Mengenal Koleksi Unik di Museum Terbaik Indonesia, Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta menyimpan seribu kisah unik di dalamnya. Mulai dari kulinernya yang khas, panorama yang eksotis hingga budaya Jawa nya yang kental. Kotanya yang damai dan ramah membuat siapa saja selalu rindu untuk kembali lagi ke sini.

Terlebih jika kita berjalan-jalan ke daerah utara Jogja. Selain terdapat lava tour merapi kaliurang dan rumah hobbit cangkringan jogja. Mungkin anda tidak menyangka tersembunyi sebuah museum yang menyandang predikat terbaik di Indonesia. Ya. Museum Ullen Sentalu.

Museum yang terletak di lereng Merapi, tepatnya di Kaliurang ini menyimpan aneka koleksi unik. Koleksi yang disimpan di sini sarat akan budaya Jawa dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Yuk, temukan ada apa saja di sana.

Museum Ullen Sentalu Jogja

Sesaat menjejakkan diri di museum ini anda akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan. Tidak heran jika di sini dingin karena suhunya hanya berkisar antara 15 – 25 ‘C.

Terlebih arsitektur vernakular museum ini seakan menyatu dengan alam. Bangunan museum yang dikelilingi pepohonan rimbun menjadi pesona tersendiri.

Diketahui bahwa museum ini adalah sebuah museum swasta yang pembangunannya disponsori oleh Keluarga Haryono. Yang juga berada di bawah naungan Yayasan Ulating Blencong.

Nama Ullen Sentalu sendiri adalah akronim dari frasa Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku. Arti frasa tersebut adalah Pelita Kehidupan Umat Manusia.

Konsep museum ini sangat apik. Yakni dengan memadukan arsitektur Gothic ala Eropa dengan arsitektur tradisional Jawa. Sehingga dari luar museum ini akan tampak sangat megah. Dihiasi oleh taman serta pahatan khas Jawa.

Aktivitas dan Fasilitas

Museum Ullen Sentalu

Menyandang nama museum terbaik, tentunya layanan serta tata kelola Museum Batik Ullen Sentalu bisa dibilang prima. Terdapat seorang pemandu yang akan memandu anda berkeliling serta mejelaskan setiap hal mengenai isi museum secara rinci.

Baca Juga: Kebun Buah Mangunan – Serunya Panen Buah sambil Hunting Spot Foto Kece

Hal tersebut dikarenakan setiap pengunjung tidak diperkenankan berkeliling museum sendiri. Para pengunjung akan dibuat per kelompok.

Tiap-tiap kelompok memiliki pemandu khsusus yang akan memandu penjelajahan museum. Fasilitas pemandu ini sudah termasuk biaya masuk museum sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Apa isi Museum Ullen Sentalu? Di dalamnya terdapat bebeapa koleksi benda keraton Yogyakarta dan Solo yang dibagi menjadi beberapa ruang. Yaitu sebagai berikut.

Ruang Selamat Datang

Ruang ini yang pertama kali akan anda kunjungi.  Ruang ini berfungsi sebagai ruang tamu untuk menyambut pengunjung. Di dalam ruang ini terdapat sejumlah banner yang bercerita mengenai sejarah dan latar belakang berdirinya museum.

Di sini anda juga akan temukan sebuah arca. Arca yang populer di kalangan wisatawan ini diketahui arca Dewi Sri. Yaitu dewi yang dipercaya sebagai dewi kesuburan di kalangan masayarakat Jawa.

Ruang Seni Tari & Gamelan

Ruang berikutnya yang akan anda kunjungi adalah ruang seni tari dan gamelan. Di ruangan ini terdapat lukisan-lukisan tarian Jawa.

Ada juga sejumlah benda yang merupakan hibah dari keraton Jogja. Beberapa diantaranya berupa seperangkat koleksi gamelan yang dihibahkan oleh pangeran dari Kesultanan Yogyakarta.

Guwo Selo Giri

Museum Ullen Sentalu

Selanjutnya terdapat ruang Guwo Selo Giri. Desain ruangan ini sangat unik karena mengusung konsep gothic yang diserasikan dengan konsep adat Jawa. Material yang digunakan untuk bangunan ruang ini pun berasal dari gunung berapi.

Ruang ini menjadi ruang pameran lukisan tokoh-tokoh utama keraton. Yaitu empat figur yang pernah memimpin Dinasti Mataram.

Banyak fine arts serta dokumentasi tentang keempat tokoh tersebut di sini. Selain mengejar banyak sejarah, di tempat ini anda bisa berswafoto karena arsitekturnya sangat instagenic.

Kampung Kambang

Bangunan Kampung Kambang terinspirasi dari Bale Kambang serta labirin. Di Kampung Kambang ini terdapat lima ruangan yang berdiri di atas kolam. Tiap ruangan menunjukkan berbagai koleksi keraton. Diantaranya adalah batik, syair, serta album hidup GRAj Koes atau Tineke.

Salah satu ruangnya disebut Bilik Syair Tineke. Di ruang ini anda akan menemukan syair-syair yang diciptakan oleh Putri Sunan Pakubuwono XI Surakarta. Melalui syair-suair tersebut, dapat diungkap tingkat intelektual sastra para putri keraton.

Royal Room Ratu Mas

Di dalam ruang ini terdapat beberapa benda yang erat kaitannya dengan Ratu Mas. Siapakah Ratu Mas? Beliau adalah permaisuri dari Sunan Pakubuwana X.

Museum Ullen Sentalu

Terdapat beberapa benda yang dipamerkan di sini. Diantaranya adalah foto Ratu Mas bersama Sunan dan sang putri serta berbagai pernak pernik. Barang-barang beliau meliputi dodot putri, dodot pengantin, kain batik, aksesori serta topi juga dipajang di sini.

Ruang Batik Vorstendlanden (Kerajaan)

Ruang ini meruoakan sebuah galeri koleksi batik milik Sunan Pakubuwono dan Sultan Hamengkubuwono. Koleksi tersebut merupakan barang-barang sultan. Mulai dari HB VII hingga VIII dan PB X hingga PB XII.

Melalui koleksi tersebut kita dapat mengetahui nilai filosofi di balik corak batik yang berbeda dari satu kepemimpinan ke kepemimpinan berikutnya.

Ruang Batik Pesisiran

Tidak hanya batik kerajaan, terdapat juga ruangan yang menyimpan koleksi batik pesisiran. Di ruang khusus ini anda akan temukan sejumlah batik pekalongan dan bahan atau dasar kain batik. Dari bahan hingga pewarna yang digunakan juga dipajang di sini.

Selain kedua museum batik tersebut, ada juga Ruang batik Nusantara dan Ruang Pedalaman. Ada juga ruang Siti Nurul Kusumawardhani. Dan yang terakhir yaitu Ruang Sasana Sekar Buwana serta Koridor Letja Randa yang berfungsi sebagai museum outdoor.

Fasilitas lain selain beberapa ruang di atas adalah Restoran Beukenhof. Terdapat banyak menu lezat di sini diantaranya Lobster Thermidor dan Glazed Lamb Rack. Selain itu, terdapat juga toilet dan area parkir memadai.

Lokasi Museum

Alamat Museum Ullen Sentalu Kaliurang berada di Jl. Boyong, Hargobinangun, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kode pos 55582. Akses menuju ke sini sangat mudah meskipun cukup jauh dari pusat kota.

Tiket Masuk Museum

HTM Museum Ullen Sentalu Jogja untuk pengunjung domestik dewasa adalah Rp 30.000. Sementara untuk anak-anak (5-16 th) adalah Rp 15.000. Bagi para pengunjung mancanegara biaya yang dikenakan adalah untuk dewasa Rp 50.000 dan anak-anak (5-16) seharga Rp 30.000.

Museum Ullen Sentalu

Jam Buka

Museum Ullen Sentalu jam buka hanya dari Selasa hingga Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB. Dan pada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB. Khusus pada hari Senin museum ini tutup.

Baca Juga: Taman Pelangi Jogja, Wisata Bertajuk Lampu Lampion

Nah, menarik bukan? Banyak pengetahuan baru yang bisa anda dapatkan di Museum Ullen Sentalu. Ayo segera kunjungi museum terbaik di Indonesia ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.