Museum Fatahillah Sebuah Destinasi Sejarah yang Menarik Dikunjungi

Diposting pada
Museum Fatahillah

Sebuah sejarah bisa disimpan dalam beragam bentuk. Bukan hanya dari wujud benda. Tetapi sebuah Museum Fatahillah juga dapat jadi wujud kisah sejarah dari masa lalu. Sehingga sekarang menjadi sebuah tempat wisata sejarah tepatnya di Jakarta.

Harga TiketRp 5.000
Informasi Kontak+62 834-7583-7475
Jam Buka08:00 – 18:00 WIB (Senin tutup)
WilayahKota Jakarta

Menilik sebuah tempat sejarah berupa museum pastinya menarik. Apalagi saat ini tempat wisata sejarah dibungkus lebih apik. Sehingga tak ada kesan menakutkan ataupun kuno di dalam destinasi wisata seperti museum satu ini.

Daya Tarik Museum Fatahillah

Museum satu ini memang menarik bagi para wisatawan lokal sampai mancanegara. Bukan hanya dari segi desain bangunannya. Tetapi segala macam isi di dalamnya juga menarik. Museum sejarah di Jakarta ini berada di dekat pelabuhan dan gudang Sunda kelapa.

Banyak pengunjung menilai bahwa museum ini mampu menghadirkan banyak cerita menarik. Karena memang pada zaman dahulu tempat bersejarah ini menjadi kantor pusat administrasi Pemerintah Hindia Belanda.

Beberapa sumber sejarah menyebutkan bahwa musuem sejarah Jakarta ini juga pernah menjadi penjara bagi beberapa tokoh ternama di Indonesia. Salah satunya Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1830 sebelum dibuang ke Manado, beberapa pengikut Pangeran Diponegoro juga dipenjara di museum tersebut.

Desain bangunan museum di Jakarta ini terbilang unik. Karena di bagian bangunan terdapat air mancur. Fungsi air mancur tersebut adalah sebagai akses mudah untuk sumber air di masa dulu. Sedangkan di bagian utara terdapat beberapa meriam Portugis.

Sempat mengalami proses pemugaran, Museum Fatahillah ini mampu memberikan banyak koleksi benda bersejarah. Dari museum satu ini Anda bisa melihat benda peninggalan budaya Kota Batavia zaman dahulu.

Bahkan bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi ada beberapa peninggalan seperti dari Belanda, China, dan India. Jadi Anda akan melihat beragam kisah sejarah beserta benda-benda peninggalannya.

Museum Fatahillah

Kini pemerintah DKI Jakarta memberi inovasi menarik dari tempat wisata satu ini. Karena beberapa festival hingga acara bertema budaya dan seni juga sering diadakan di museum tersebut. Biasanya pada hari Minggu tersedia beberapa festival mulai dari fashion show, musik, hingga makanan, dan beberapa penjualan pernak-perniknya.

Beberapa aktivitas lainnya juga bisa Anda lakukan di sekitar tempat wisata bersejarah ini. Anda dapat berfoto di luar museum dengan latar belakang keunikan bangunannya. Tak jarang Museum Fatahillah ini dijadikan tempat foto prewedding karena memang tema klasik sangat kental di tempat tersebut.

Ada beberapa fasilitas sudah tersedia untuk pengunjung. Salah satunya penyewaan sepeda onthel. Anda dapat berkeliling di sekitar museum. Sembari melihat seperti apa keunikan desain bangunan dari museum.

Sedangkan dari waktu terbaik menikmati semua fasilitas di tempat wisata ini adalah musim kemarau. Namun biasanya pelancong justru berkunjung saat pagi hari karena suasananya masih cukup sepi dan nyaman untuk berfoto.

Harga Tiket Masuk Museum Fatahillah

Berbagai macam fasilitas hingga benda-benda peninggalan di Museum Fatahillah ternyata bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Dari harga tiket pengunjung hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang.

Sedangkan dari jam operasionalnya dibuka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Jadi Anda dapat membuat jadwal dahulu sebelum berkunjung ke museum.

Rute Lokasi Museum Fatahillah

Bukan hanya informasi harga tiket masuk ke museum satu ini. Tetapi wisatawan juga wajib melihat seperti apa akses lokasi untuk menjangkau museum tersebut. Alamat lengkap dari museum di Jakarta ini berada di Jl. Taman Fatahillah No 1 Jakarta Barat.

Museum Fatahillah

Sedangkan dari akses transportasi ke destinasi wisata ini terbilang mudah. Anda bisa langsung memanfaatkan kendaraan priadi. Ataupun bisa juga menggunakan akses transportasi publik seperti busway.

Jika menggunakan busway, Anda dapat menggunakan akses ke Kota dari Blok M atau Koridor 1 kemudian berhenti di terminal terakhir. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jakarta. Sehingga siapapun bisa dengan mudah mengakses lokasinya.

Memilih destinasi Museum Fatahillah ini terbilang unik dan menarik. Karena bukan hanya mendapat informasi kisah sejarah saja. Tetapi bagi wisatawan juga bisa menikmati fasilitas di sekitar lokasi museum. Ataupun bisa mendapatkan pengalaman dari aktivitas berfoto ataupun lainnya yang benar-benar memberi akses terbaik.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.