Mengenal Kota Bandung Dari Museum Sri Baduga Bandung

Diposting pada

Musem adalah tempat dimana kita bisa mengenang perjuang para pahlawan terdahulu. Nah Bandung menjadi kota dengan banyak museum.

Salah satu museum yang ada di Kota Bandung adalah Museum Sri Baduga. Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui koleksi Museum Sri Baduga Bandung serta harga tiket masuk dan fasilitas penunjang.

Sejarah Museum Sri Baduga Bandung

Bagaimana sejarah berdirinya Museum Sri Baduga Bandung? Meseum Sri Baduga Bandung didirikan pada tahun 1974 dan diresmikan pada tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Daoed Joesoef.

Museum ini memiliki luas lahan 8.500 meter persegi dengan 3 lantai. Museum Sri Baduga pada mulanya bernama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat dan pada tahun 1990 berganti menjadi Museum Sri Baduga.

Kenapa dineri nama Museum Sri Baduga? Sri Baduga adalah seorang Raja Sunda pada abad ke 16 sebelum Masehi. Penamaan Sri Baduga karena menjadi bukti kecintaan masyarakat Jawa Barat sebagai keturunan Suku Sunda.

Koleksi Museum Sri Baduga

Pemerintahan mengabadikan peninggalan tersebut dengan rumah panggung panjang khsa Jawa Barat dengan gaya suhunan panjang. Anda bisa menemukan banyak benda-benda ousaka yang harus dijaga dan dilestarikan dengan baik.

Museum Sri Baduga Bandung memiliki lebih dari 6.000 benda bersejarah. Koleksi-koleksi tersebut dibagi kedalam sepuluh kategori.

  • Koleksi Geologi
  • Koleksi Biologi
  • Koleksi Arkeologi
  • Koleksi Sejarah
  • Koleksi Etnografika
  • Koleksi Filologika
  • Koleksi Keramologika
  • Koleksi Teknologika
  • Koleksi Seni Rupa
  • Koleksi Numismatika dan Heraldika

Seluruh benda-benda sekarah tersebut diletakkan pada tiga lantai. Lantai pertama berisi benda-benda yang digunakan pada jaman Hindu-Budha Prasejarah, perkembangan sektor alam Jawa Barat serta budaya Jawa Barat.

Lantai kedua berisi seni dan budaya tradisional masyarakat Jawa Barat, mata pencaharian dan pola hidup masyarakat Jawa Barat dan lambang-lambang daerah se Jawa Barat. Sedangkan lantai ke tiga berisi keramjk asing dan kesenian asing.

Area Museum Sri Baduga

Bagaimana peta lokasi Museum Sri Baduga? Museum Sri Baduga Bandung memiliki area atau kawasan tersendiri khusus pengunjung.

Area pertama adalah Publik area yang bisa dikunjungi masyarakat umum. Pengunjung disuguhkan dengan area auditorium dan gedung pameran.

Area kedua adalah area non public yang diperuntukkan sebagai kantor pengelola museum. Area ini adalah kantor untuk Kepala Museum, Sub TU, Kelompok Kerja Bimbingan Edukasi serta Kelompok Kerja Bimbingan dan Edukasi.

Alamat Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga terletak di Jalan BKR nomer 185, Pelindung Hewan Astsnaanyar, Bandung, Jawa Barat, 40243. Museum ini terletak di lingkar selatan yamtg berdekatan dengan Lapangan Tegallega.

Museum Sri Baduga pun juga berdekatan dengan Monumem Bandung Lautan Api. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat Museum Sri Baduga mudah dijangkau dari arah mana saja.

Kapan Museum Sri Baduga bisa dikunjungi? Jam operasional Museum Sri Baduga setiap hari Selasa-Minggu pukul 08.00-15.30 WIB. Setiap hari Senin Museum Sri Baduga Bandung ditutup untuk umum.

Tips Berkunjung ke Museum Sri Baduga Bandung

Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke Museum Sri Baduga.

Jangan memegang atau merusak barang-barang koleksi.

Selalu jaga kebersihan dimana pun anda berada.

Bawalah alat dokumentasi untuk mencata hal-hal penting.

Pelajarilah seluruh sejarah yang anda dengan mengunjungi atau melihat seluruh koleksi yang ada.

Melestarikan Budaya Jawa Barat

Museum Sri Baduga menyimpan banyak koleksi barang sejarah yang bisa dipelajari. Apalagi anda bisa belajar sejarah Jawa Barata di Museum Sri Baduga Bandung.

Pengunjung Museum Sri Baduga pun kebanyakan pelajar. Rombongan pelajar tersebut datang berkunjung untuk melakukan studi wisata.

Pengunjung pun bisa berkeliling selama 2 jam di Museuk Sri Baduga Bandung.

Harga Tiket Masuk Museum Sri Baduga

Harga tiket masuk Museum Sri Baduga Bandung untuk anak-anak (usia TK, SD dan SMP) Rp 2.000,00. Harga Tiket masuk untuk dewasa (SMK, Mahasiswa serta umum) Rp 3.000,00.

Sedangkr tarif parkir motor Rp 2.000,00, parkir mobil Rp 3.000,00 , parkir bus Rp 5.000,00.

Demikianlah informasi terkait Museum Sri Baduga Bandung. Ternyata anda bisa mempelajari sejarah Indonesia khusunya Jawa Barat yang berharga hanya dengan melihat kolekso bersejrah dan membayar tiket yang relatif murah.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.