23 Pantai di Malang, Surga Tersembunyi yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Sobat pasti setuju dengan pesona pantai yang ada di Bali, Lombok maupun Jogja yang tak ada duanya, namun bagaimana dengan pantai di Malang?

Kamu pasti nggak nyangka kalau deretan pantai di Malang juga tak kalah cantik dan mempesona? Sebut saja Pantai Ungaran Malang dan Batu Bengkung yang tak kalah eksotik.

Biar lebih banyak tahu bagaimana dan seperti apa pantai-pantai di Malang. Nih kami berikan informasinya untukmu sobat.

Sekilas Info Pantai di Malang

Malang merupakan salah satu lokasi yang menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Berbeda dengan Bali dan Lombok, wisata Malang justru lebih terkenal dengan wisata alam dataran tinggi seperti kebun apel, dan tempat rekreasi modern.

Namun faktanya, Malang juga memiliki sederet pantai yang justru masih asri karena belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Sehingga sejumlah pantai di Malang ini masih sangat alami dan tentunya bersih dari sampah.

Namun perlu diingat, butuh perjuangan ekstra untuk dapat sampai di kawasan pantai di Malang ini. karena jaraknya cukup jauh dari kota dan akses jalannya tidak mudah.

Apabila kamu merasa tertantang untuk menemukan keindahan surga tersembunyi yang ada di Malang, yuk langsung saja simak pembahasan di artikel kali ini.

Pantai Licin Ampelgading

Kalau kamu ingin melihat pantai unik, datang saja ke Pantai Licin ini. Seperti namanya, kondisi pantai di sini licin disebabkan karena ada banyak tumbuh vegetasi lumut.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki perbedaan pasir pantai, jika pantai di Malang lainnya pasirnya berwarna putih, Pantai Licin memiliki warna hitam. Pantai Licin juga menjadi pantai di malang yang ombaknya besar yang dikelilingi bukit hijau nan cantik.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur 65183

Untuk dapat memasuki pantai ini juga tidak dipungut biaya alias gratis, namun hati-hati ya karena jalan menuju pantainya masih kurang baik dan bergelombang. Selanjutnya ada pantai yang memiliki pesona air terjun lho di Malang, seperti apa ya?

Pantai Sipelot Tirto Yudo

Salah satu pantai di Selatan Malang ini menawarkan pantai berpasir putih yang sudah memiliki fasilitas lengkap dan menarik. Salah satunya adalah sewa perahu yang dibandrol Rp 50.000 saja.

Sipelot sendiri memiliki ombak yang keras sehingba pengunjung tak diizinkan berenang, namun kamu bisa mendatangi Coban Sipelot tak jauh dari lokasi pantai. Air terjun payau ini berada di bagian barat Pantai Sipelot.

Alamat: Pujiharjo, Tirtoyudo, Gunung, Pujiharjo, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

Untuk biaya masuk Pantai Sipelot sementara ini masih gratis. Nah, lain lagi nih dengan Pantai Ngliyep, salah satu pantai di Malang dekat stasiun.

Pantai Ngliyep Donomulyo

Daya tarik Pantai Ngliyep terletak pada struktur dan bentuk bebatuan karang yang unik dan menarik. Bahkan, di salah satu sisi pantai ini terdapat bebatuan karang yang menyerupai sebuah pintu gerbang.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan hamparan pasir putih dan pesona sunset yang sangat menakjubkan. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang disebut Gunung Kombang yang katanya menjadi tempat ritual persembahan untuk Ratu Laut Selatan.

Alamat: Desa, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Untuk harga tiket masuk Pantai Ngliyep ini sekitar Rp 15.000 per orang. Masih ada satu lagi rekomendasi pantai Malang yang dekat stasiun yaitu di Pantai Balekambang, seperti apa pantainya? Ini dia gambarannya.

Pantai Balekambang Bantur

Ini dia yang katanya Tanah Lot versi Malang. Jadi, kalau di sini kamu bakal merasakan sensasi pantai seperti di Tanah Lot sobat.

Hal tersebut dikarenakan terdapat Pura Amerta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo. Pulau tersebut berada di tengah laut, mirip dengan Tanah Lot.

Pantai yang sangat populer di Malang ini memiliki banyak pengunjung. Sehingga fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, ada warung makan, toilet, camping ground, area parkir, dan lain-lain.

Alamat: Jalan Balekambang, Balaikambang, Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179, Indonesia

Biaya masuk Pantai Balekambang sendiri berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Selanjutnya, Bagi kamu yang ingin rekomendasi pantai di Malang yang ombaknya tenang, salah satu pilihannya adalah Pantai Wedi Putih ini sobat.

Pantai Wedi Putih Tirto Yudo

Kebanyakan pantai di Malang memang terkenal dengan ombak yang cukup ganas. Berbeda dengan Pantai Wedi Putih ini, ombaknya cukup tenang dan bisa dijadikan tempat berenang bahkan snorkeling.

Pantai ini menjadi pantai di malang yang cocok untuk snorkeling lho sobat. Selain itu, pesona pantai pasir putih yang cantik juga ditambah dengan air yang jernih serta gugusan batu karang yang sangat eksotik. Harga tiket masuk Pantai Wedi Putih ini cukup dengan Rp 5.000 saja, murah ya!

Alamat: Balearjo, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

Selain Wedi Putih, rekomendasi pantai di Malang yang memiliki ombak tenang adalah Pantai Watu Leter. Apa hal menarik dari pantai ini? Yuk simak reviewnya.

Pantai Watu Leter Sumbermanjing

Selain dapat menikmati pesona pantai, hal menarik yang bisa kamu lakukan adalah melihat habitat asli penyu abu-abu. Kondisi ombak pantai Watu Leter yang tenang dan memiliki pasir pantai lembut membuatnya sangat cocok untuk tempat pelestarian penyu.

Pantai yang masih tergolong sepi wisatawan ini pun masih sangat asri. Sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri.

Keunikan lain pantai ini terletak pada keberadaan batuan karang yang ada di pesisir pantai. Keberadaan batu karang tersebut bahkan menjadi asal-usul nama pantainya, yaitu “Watu” (batu) dan “Leter” (karang datar).

Penasaran kan? Datang saja langsung ke alamat di bawah ini. Untuk biaya masuknya dibandrol Rp 10.000 saja.

Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Pantai Bajulmati Gedangan

Kali ini kami rekomendasikan pantai cantik dengan kisah yang unik pula. Yups, Pantai Bajul Mati, dari namanya pun sudah menimbulkan pertanyaan ya!

Kisha pantai ini katanya, pada tahun 1890 ditemukan seekor buaya yang mati di kawasan pesisir pantai. Karena dalam bahasa Jawa, buaya dinamakan “bajul”, sehingga pantai ini dinamai nama Pantai Bajulmati.

Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan batu karang yang membentuk teluk-teluk cantik di sekitar pantai.  Terdapat gua yang ada di sisi timur pantai yang disebut Gua Wil yang bisa kamu jelajahi.

Hanya dengan mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000, kamu sudah bisa puas menjelajah fenomena alam unik di Pantai Bajulmati.

Alamat: Jalan Lintas Selatan Rt/Rw 42/05 Gajahrejo, Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

Tak jauh dari Pantai Bajul Mati, ada sebuah pantai dengan kisah yang tak kalah unik lho. Mau tahu? Ini dia, Pantai Goa Cina.

Pantai Goa Cina Sumbermanjing

Sebelum adanya kisah penemuan mayat di pantai ini, nama pantai cantik ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun, sekitar 20 tahun lalu ditemukan sesosok mayat dan sebuah tulisan Cina yang ada pada dinding gua di pantai ini.

Karena hal tersebut, pantai dekat Balekambang ini Malang ini pun berubah namanya menjadi Pantai Goa Cina. Keunikan pantai ini adalah keberadaan  tiga pulau karang yang ada di pesisir pantai.

Pulau-pulau itu adalah Pulau Goa Cina, Pulau Bantengan, dan Pulau Nyonya. Harga tiket masuk Pantai Goa Cina ini dibandrol sebesar Rp 5.000.

Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia

Pantai di Malang yang dekat selanjutnya ini bisa dijadikan spot memancing bagi kamu yang hobi mancing, dimanakah pantai ini? Jawabannya adalah Pantai Lenggoksono.

Pantai Lenggoksono Tirto Yudo

Salah satu pantai di Malang ini terkenal dengan kekayaan laut yang melimpah sehingga menjadi tempat terbaik untuk memancing. Di sini kamu bisa menemukan bermacam-macam ikan seperti tuna, cakalang, sampai lobster.

Daya tarik lain pantai ini adalah memiliki sebuah pulau bernama Pulau Gadung yang dijadikan tempat konservasi lobster mutiara, lobster batu dan lobster pasir. Wah, menarik kan!

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa masuk pantai ini? Tenang saja, hanya dibutuhkan biaya sebesar  Rp5.000 saja untuk harga tiket masuk Pantai Lenggoksono.

Alamat: Purwodadi, Tirto Yudo, Purwodadi Kidul, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

Apakah kamu pernah mendengar tentang Pantai Teluk Asmara yang ada di Malang? Mungkin agak berbeda sedikit, berikut kami sajikan info tentang Pantai Mbehi yang terkenal dengan Teluk Bidadarinya.

Pantai Mbehi Bantur

Yang ditawarkan pantai ini adalah suasana pantai ini yang tenang yang ada di balik hutan lindung. Hal tersebut membuat pantai ini memiliki pasir pantai putih bersih dan dan air laut pantai yang cukup jernih.

Selain itu, terdapat Teluk Bidadari yang berada di wilayah Pantai Mbehi. Teluk Bidadari ini merupakan sebuah ceruk batu karang yang berisi air jernih dan membentuk kolam renang alami.

Kolam renang alami cukup dangkal sehingga kamu bisa bermain air bahkan berenang di sini. namun tetap berhati-hati dengan batu karang di sekitarmu ya sobat.  

Alamat: Sumber Rejo, Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179

Selain pantai dengan kolam alami ini, ada juga rekomendasi pantai murah di Malang. Meski murah, namun jangan sepelekan kecantikannya ya! Lihat dulu nih reviewnya.

Pantai Jonggring Saloka Donomulyo

Pantai dengan keunikan melihat fenomena watu ngebros ini masih sangat asri karena belum banyak dikenal wisatawan. Fenomena watu ngebros sendiri adalah semburan air yang muncul dan berasal dari sela berbatuan karang.

Semburan tersebut merupakan hasil pertemuan ombak dari selatan dan utara dan menghasilkan suara gemuruh yang cukup besar. Namun, kamu butuh perjuangan sobat kalau mau ke sini.

Karena lokasi pantainya cukup sulit dicapai dengan jalur menanjak sampai berliku. Tetap hati-hati ya sobat kalau berkunjung ke pantai gratis di Malang ini.

Alamat: Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Mau tahu lebih banyak rekomendasi pantai di Malang beserta tiket masuknya? Di bawah ini masih ada banyak rekomendasi kami buatmu, salah satunya adalah Pantai Bantol.

Pantai Bantol Donomulyo

Jika di Jogja ada daerah Bantul, beda lagi dengan Pantai Bantol ini. Pantai yang tersembunyi ini menyuguhkan berbagai pesona alam yang cantik.

Pesona alam pantai ini diantaranya adalah bukit karang, danau cantik dan hutan bakau. FYI, Pantai Bantol juga menjadi spot bagus untuk mancing lho sobat. Ada banyak jenis ikan serta lobster bisa kamu dapatkan di sini.

Namun, kamu harus tau nih kalau akses menuju pantai ini tergolong sulit. Cara terbaik ke pantai ini adalah menggunakan mobil jip karena kamu akan melewati hutan jati dan medan berlumpur.

Alamat: Dusun Sumberceleng, Desa, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Untuk tiket masuk Pantai Bantol ini dibandrol sebesar Rp 5.000 saja lho sobat. Tetapi memang membutuhkan tenaga dan usaha ekstra untuk mencapai lokasinya.

Pantai Tiga Warna Sumbermanjing

Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Clungup Malang ini sangat umik sehingga wajar menjadi pantai sangat bagus untuk dieksplore. Daya tarik pantai ini adalah view gradasi warna biru laut, hijau, serta warna kemerahan pada pasir pantainya.

Selain itu, pantai ini juga memiliki sebuah kawasan Konservasi Mangrove Clungup yang menjadi nama lain pantai ini juga. Kawasan konservasi tersebut merupakan hutan bakau yang terletak tepat di sungai dan muara laut.

Namun, jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Setelah mendapat ijin baru kamu diperbolehkan masuk ke kawasan pantai pink Malang ini.

Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Biaya tiket masuk Pantai Tiga Warna sendiri tidak mahal, hanya Rp 5.000. Sementara jika kamu ingin menyewa guide, untuk 10 orang wisatawan biayanya dikenai Rp 100.000.

Pantai Watu Pecah Sumbermanjing

Seperti namanya, pantai Watu Pecah yang berarti Batu Belah ini memiliki batu karang yang pecah karena terkikis ombak. Pertemuan antara batu karang dengan ombak tersebut menjadi objek foto yang sangat instagenic.

Namun, kamu harus hati-hati saat berada di antara batu karang ini karena banyak bebatuan di sekitarmu. Untuk memasuki pantai ini, kamu harus masuk lewat Pantai Clungup.

Waktu terbaik berkunjung Pantai Watu Pecah ini adalah saat sore hari. Pasalnya, di saat tersebut akan nampak pemandangan senja yang seolah tenggelam di bebatuan karang. Wah, sunguh mempesona pasti ya!

Alamat: Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Sedang hunting spot berburu sunset yang oke punya di Malang? Ini nih ada pantai Seling Ombo. Coba deh adventure ke sini.

Pantai Seling Ombo Donomulyo

Pesona salah satu surga tersembunyi jangan ditanyakan lagi deh. Pantai ini menyuguhkan pasir pantai putih bersih dengan birunya laut.

Terlebih lagi, momen saat matahari terbenam Pantai Seling Ombo sangat indah dan mempesona. Namun akses dan rute Pantai Seling Ombo ini cukup sulit sobat, so tetap waspada dan hati-hati ya.

Alamat: Sendang Kamulyan, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Dari Seling Ombo, surga tersembunyi berikutnya adalah Pantai Kedung Celeng. Emm, dari namanya saja unik, bagaimana pesonanya ya? Yuk kita intip dulu.

Pantai Kedung Celeng Donomulyo

Daya tarik pantai ini adalah kamu bisa merasakan sensasi berendam di Pantai Selatan. Meski ombaknya pantai ini besar, ada batu karang yang menghalangi sehingga mengurangi kerasnya hantaman ombak.

Tak hanya berendam, kamu juga bisa berenang sampai snorkeling juga lho idi pantai ini. Seru abis pokoknya!

Alamat: Jalan Raya Banjarejo, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Tiket masuk Kedung Celeng ini sangat murah lho, hanya sekitar rp 5.000 saja. Selanjutnya ada Pantai Kondang Merak dengan pesona pantai berlumut yang cantik.

Pantai Kondang Merak Bantur

Pantai Kondang Merak adalah salah satu pantai yang terkenal dengan keunikan pantai yang dihiasi lumut plus berbagai terumbu karang. Di sini kamu juga bisa melakukan banyak hal seru seperti kulineran, berenang, snorkeling, scuba diving sampai camping.

Salah satu kuliner lezat khas pantai ini yang harus kamu coba adalah kebab tuna. Bagaimana? Penasaran? Kunjungi saja pantainya, hanya dengan membayar biaya tiket masuk Rp5.000.

Alamat: Desa Sumberbenig, Bantur, Malang, Jawa Timur.

Ada lagi nih pantai yang menawarkan aktivitas unik. Kalau kamu hobi aktivitas susur sungai, boleh nih mengunjungi Pantai Kondang Buntung yang satu ini.

Pantai Kondang Buntung Sumbermanjing

Salah satu keunikan pantai yang satu ini adalah kamu bisa safari hutan bakau di pantainya. Terdapat aliran jernih sungai yang dikelilingi rimbunnya hutan bakau, di situlah kamu akan diajak bersafari.

Untuk mengeksplor keindahan pantai ini, kamu bisa menyewa kano seharga Rp 25.000 atau bsia dengan jalan kaki lewat jalan setapak yang tersedia. Dari pantai ini kamu juga bisa menjelajah pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Clungup, Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru. 

Alamat: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Untuk biaya masuk Pantai Kondang Buntung ini seharga Rp 10.000. Selanjutnya ada pantai yang memiliki banyak spot foto selfie yang instagramable.

Pantai Modangan Donomulyo

Yups, di Pantai Modangan ini kamu tidak hanya disuguhi pemandangan cantik pantai berpasir putih plus warna laut yang kebiruan. Tetapi masih ada banyak spot foto unik, salah satunya bertuliskan “I Love You” yang ada di sisi timur pantai.

Hanya dengan biaya masuk sebesar Rp5.000, kamu bisa puas menjelajah pantai ini. Bagaimana dengan alamat? Ini dia alamatnya.

Alamat: Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

Berikutnya ada pantai dengan pesona air terjun yang mirip seperti Pantai Jogan di Wisata Jogja. Wah, kira-kira bagusan yang mana ya?

Pantai Banyu Anjlok Tirto Yudo

Keunikan pantai satu ini adalah keberadaan air terjun yang airnya langsung mengalir ke laut. Air terjun ini bisa menjadi spot foto cantik kamu, bahkan kamu juga bisa menikmati segarnya kucuran air tawar dan berenang di tengah laut yang asin.

Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk keindahan air terjun di Pantai Banyu Anjlok? Cuma Rp 5.000 lho sobat. Ayok tunggu apalagi?

Pantai Kuncaran Gedangan

Pantai Kuncaran memiliki karakteristik pantai khas Malang yang sangat otentik. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa menyaksikan perpaduan ombak khas Laut Selatan, pasir putih plus garis pantai yang panjang.

Dijamin kamu akan puas berada di sini dan bisa bebas menyusuri pantai berpasir putih yang indah. Harga tiket masuk Pantai Kuncaran ini dibandrol Rp 7.000.

Alamat: Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178

Dari Pantai Kuncaran kita lanjutkan eksplorasi menuju Pantai Watu Lepek. Ada apa di pantai ini? Yuk simak informasinya.

Pantai Watu Lepek Gedangan

Salah satu pantai murah di malang ini adalah sebuah surga tersembunyi yang ada di balik bukit. Menariknya lagi, pantai ini masih sepi sehingga keasrian dan keeksotisannya masih sangat terjaga.

Menariknya lagi, terdapat beragam bentuk karang yang sangat cantik. Namun. Tetap berhati-hati ya karena karangnya sangat tajam.  

Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178

Biaya tiket masuk Pantai Watu Lepek ini adalah Rp 5.000. Nah, berikut kami sajikan review rekomendasi pantai di Malang yang terakhir, yaitu Pulau Sempu.

Pulau Sempu Sumbermanjing

FYI, Pulau Sempu merupakan daerah terlarang untuk pariwisata karena terdapat undang-undang yang mengatur demikian. Padahal, pemandangan serta panoramanya luar biasa cantik.

Di pulau ini terdapat sebuah laguna yang jernih dan cantik. Pasir pantai di sini juga sangat putih bersih dan bisa memesona siapapun yang melihatnya.

Meski terlarang, kamu bisa kok masuk secara legal ke Pulau Sempu ini. Yaitu dengan mendapatkan izin peneliitian ke BKSDA atau Badan Konservasi Sumber Daya Alam Resort Pulau Sempu.

Alamat: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagaimana sobat? Sudah mendapat gambaran tentang pantai di Malang? Masih menganggap kalau di Malang tidak ada pantai yang eksotis? Wah, smeoga tidak ya.

Dari ke-23 pantai di Malang yang sudah kami review di atas, yang mana nih yang paling cocok dikunjungi tahun ini? Berikan jawabanmu di bawah ini ya.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.