Wisata Sejarah Di Balik Kemegahan Museum Benteng Vredeburg

Diposting pada
Museum Benteng Vredeburg

Yogyakarta adalah salah satu kota dengan wisata budaya yang amat sangat kental. Salah satu tempat yang bisa dijadikan wisata budaya dan sejarah adalah Museum Benteng Vredeburg.

Kisaran Harga TiketRp 10.000
Informasi Kontak (0274) 586934
Jam Buka 07.30–16.00 WIB
WilayahKota Jogja

Seperti apakah isi dari Benteng Vredeburg Yogyakarta? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan koleksi, alamat serta harga tiket masuknya.

Wisata Sejarah Museum Benteng Vredeburg

Yogyakarta banyak memilik wisata monumen. Ada Monumen Monjali, Monumen Sonobudayo, Monumen Merapi dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita akan membahas museum yang terletak di pusat kota Yogyakarta yaitu Vredeburg.

Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupak wisata monumen bersejarah di Yogyakarta. Museum ini terkenal tidak hanya dari koleksinya saja melainkan sejarah dan kemegahan arsitekturnya. Museum Benteng Vredeburg Jogja pada awalnya adalah sebuah benteng yang digunakan oleh Belanda untuk menghindari berbagai macam serangan. Benteng ini dibangun pada tahun 1765.

Benteng Vredeburg Jogja berbentuk segi empat. Benteng tersebut dikelilingi oleh parit dan terdapat menara pada setiap sudutnya. Nah diatas benteng terdapat  kubu yang digunakan oleh tentara Belanda untuk berjalan sembari berjaga-jaga. Bangunan Benteng Vredeburg berdiri di atas tanah seluas 2.100 meter persegi.

Sejarah Museum Benteng Vredeburg

Tahukah kamu sejarah Bangunan Benteng Vredeburg? Museum Benteng Vredeburg didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Pembangunan tersebut diperintahkan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1760.

Wisata Sejarah Di Balik Kemegahan Museum Benteng Vredeburg 1

Pada awalnya benteng ini hany berbentuk bujur sangkar. Namun dua tahun kemudian Pemerintah Belanda mengusulkan untuk memperbaiki banguna tersebut.

Perbaikan tersebut mulai dilakukan pada tahun 1967 dan selesai dua puluh tahun kemudian. Setelah selesai benteng tersebut dinamakan Benteng Rustenburg atau Benteng Peristirahatan.

Namun pada tahun 1867 Yogyakarta diguncang gempa sehingga meruntuhkan beberap bangunan. Setelah gempa pun masih terus dilakukan perbaikan sehingga menghasilkan bangunan yang lebih kokh.

Bahkan arsitekturnya tergolong megah. Baru saat itu benteng ini di ganti naman menjadi Benteng Vredeburg. Beteng Vredeburg berarti Benteng Perdamaian. Dinamakan perdamaian bukan tanpa alasan. Perdamian tersebut diambil sebagai simbol perdamian antara Kesultanan Yogyakarta dan Kolonial Belanda.

Alamat Museum Benteng Vredeburg

Dimanakah alamat Benteng Vredeburg? Museum Vredeburg terletak di Jalan Ahmad Yani Nomer 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Sebenarnya museum ini terletak persis di titik nol kilometer Yogyakarta.

Wisata Sejarah Di Balik Kemegahan Museum Benteng Vredeburg 2

Museum Vredeburg in pun terletak di ujung Jalan Malioboro yang menjadi ikon wisata Yogykarta. Bersebelahan dengan Monumen Serangan Umum 1 Maret membuatnya sering diketahui sebagai satu kawasan denagn Vredeburg.

Lebih tepatnya Museum Vredeburg terletak di selatan Pasar Beringharjo dan di utara Kantor Pos Besar Yogyakarta. Selain itu museum ini juga terletak di dekat Taman Pintar Yogyakarta.

Struktur Museum Benteng Vredeburg

Disisi depan kamu bisa menemukan kolam dan taman yang mengelilingi museum. Di bagian tengah kamu bisa menenumakn patung prajurit yang berjejer-jejer.

Pada bagian timur museum kamu juga bisa menemukan patung-patung prajurit yaitu Jenderal Soedrima dan Letnan Jendral Oerip Soemoharjo. Pada sisi timur kamu bisa menemukan lapangan hijau yang biasa digunakan untuk acara-acara tertentu.

Sedangkan ditenagh-tengah museum terdapat ruang-ruang yang berisi diorama. Terdapat 4 ruangan diorama yang mengisahkan perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indoensia.

Fasilitas Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Berikut adalah fasilitas yang bisa kamu gunakan di Bneteng Vredeburg:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Kantin
  • Warung makan

Wisata Sejarah Dan Budaya Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah salah satu monumen yang menyimpan kenangan sejarah Bangsa Indoensia. Di museum tersebut terdapat berbagai macam patung prajurit, barang peninggalan jaman kemerdekaan serta diorama yang menceritakan perebutan kemerdekaan RI.

Wisata Sejarah Di Balik Kemegahan Museum Benteng Vredeburg 3

Wisata sejarah ini cocok untuk dikunjungi keluarga. Pengunjungpun paing sering datang pada pagi hari atau sore hari karena cuaca tidak begitu terik. Pengunjung dapat berkeliling di museum dan bisa menghabiskan waktu selama 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg

Berikut adalah daftar harga tiket masuk Benteng Vredeburg Jogja:

  • Tiket masuk anak Rp 2.000,00
  • Tiket masuk dewasa Rp 3.000,00
  • Tiket masuk wisatawan asing Rp 10.000,00

Jika kamu datang dengan rombongan kamu akan mendapatkan potongan tiket. Kamu akan mendapatkan diskon sebesar 50% jika kamu membawa rombongan minimal 20 orang.

Baca Juga : Mengenal 2000 Lebih Karya Seni Bersejarah Indonesia di Museum Topeng

Sedangkan jam operasional Benteng Vredeburg adalah Selasa-Kamis pukul 07.30-16.00 WIB. Pada hari Jumat-Minggu buka pukul 07.00-16.30 WIB. Namun pada hari Senin Museum Bneteng Vredeburg ditutup untuk umum.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.