Mitos Romantisme Cinta Yang Bersemi Di Candi Ratu Boko

Diposting pada

Yogyakarta adalah kota yang lekat dengan budaya dan sejarah. Banyak objek wisata budaya dan sejarah yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah Candi Ratu Boko.

Apa perbedaan Candi Ratu Boko dengan candi-candi lainya di Yogyakarta? Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam informasi mengenai Candi Ratu Boko.

Pesona Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang sering disebut dengan Situs Ratu Boko adalah salah satu bukti kekayaan dan peninggalan budaya Indonesia. Kenapa disebut dengan situs?

Candi Ratu Boko hanyalah sebuah reruntuhan sebuah istana itulah mengapa disebut situs. Apalagi anda tidak akan menemukan bangunan yang menyerupai candi.

Orang-orang juga menyebut Candi Ratu Boko sebagai Keraton Ratu Boko. Apakah anda tahu sejarah Ratu Boko?

Sejarah Candi Ratu Boko

Bagaimana Candi Ratu Boko ditemukan? Candi Ratu Boko ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda yang bernama H.J De Graff.

Lalu penelitian dilakukan di kawasan Candi Ratu Boko hingga ditemukannya reruntuhan tersebut oleh FDX Bosch. Situs Ratu Boko adalah sebuah tempat dimana Rakai Panangkaran mengundurkan diri.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penemuan sebuah Prasati Abhayagiri Wihara dengan tahun 792 M. Rakai Panangkaran adalah seorang Raja Mataram yang mengundurkan diri dan membangun sebuah wihara sebagai tempat penenangan diri.

Menurut legenda Candi Ratu Boko adalah tempat yang dimiliki oleh ayah Roro Jograng. Candi Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko dibangun pada masa Shailendra yang beragama budha.

Namun ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa Candi Ratu Boko bercorak agama hindu. Bukti tersebut dapat dijelaskan pada  Arca Durga, Yoni dan Ganesha.

Memang awalnya Ratu Boko dibangun oleh umat budha namun terjadi sebuah peralihan kepemilikan oleh raja Mataram Hindu. Itulah mengapa anda bisa menemukan bangunan yang dipengaruhi oleh Hinduisme dan Budhaisme.

Alamat Candi Ratu Boko

Diamanakah letak Candi Ratu Boko? Candi Ratu Boko terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Jika anda berasal dari arah kota Jogja anda bisa menggunakan Jalan Jogja Solo lalu pada pertigaan Pasar Prambanan anda berbelok ke arah kanan. Anda bisa mengikuti jalan sejauh 3 km untuk mencapai Candi Ratu Boko.

Lokasinya yang strategis memungkinkan anda untuk menggunakaj transport umum. Jika anda dari Stasiun Tugu anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus Trans Jogja dengan jalur 1A.

Anda bisa turun di halte Pasar Prambanan dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi. Anda bisa menggunakan Trans Jogja rute 1A jika turun di Bandara Adisucipto.

Struktur Candi Ratu Boko

Bagaiamana struktur Candi Ratu Boko? Berikut adalah kemegahan yang bisa anda temukan di Candi Ratu Boko.

Gerbang

Gerbang Candi Ratu Boko terletak di sisi sebelah barat. Letak gerbang dengan area parkir cukup jauh dan tinggi. Anda harus berjalan sejauh 100m.

Candi Batukapur

Empat puluh lima meter di sebelah timur laut gerbang anda akan menemukan bangunan berpondasi batu kapur. Bangunan tersebut berukuran 5×5 m.

Candi Pembokoran

Candi Pembokoran adalah teras tanah setinggi 3 m yang berundak-undak. Bangunan ini memiliki bentuk bujur sangkar dengan luas 26 m.

Paseban

Paseban adalah bangunan untuk menghadap raja yang dibangun dengan material batu andesit.

Pendapa

Terdapat sebuah pendapa yang berjarak 20 m dari Paseban.

Keputren

Keputren adlah sebuah tempat tinggal khusus untuk putri-putri Raja.

Gua

Terdapat dua buah Gua yaitu Gua Lanang dan Gua Wadon. Gua tersebut terletak di lereng bukit Ratu Boko.

Keunikan Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak diatas bujit dengan ketinggian 200mdpl. Itulah mengapa selain mendapatkan pemandangan yang indah dari reruntuhan istana Boko anda bisa menikmati pemandangan yang terletak di bawah bukit.

Tempat ini cocok dijadikan objek wisata bersama keluarga. Anda bisa menikmati pemandangan dengan duduk-duduk di kursi yang disediakan pengelola.

Sunset di Candi Ratu Boko pun menjadi ikon yang begitu menarik bagi wisatawan. Pengunjung bisa menghabiskan waktu sampai 1,5 jam di Candi Ratu Boko. Waktu paling populer pun sore hari menjelang petang.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Berikut adalah daftar harga tiket masuk Candi Ratu Boko 2019:

Tarif umum

Usia 3-10 tahun Rp 20.000,00

Usia 10 tahun keatas Rp 40.000,00

Tarif rombongan pelajar

Rombongan minimal 20 orang @ Rp 20.000,00 (termasuk premi asuransi Rp 500,00)

Paket Terusan

Paket terusan Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan Rp 75.000,00 untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp 35.000,00 untuk anak usia 3-10 tahun.

Paket Candi Ratu Boko-Candi Borobudur Rp 75.000,00 untuk usia 10 tahun keatas dan Rp 35.000,00 untuk usia 3-10 tahun.

Untuk bisa menikmati kemegahan situs Candi Ratu Boko anda bisa datang setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Demikianlah informasi mengenai Candi Ratu Boko. Anda bisa berlibur sambil melestarikan budaya.

Yuk ajak saudara dan teman anda untuk mencintai kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam ini.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.