Nusa Penida, Surga Wisata Tersembunyi Tak Jauh dari Bali

Diposting pada
Nusa Penida

Nusa Penida – Pulau yang berada tak jauh dari Bali ini memang terkenal dengan pesona wisata alam terutama bawah lautnya. Kalau kamu mencari inspirasi untuk mengadakan Nusa Penida Bali tour. Mending kamu tambah pengetahuan tentang artikel Nusa Penida berikut ini sobat. 

Serba Serbi Nusa Penida

Dalam deskripsi Nusa Penida wikipedia, disebutkan bahwa Nusa Penida adalah sebuah pulau atau nusa yang dikelilingi oleh gugusan pulau lainnya. Nusa Penida dimana? Pulau ini terletak di sebelah tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung.

Nusa Penida sebetulnya satu dari gugusan pulau kecil lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan yang berada di Kabupaten Klungkung. Perairan di pulau Nusa Penida ini sangat terkenal dengan kawasan selamnya seperti Penida Bay, Batu Meling, Manta Point, Batu Abah, Batu Lumbung, Toyapakeh serta Malibu Point.

Sebagai salah satu destinasi andalan Indonesia, seperti apa sih kondisi geografis pulau ini? Ini dia reviewnya.

Kondisi Geografis Nusa Penida

Yang mendominasi kawasan Nusa Penida adalah perbukitan serta kapur karang, salah stau bukit tertinggi di sini adalah Gunung Mundi. Meskipun terdiri dari batu karang, mamsih ada kawasan yang memiliki sumber air atau “mata air” serta sungai namun hanya bisa ditemukan di wilayah Kabupaten Klungkung.

Sementara di Kecamatan Nusa Penida diketahui tidak ada sungai ataupun sumber air sama sekali. Sumber air di sana hanya berupa “mata air” serta “air hujan” yang biasanya ditampung dalam cubang.

Sejarah Nusa Penida

Tahukah kamu bagaimana pulau kecil di tenggara Bali ini memiliki penduduk di dalamnya? Kabarnya, pulau ini pernah digunakan sebagai pulau tahanan oleh dinasti Gelgel Klungkung di bawah pimpinan Kerajaan Majapahit pada abad ke-18.

Dinasti Gelgel Klungkung sendiri merupakan salah satu kerajaan di Bali yang memiliki kekuasaan sampai ke pulau Lombok. Setelah runtuhnya kerajaan Majapahit, Nusa Penida pun menjadi kawasan biasa dan penduduknya pun mulai bercocok tanam dan tinggal di situ.

Tanaman yang paling banyak dibudidayakan adalah padi gage atau padi ladang karena keterbatasan adanya air. Selain sebagai petani, banyak masyarakat di Nusa Penida yang beraktivitas sebagai nelayan dengan hasil tangkapan berupa ikan dan juga rumput laut.

Parisiwata Nusa Penida

Berkembangnya pariwisata di Nusa Penida ini sebetulnya sudah berlangsung lama yakni mulai tahun 1990an. Pada awalnya banyak investor yang melirik kawasan ini dan membangun dermaga sekaligus fasilitas untuk wisata.

Wisata Nusa Penida

Hingga sampai sekarang sudah banyak hotel, villla dan fasilitas serta akomodasi wisata yang lengkap di sini. Bahkan diketahui ada kapal pesiar mewah yang mengangkut sekitar 400 wisatawan untuk menikmati pengalaman ke Nusa Penida setiap harinya.

Hal ini tidak mengherankan, karena Nusa Penida memiliki sejuta pesona wisata yang akan menyihir siapa saja yang datang ke sana. Nah, buat kamu yang ingin mengadakan Nusa Penida Bali tour, nih ada rekomendasi objek wisata Nusa Penida yang tak boleh kamu lewatkan.

Objek Wisata Nusa Penida

Bagi kamu yang ingin puas mengeksplor pulau Nusa Penida, tentu tak ingin kelewatan ada objek wisata di pulau tersebut.

1. Nusa Ceningan

Nusa Ceningan atau disebut juga Pulau Ceningan merupakan pulau kecil di antara tiga gugusan kepulaun Nusa Penida. Ceningan adalah bagian dari Desa Lembongan yang memiliki perairan sangat jernih.

Saking jernihnya, bahkan dari atas kamu bisa melihat dasar lautan. Harga tiket masuk yang dibutuhkan untuk bisa Nusa Ceningan ini gratis lho, kamu hanya perlu membayar biaya untuk biaya fast boat.

Bagi para penantang adrenalin, tentu wajib banget mencoba aktivitas lompat dari tebing dan langsung ke laut. Ayo, berani ga nih sobat?

1. Kelingking Beach

Kelingking beach atau Pantai Kelingking ini salah satu ikon Nusa Penida yang sangat terkenal di kalangan turis asing. Bahkan, tempat ini mendapat julukan T-Rex Beach sebab memiliki bentuk tebing yang sangat menjorok ke laut dan menyerupai dinosaurus.

Namun, kamu perlu usaha ekstra untuk dapat mencapai Kelingking Beach ini. Karena medannya yang sulit dan ekstrim sehingga perlu stamina yang prima untuk mengaksesnya. Namun, perjuangan yang cukup sulit menuju ke kawasan ini akan terbayar lunas.

Kamu akan dimanjakan oleh pasir putih lembut dan air yang jernih layaknya kristal ditambah keindahan bawah lautnya yang cocok dieksplor lewat snorkeling atau diving. Lantas, berapa harga tiket masuk Pantai Kelingking ini? Murah saja, hanya Rp 5.000 per orang.  

2. Paluang Cliff

Tak jauh dari Kelingking Beach, ada spot Paluang Cliff yang bisa kamu capai dengan naik motor sekitar 7 menit saja. Paluang Cliff adalah spot dimana kamu bisa melihat tebing atau batu yang ada di Kelingking Beach.

Bisa dikatakan Paluang Cliff adalah hidden spot yang menawarkan sensasi melihat keindahan batu di Kelingking Beach dari view yang berbeda. Tak hanya itu, Plauang cliff juga menyuguhkan pesona sunset yang sangat mempesona.

3. Manta Point Nusa Penida

Tahukah kamu apa itu Manta? Yups, Manta adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Jadi, sesuai namanya, Manta Point adalah tempat dimana kamu bisa menikmati snorkeling bersama ikan pari manta.

Manta Point ini merupakan salah satu spot menyelam yang lokasinya berada dalam kawasan Pantai Kelingking. Namun agak disayangkan, karena semakin banyak pengunjung kabarnya keindahan bawah laut di sini mulai tercemar sampah bekas manusia.  

Terlepas dari itu, Manta Point tetap adalah salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sedikit catatan bagi para penyelam pemula untuk mendapatkan pendampingan saat menyelam karena arus air serta ombak yang tidak terlalu stabil.

4. Angel’s Billabong Nusa Penida

Nusa Penida trip berikutnya bisa kamu lakukan dengan mengeksplorasi tempat ini nih. Angel’s Billabong, yups, tempat ini adalah muara sungai berakhir di laut yang dihimpit karang. Tempat ini membentuk kolam berbentuk memanjang di ujung muara. Namun, kamu juga perlu usaha ekstra untuk mencapainya, karena harus menuruni tebing batu tajam dan juga terjal.

Dan, kamu juga harus bersabar untuk menunggu air laut surut jika ingin berenang di sini karena ombaknya lumayan berbahaya ketika pasang. Angel’s Billabong yang menawarkan kejernihan air berkilau yang berwarna biru kehijauan ini terletak di Desa Sakti.

5. Broken Beach Pasih Uug

Nusa Penida memang surganya pantai dan view bawah laut, jadi jangan heran kalau pantainya di sini semuanya mempesona. Salah satunya adalah Pantai Pasih Uug atau yang lebih terkenal dengan nama Broken Beach.

Lokasi pantai ini berada di Desa Bunga Mekar dan memiliki daya tarik berupa tebing melingkar yang sebagiannya menjorok ke arah laut. Nah, tebing inilah yang menjadi spot foto favorit kesukaan pengunjung, yakni tebing patah. Hal ini pun membentuk terowongan dan dipadukan dengan birunya laut lepas.

6. Toyapakeh

Apa itu Toyokapeh? Toyapakeh adalah spot menyelam yang berada di Kampun Toyokapeh yang jaraknya hanya sekitar 20 menit dari Padangbai.Untuk dapat ke sini kamu bisa menggunakan speed boat.

Apa sih daya tarik objek wisata ini? Tempat ini menawarkan sensasi menyelam di tempat terbaik di Nusa Penida. Di kedalaman 6 meter, kamu akan melihat kumpulan karang lunak dan keras serta gerombolan ikan cantik yang ramah menyambut para penyelam.

Sejumlah jenis ikan kecil yang bisa kamu temukan di sini yaitu jack fish, trevally, belut moray, banner fish, porcupine serta scorpionfish.

7. Crystal Bay Nusa Penida

Kalau ke Nusa Penida, wajib banget mengunjungi Crystal Bay ini. Kenapa ?Karena pantai ini bsia dibilang yang paling ramah, dengan akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap.

Sekilas penampakannya sangat mirip dengan pantai di Ancol yang sudah dihiasi oleh banyak toko di pinggir pantainya.  

Bahkan, Crystal Bay ini menjadi satu-satunya pantai terkenal sehingga tak heran jika pantai sangat komersil.

8. Pantai Banah

Tak hanya Crystal Bay, objek wisata pantai lain di Nusa Penida juga patut kamu kunjungi, misalnya Pantai Banah ini. Sebetulnya, di pantainya kamu tidak akan menemukan pasir pantai ataupun garis pantai yang putih, melainkan hanya tebing.

Namun, tebing inilah yang dinamakan pantai oleh warga sekitar. Daya tariknya terletak pada tebing yang memiliki lubang besar di tengahnya yang terbentuk akibat hantaman ombak keras.

Meski tebing tersebut terbentuk dari batu kapur, ada sejumlah tanaman yang tumbuh di atasnya. Hal ini menciptakan pemandangan kontras nan indah yakni perpaduan birunya laut, batu kapur putih dan warna kehijauan.  

10. Pantai Suwehan

Pantai berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Nusa Penida adalah Pantai Suwehan yang memiliki ciri khas unik. Apa keunikannya? Pantai Suwehan memiliki keunikan berupa batu berbentuk segitiga lancip yang sangat mirip dengan merek volcom.

Karena keberadaan batu tersebut tak heran jika pantai ini juga disebut Pantai Volcom, sementara warga sekitar menamai batu ini disebut Batu Jineng. Hal menarik yang ada di pantai ini adalah pasirnya sangat putih dan bersih.

Namun demikian, Pantai Suwehan merupakan pantai yang paling sulit dijangkau karena aksesnya lebih susah dibanding pantai lainnya. Sehingga jangan heran kalau di pantai ini kamu serasa berada di pantai pribadi sebab pengunjung pantainya masih sangat sedikit.

11. Raja Lima

Apa itu Raja Lima? Yang jelas bukan tetangganya Raja Ampat ya sobat. Kepulauan yang bentuknya mirip Pulau Seribu ini jika sekilas dilihat memang sangat mirip dengan Raja Ampat, karena banyak bebatuan membentuk pulau-pulau kecil.

Raja Lima Beach

Nah, Raja Lima ini merupakan salah satu spot dimana kamu bisa menemukan sebuah patung. Di patung ini kamu akan melihat pemandangan batu karang yang membentuk pulau-pulau di Nusa Penida.  

12. Pulau Seribu

Bukan di perairan Banten, Pulau Seribu ini adalah area yang sangat berdekatan dengan Pantai Atuh. Keindahan Pulau Seribu Nusa Penida ini kerap digambarkan seperti  Raja Ampat ala Bali dikarenakan keindahan serta bentuknya yang sangat mirip.

Beriktunya kami akan berikan ulasan mengenai objek wisata Nusa Penida yang lain selain pantai dan keindahan bawah laut. Apakah ada? Tentunya, jadi jangan salah ya, wisata di pulau ini cukup beragam, tidak melulu pantai.

13. Mata Air Seganing

Rekomendasi wisata selain laut yang pertama adalah Mata Air Seganing yang berlokasi di Sebuluh, Desa Cacah. Untuk menuju ke sini kamu harus bertolak dari Pelabuhan Toyapakeh terlebih dahulu, setelah itu kamu harus trekking di medan yang sulit hingga sampai ke titik mata air.

Seperti apa medan ke Mata Air Seganing ini? Medannya adalah bebatuan yang licin serta terjal. Seperti apa medan ke Mata Air Seganing ini? Medannya adalah bebatuan yang licin serta terjal.

Namun sulitnya medan yang kamu lalui selama 30 menit menghasilkan buah yang manis. Pasalnya, di sini kamu akan temukan air yang jernih yang mengalir dari sela-sela tebing dan langsung menuju ke laut.

Selain itu ada beberapa ceruk yang menyerupai kolam, dan kamu juga bisa langsung menikmati indahnya pantai sambil dan birunya air laut.

14. Air Terjun Seganing

Tak hanya mata air, di lokasi yang hampir sama kamu akan menemukan sebuah spot air terjun bernama Air Terjun Seganing. Dengan air yang sangat jernih, eksotisme air terjun ini pun ditambah dengan indahnya pemandangan di sekitarnya.

Namun harus diingat, kamu harus melewati jalanan yang sempit yang ada di pinggir tebing yang curam. Tak hanya itu, kamu juga harus merangkak melewati medan berupa semak-semak  belukar.

Bagaimana? Apakah kamu rela demi surga tersembunyi ini sobat?

15. Air Terjun dan Mata Air Peguyangan

Selain di Seganing, ada mata air dan air terjun yang terletak di lokasi berbeda di Pulau Nusa Penida. Bagi kamu yang suka berendam dan berenang, sangat rekomended nih air terjun Peguyangan ini.

Selain sangat jernih, pemandangan yang ditawarkan juga luar biasa, sebab di hadapanmu berupa lautan lepas yang terhampar indah. Ohya, FYI air yang ada di kolam ini bisa diminum lho!

Terdapat pula sebuah pura yang bisa dijadikan sebagai spot foto, meskipun sebenarnya pura ini biasa dijadikan tempat ibadah umat Hindu. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, untuk mencapai ke sini kamu trekking melewati 870 anak tangga.

Namun perjalanan yang semakin menanjak ini tidak disarankan bagi orang yang takut ketinggian. Sedikit informasi penting, bagi wisatawan yang sedang menstruasi dilarang keras untuk berada di dekat mata air ini.

Tak hanya itu, wanita yang sedang menstruasi juga dilarang mencuci muka bahkan melakukan apapun di sekitar area mata air ini.

16. Mata Air Tembeling

Spot wisata selanjutnya untuk Nusa Penida backpacker kamu selanjutnya adalah Mata Air Tembeling ini. Sebelumnya, mata air ini dimanfaatkan sebagai sumber air minuman bagi warga sekitar karena airnya yang sangat jernih.

Selain itu, diketahui mata air ini juga digunakan sebagai tempat ritual keagamaan bagi warga beragama Hindu. Sama seperti matai air peguyangan, mata air tembeling ini juga hanya boleh dipakai oleh pria, sementara wanita tidak diperbolehkan untuk berendam ataupun berenang.

Namun, para wanita diperbolehkan berendam atau bermain air di area lain yakni kolam kecil yang berada tidak terlalu jauh dari mata air.

17. Goa Giri Putri

Selain mata air, ada spot wisata goa yang berada di Goa Giri Putri di Desa Suana, Kabupaten Klungkung. Menariknya, di dalam gua ini ada sebuah pura yang biasa digunakan untuk beribadah oleh penduduk sekitar.

Goa Giri Putri ini memiliki panjang mencapai 262 meter dan menjadi rumah kelelawar yang hinggap di area stalagtit dan stalagmit goa. Uniknya lagi, aliran air yang ada di dalam goa ini dipercaya sebagai air suci sehingga diadakan sesembahan yang berlokasi di 4 titik. Salah satunya di aliran air goa, 3 lainnya di luar goa.

18. Pohon Cinta

Saat kamu berada di Kelingking Secret Point, kamu akan melihat sebuah pohon mati yang wisatawan biasa sebut sebagai Pohon Cinta. Dari lokasi pohon ini kamu bisa melihat keindahan laut biru yang menyatu dengan birunya laut. Selain itu kamu juga akan melihat Tebing Banah secara sangat jelas dari sini.

19. Bukit Teletubbies

Bagi kamu yang sudah cukup mengeksplor keindahan laut Nusa Penida, kini saatnya kamu menjelajah hijaunya perbukitan di pulau ini. Karena bentuknya yang mirip dengan di fil Teletubbies, bukit-bukit di sini pun dinamai Bukit Teletubbies.

Kamu bisa rasakan sejuknya angin khas dataran tinggi sambil menikmati indahnya pulau dari atas bukit. Setelah tahu pesona wisata di ujung tenggara Bali ini, saatnya kamu juga harus tahu tips Nusa Penida day trip.

Biar apa? Jelas gar liburanmu semakin mengesankan. Apa saja kira-kira? Ini dia reviewnya.

Tips Liburan Hemat ke Nusa Penida

Bagi kamu yang tak ingin kehabisan budget saat atau setelah liburan ke Nusa Penida. Ada baiknya simak tips hemat berlibur ala Ngetrip Kemana berikut.

Nusa Penida

Pertama, jangan lupa siapkan tiket penyebrangan terlebih dahulu. Pastinya, kamu akan membutuhkan tiket penyeberangan dari Bali menuju ke Pulau Nusa Penida lewat Pelabuhan Sanur dengan tujuan Pelabuhan Banjar Nyuh.

Usahakan menyewa kendaraan, bisa motor ataupun mobil. Akan tetapi perlu diingat kalau motor yang paling murah dan paling cocok untuk mengeksplor pulau ini.

Harga sewa motor yang harus kamu bayar untuk wisatawan domestik adalah RP 75.000/sehari. Sementara sewa mobil harganya sekitar Rp 500.000/sehari.

Manfaatkan destinasi “murah meriah” seeprti wisata Raja Lima atau Molenteng dengan biaya masuk sekitar Rp 5.000 saja per orangnya. Maksimalkan kunjungan di setiap destinsi wisata dan tak perlu terlalu banyak berpindah lokasi karena setiap sudut Nusa Penida itu indah.

Siapkan perlengkapan yang sekiranya kamu perlukan seperti tabir surya, pakaian, dan alas kaki yang nyaman. Yang perlu kamu catat adalah pentingnya membawa persediaan air minum karena harga minuman di tempat wisata cukup mahal.

Usahakan selalu tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah yang lain. Misalnya,  datang ke pelabuhan tepat waktu, sebab jika kamu tidak on time kamu pasti akan tertinggal jadwal penyeberangan fast boat.

Baca Juga : Pesona Keindahan Pura Lempuyang Gerbang Suci Umat Hindu Bali

Itu dia sekilas info tentang wisata ke Nusa Penida, namun masih ada banyak hal yang harus dieksplorasi dari tempat ini. Untuk tips liburan selanjutnya, kamu bisa mencari info nusa penida hotel dan biaya nusa penida trip di artikel kami yang lain. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.