Mengenal 2000 Lebih Karya Seni Bersejarah Indonesia di Museum Topeng

Diposting pada
Koleksi museum topeng

Malang kini menghadirkan suguhan wisata baru dan unik setelah sukses dengan Museum Angkut-nya, yaitu Museum Topeng. Museum ini merupakan salah satu bagian Museum Angkut. Namun, dengan nuansa baru objek wisata yang sangat unik.

Harga Tiket MasukRp 10000 – Rp 15000
Jam Buka09:00 – 16:30 WIB
Tipe WisataKeluarga, Adrenalin
Kontak
AlamatJl. Raya Cipanas No.3, Rancabango,Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Penasaran? Yuk simak infonya. Berikut kami sajikan beberapa ulasan mengenai daya tarik dan juga fasilitasnya. Tak lupa pula informasi tentang lokasi dan harga tiketnya juga tersedia di artikel ini.

Museum Topeng Malang

D’topeng Museum Angkut adalah bagian dari Museum Angkut yang menawarkan berbagai hasil karya seni dari berbagai wilayah di Indonesia. Museum ini masih terbilang baru, yaitu didirikan pada 23 Mei 2014 lalu.

Mengenal 2000 Lebih Karya Seni Bersejarah Indonesia di Museum Topeng 1

Daya tarik museum D’Topeng

Meski masih terbikang baru, museum ini sudah menjadi kawasan favorit bagi para pengunjung. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan museum budaya dan seni Indonesia satu ini memiliki banyak koleksi menarik.

Mengenal 2000 Lebih Karya Seni Bersejarah Indonesia di Museum Topeng 2

Ada banyak artifak seni dari penjuru nusantara. Beberapa koleksinya ada yang berasal dari Jawa Timur, Kalimantan, NTB, Sulawesi bahkan dari Papua.

Selain itu, banyak juga benda-benda seni memiliki nilai sejarah tinggi. Hal itu disebabkan berbagai koleksi seninya dikumpulkan dari masa pra sejarah sampai zaman kerajaan Majapahit.

Salah satu koleksi dengan nilai historis serta seni paling tinggi yaitu Singgasana Kerajaan Singharaja. Tentunya koleksi satu ini berasal dari daerah Bali.

Apabila anda penikmat seni dan budaya, museum ini pasti akan sangat cocok. Tentunya anda tidak boleh lewatkan kesempatan untuk mengunjungi bagian dari Museum Angkut ini. Daya tarik wisata Museum D’topeng Batu tidak cukup sampai di situ saja.

Museum ini cukup unik jika di bandingkan museum lainnya di kota Batu. Sesuai dengan namanya, museum stau ini memiliki lebih dari 2000 topeng prasejarah yang berasal dari seantero nusantara.

Lengkapnya artifak dan banyaknya topeng unik dari berbagai wilayah di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri.

Selain topeng, artifak lain yang bisa anda temui adalah patung, batik, keris serta berbagai pernak pernik budaya Indonesia. Selain itu, ada juga sebuah koleksi yang terbilang unik terutama bai umat musli. Yaitu sebuah Kitab Suci Al-Qur’an berumur di atas 400 tahun.

Selain dapat belajar tentang warisan budaya Indonesia, anda juga bisa mempelajari sejarah Islam terutama di Indonesia. Lengkapnya koleksi di museum ini tak lepas dari usaha pemiliknya.

Karena museum ini bisa dibilang museum pribadi yang dibuka untuk umum. Pemilik Museum ini, Elly Tumiwa dengan suaminya Reno Halsamer.

Mereka berdua sudah mengoleksi benda- benda sejarah tersebut sejak 25 tahun terakhir. Tak heran, jika koleksi yang didapat sudah sangat banyak.

Mengenai fasilitas di The Topeng Museum Angkut, anda tidak perlu khawatir. Karena meskipun masih baru, fasilitas serta pelayanan untuk pengunjung sudah sangat terjamin. Di samping sangat terjaga kebersihannya, fasilitas umumnya juga lengkap.

Sudah tersedia area parkir lumayan luas. Ada juga toilet, mushola dan tempat peristirahatan serta rumah makan. Semua tersedia dan terjaga dengan baik. Hal ini dikarenakan museum ini bertaraf internasional. Sehingga kenyamanan dan kepuasan pengunjung menjadi prioritas utama.

Tak hanya itu, sudah ada banyak juga penginapan atau hotel berada tidak jauh dari museum. Sehingga bagi pengunjung dari luar kota, tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat menginap.

Lokasi Museum Topeng

Jika anda ingin berkunjung ke museum unik ini, perlu diingat loaksi museumnya. Lokasi Museum Topeng ini berada di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314. Untuk mempermudah menuju lokasi, anda bisa gunakan G Maps yang kami sediakan di artikel ini.

Mengenal 2000 Lebih Karya Seni Bersejarah Indonesia di Museum Topeng 3

Kebetulan Museum Topeng ini berada satu lokasi dengan beberapa destinasi wisata lainnya. Seperti Wisata Budaya Kampung Wijen, Kampung Tridi, dan Pasar Parkiran.

Ada juga museum lainnya seperti Museum Tubuh Manusia, Bagong Adventure, Museum Satwa, dan Circus Magic. Banyak kan? Tak ada salahnya jika anda sekalian mampir berkunjung di salah satu wisata tersebut.

Mengenai jam operasional, museum Topeng buka setiap hari yaitu dari pukul 11.00 hingga 20.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dengan menghubungi telepon di (0341) 595007.

Harga Tiket Museum Topeng

Umumnya, harga tiket masuk tempat wisata akan berbeda untuk hari libur, hari minggu ataupun hari biasa. Tidak berbeda dengan sistem harga tiket masuk lokasi wisata ini.

Harga tiket masuk museum topeng

Pada saat weekday atau hari biasa, harga tiket Museum Topeng sebesar Rp50,000.00 per orang. Sementara pada waktu weekend, harganya meningkat menjadi Rp70,000.00 per orang.

Ada baiknya untuk menghubungi nomor telepon pengelola wisata karena harga dapat sewaktu-waktu berubah.

Itu tadi sekilas informasi mengenai museum yang ada di lokasi wisata Museum Angkut. Sangat unik dan sepertinya tidak akan membosankan jika berkunjung ke sini. Ada banyak hal menarik untuk anda bisa ketahui di Museum Topeng ini mengenai seni dan budaya di Indonesia.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *