Pantai Klayar Pacitan – Uniknya Seruling dan Air Mancur Samudra

Diposting pada
pantai klayar pacitan

Bagi sobat yang suka berlibur ke pantai, tentunya sayang jika melewatkan liburan di salah satu pantai di Jawa Timur yaitu Pantai Klayar Pacitan.

Kisaran Harga TiketRp 10.000
Official Ig@pantaiklayar
Jam Buka24 Jam
WilayahKota Pacitan, Jawa Timur

Belakangan salah satu kota di Jatim ini menjadi destinasi para wisatawan. Karena menawarkan eksotisme wisata alam. Beberapa diantaranya adalah Goa Gong, Pantai Srau dan banyak pantai pasir putih lainnya.

Karakteristik pantainya berpasir putih dengan ombak sedang hingga tinggi. Seperti halnya pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Karena memang keduanya masih termasuk dalam gugusan Pantai Laut Selatan.

Salah satu pantai yang kini terkenal dan menjadi destinasi favorit pengunjung adalah Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Penasaran tentang pantai ini? Yuk ikut jalan-jalan bersama kami.

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar adalah salah satu pantai wajib dikunjungi jika ke kota Pacitan. Kenapa? Selain eksotis, pantai ini juga menyimpan misteri yang membuat setiap pengunjung terpesona.

Pantai ini klayar merupakan salah satu dari gugusan yang menyimpan sejuta keindahan dan misteri yang menjadikan setiap pengunjung terpesona.

Air-Nyembur-Pantai-Klayar-Pacitan

Keberadaan pantai sangat erat kaitannya dengan kisah tragis yang digadang-gadang dahulu pernah terjadi di pantai tersebut. Terdapat dua versi cerita tentang asal usul nama pantai itu sendiri.

Baca juga: Pesona Keindahan Pantai Santolo Garut yang Bikin Baper

Versi pertama bercerita tentang sebuah perahu yang diterjang sebuah ombak besar hingga terdampar. Pantai ini merupakan tempat dimana perahu tersebut terdampar.

Diduga sebelumnya perahu tersebut terombang ambing karena diterjang ombak. Hal tersebut diistilahkan dengan kata “Glayar”. Lambat laun istilah tersebut berubah menjadi Klayar. Akhirnya Klayar sendiri menjadi julukan untuk pantai ini.  

Versi kedua mengungkap fakta bahwa pantai ini memang biasa dijadikan tempat untuk berjalan-jalan oleh penduduk. Kebiasaan tersebut jika dalam bahasa jawa disebut “klayar-kluyur”. Sehingga nama klayar diambil dari salah satu frase tersebut untuk mempermudah penyebutan.

Pesona Wisata Pantai Klayar Pacitan

Daya tarik utama pantai ini terletak pada pasir putihnya. Tak hanya itu, keindahan alam di sekitar pantai berikut desiran ombak tenang juga menjadi pesona tersendiri.

Bahkan banyak mennyebutkan keindahan pantai dan pasir putihnya mirip pantai di Bali. Untuk lebih jelas, mari simak ulasan kami berikut.

Warna Pasir dengan Gradasi nan Indah

Laut-Hijau-Pantai-Klayar-Pacitan

Bibir pantai ini dihiasi oleh pantai berpasir bersih dan juga lembut. Uniknya lagi, bukan hanya warna putih yang mendominasi. Jika diperhatikan warnanya bergradasi dan cukup unik yaitu campuran putih dan cokelat.

Baca juga: Pantai Watu Kodok, Pesona Indah Bertajuk Alam di Gunung Kidul

Warna agak  putih terlihat di area paling tepi pantai. Sementara semakin mendekati ke laut pasirnya bertransisi menjadi kecokelatan.

Misteri Seruling Samudra

Ada lagi yang unik di pantai ini lho? Seruling samudra namanya. Penasaran apa ini? Nah, di pantai ini memang anda bisa menyaksikan sebuah atraksi alam bernama Seruling Samudra. Pengunjung dari mana saja selalu menantikan momen ini jika berkunjung ke pantai Klayar.

Seruling Samudra adalah sebutan untuk atraksi yang dihasilkan sebuah Lubang Batu Karang. Batu ini berada di balik tebing. Batu karang tersebut pada waktu tertentu akan tertiup angin laut dan menimbulkan bunyian seperti seruling. Hal inilah kenapan dinamakan seruling samudra.

Air Mancur Tengah Laut

Jika diperhatikan Pantai Klayar bak sebuah kolam dengan air mancur di sekitarnya. Namun, di sini air mancurnya alami dan sungguh sangat mempesona.

Pada waktu tertentu, air mancur itu akan memancarkan air. Jika anda ingin menyaksikan pertunjukan alam ini, air mancur ini biasanya munucl setiap pukul 9 Pagi hingga 4 sore.

Sebetulnya air mancur ini bersamaan dengan Seruling Samudra. Bedanya jika seruling hanya menimbulkan bunyi. Sementara di waktu tertentu akan terpancar air setinggi 10 – 15 meter. Atraksi inilah yang selalu dinanti oleh pengunjung.

Batu Karang sebagai Ikon Pantai

Ombak-Menggulung-Pantai-Klayar-Pacitan

Ada hal unik lain bisa anda temui di pantai ini. Yaitu sebuah bebatuan karang cukup besar. Namun batu tersebut bukan hanya sekedar hasil erosi air laut. Konon, batu tersebut diduga sebagai hasil pertarungan antara makhluk gaib.

Baca juga: Pantai Pok Tunggal Desitnasi Alam Terbaik di Gunung Kidul

Batu karang ini menyambung dengan karang di pinggiran pantai. Sehingga bisa didaki oleh pengunjung. Di smaping itu sudah disediakan sebuah tangga dari beton untuk memudahkan akses pengunjung.

Batu Sphinx dan Sumur-Sumur

Fenoma alam lain unik lainnya adalah bebatuan berbentuk mirip dengan Patung Sphinx. Sobat semua tahu kan? Patung Sphinx merupakan patung Singa berkepala manusia yang berada di Mesir. Karena bentuk bebatuannya mirrip dengan patung tersebut, maka disebut Batu Sphinx.

Sebelumnya, banyak menyebut tebing batu unik tersebut dengan Watu Lumbung. Karena sangat unik, banyak pengunjung menjadikannya sebagai objek foto. Selain itu, sobat akan temukan beberapa lubang atau sumur kecil berada di di celah batu karang.

Sumur pertama bentuknya paling lebar dan luas. Dahulu, sumur ini biasa digunakan sebagai arena pemandian serta pengobatan kuda balap. Sementara dua sumur lain ukurannya lebih kecil.

Masing-masing diberi nama sumur Suranyata dan Ciderlaras. Menurut keprcayaan warga sekitar kedua sumur tersebut dapat membawa berkah.

Fasilitas di Pantai Klayar Pacitan

Selain beberapa spot unik di atas, sudah juga tersedia secara lengkap mengenai fasilitas di Pantai Klayar Pacitan ini. Dalam rangka memanjakan pengunjungnya.

Pihak pengelola wisata sudah menyediakan area parkir, toilet umum, dan ruang bilas. Ada juga mushola dan kedai-kedai makanan minuman. Tak perlu kawatir harga di warung-warung tersebut pun cukup terjangkau.

Apakah anda berniat untuk menginap di area sekitar pantai? Terdapat fasilitas penginapan dan home stay bagi pengunjung. Beberapa diantaranya adalah Home Vidia, Home Stay Pak Gimun, dan banyak lagi.

Mengenai harga, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 100 hingga 200 semalam. Murah bukan?

Alamat Pantai Klayar Pacitan

Sunset-Pantai-Klayar-Pacitan

Untuk alamat Pantai Klayar Pacitan terletak di Kalak, Donorojo. Lokasinya kurang lebih 35 Km barat kota Pacitan. Perjalanan menuju ke pantai memakan waktu sekitar 1 Jam dari pusat kota.

Baca juga: Panorama Keindahanan Pantai Lombang Sumenep Madura

Kondisi jalannya terbilang cukup sempit. Di beberapa bagian juga rusak. Ditambah rute nya turun naik dan berkelok-kelok. Sehingga sangat direkomendasikan untuk berhati-hati.

Rute Pantai Klayar di Pacitan

Sementara ini, untuk menuju ke lokasi anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Baik berupa sepeda motor maupun mobil. Karena belum adanya kendaraan umum menuju kesana.

Mengenai rute pantai Klayar Pacitan dari solo melewati kecamatan Pracimantoro hingga di pertigaan Giribelah. Setelah itu belok ke kanan sampai di perempatan Kalak. Dari situ, masih sekitar satu jam perjalanan ke pantai.

Rute dari Yogyakarta bisa melewati rute Pathuk lalu Wonosari. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke  Pracimantoro, Giribelah dan Punung. Sampai tiba di lokasi pantai.

Sekedar info, pantai ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Mengenai harga tiket dibandrol Rp 10 ribu per orang. Cukup murah kan? Makanya yuk segera main ke Pantai Klayar Pacitan.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *