektur Klasik Bergaya Eropa – Kota Lama Semarang

Jadi, sudah tidak takut kan ke bangunan tua di Semarang ini? Ayo kenali sisi lain Lawang Sewu dan buktikan eksotisme bangunan klasik di sana!

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.