Pantai Unik Pantai Berbatu Warna-Warni Pantai Kolbano

Diposting pada
Pantai Kolbano

Jika berbicara tentang objek wisata di Nusa Tenggara Pasti tidak ada habisnya. Contohnya seperti Pantai Kolbano.

Harga TiketFree
Jam BukaBuka 24 jam
Alamat Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Tim.

Pantai in merupakan salah satu pantai yang meiliki pemandangan indah. Selain itu pantai iini memiliki keunikan tersendiri. Apakah keunikan tersebut?

Pesona Keindahan Pantai Kolbano

Pantai Kolbano adalah salah satu pantai yang terletak d Kupangg, Nusa Tenggara Timur. Namun pantai ini memiliki keunikan yang berbeda dari pantai-pantai pada umumnya.

Pantai Kolbano

Jika sebuah pantai biasanya memiliki pasir pantai yang berwarna putih, coklat bahkan pink, hal ini tidak ditemukan di Pantai Kolbano. Keunikan Pantai Kolbano dimana kamu tidak akan menemukan hamparan pasir baik berwarna putih, coklat maupun pink.

Kamu akan mendapati hamparan bebatuan yang berwarna-warni disepanjang bibir pantai. Apalagi di tambah dengan air laut yang berwarna biru.

Keunikan Pantai Kolbano

Keunikan Pantai Kolbano tidak hanya pada hamparan bebatuan yang berwarna-warni namun juga terdapat sebuah jembatan. Jembatan tersebut membentang sejauh 240 meter di atas Sungai Noelmina.

Pantai Unik Pantai Berbatu Warna-Warni Pantai Kolbano 1

Jembatan tersebut tidak hanya tua namun juga menraik perhatian. Buktinya dengan wisatawan yang harus mengantre jika ingin melintasi jembatan tersebut.

Jembatan ini pun menjadi pelengkap pemandangan alam yang eksotis. Selain jembatan kamu juga bisa menemukan sebuah pulau batu raksasa yang bentuknya mirip kepala manusia.

Batu tersebut bernama Fatu Un. Batu tersebut terlihat seperti bentuk manusia yag sedang merunduk dan tersenyum. Keunikan dari pulau tersebut dapat kamu lihat dari atas bukit yang berada di pinggir pantai.

Legenda Di Pantai Kolbano

Mengunjungi sebuah lokasi wisata tidak lengkap tanpa mengetahu sejarah maupun legenda di balik objek wisata tersebut. Nah legenda Pantai Kolbano seperti apa? Pada zaman dahulu kala terdapat suatu tempat yang bernama Balka ma Laepun tinggalah seorang kepala suku wara Sole. Orang tersebut diakui sebagai seorang raja yang bernama PneFaifnome.

Pantai Unik Pantai Berbatu Warna-Warni Pantai Kolbano 2

Raja tersebut memiliki wilayahkekuasaan meliputi Hu Moe, Balka Laepun dan Pah nai. Pada suatu saat Raja Sole tersebut menyuruh anak buahnya untuk membuat sebuah kebun di daerah Noe Sop.

Kebun tersebut pun ditanami oleh tanaman sain atau semacam tumbuhan jemawut. Pada suatu hari ketika abdi kerajaan sedaang beristirahat, terdapat burung-burung yang datang untuk memakan tanaman tersebut.

Pda suatau hari Raja pun datang berkunjung dan ia menemukan kebunnya rusak di makan oleh kolbano atau burung pemakan sain. Para abdi kerajaan pun berhobong kare takut dihukum.

Namun raja tersebut bisa memahami kenapa para ahli berbohong. Lalu daerah tersebut pun dinamai Kolbano yang berarti burung yang memiliki suara seperti giiring-giring.

Lokasi Pantai Kolbano

Dimankah alamat Pantai Kolbano? Pantai ini terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan menuju Pantai Kolbano dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat yang turun di Kupang. Setibanya di Bandara El Tari kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Soe yang melintasi Noelmina.

Pantai Unik Pantai Berbatu Warna-Warni Pantai Kolbano 3

Dari kawasan ini kamu harus menempuh perjalanan sejauh 135 km yang dapat ditempuh selama 3 jam. Sepanjang perjalanan kamu akan melewati jalanan yang menanjak danberliku namun pemandaganya sangat  indah.

Fasilitas Pantai Kolbano

Pantai Kolbano NTT memang indah namun tidak seindah dengan fasilitas yang melengkapi. Kamu tidak akan oernah menemukan fasilitas seperti toillet, mushola, gazebo bhakan rumah makan.

Selain tempatnya yang agak terpencil pengelola pantai ini terbilang kurang peduli. Pengunjung pun harus berteduh dari sengatan matahri di bawah rindangnya pepohonan.

Tips Berwisata Ke Pantai Kolbano

Tips yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Pantai Kolbano badalah seperti berikut:

  • Bawalah bekal secukupnya karena kamu tidak akan menemukan warung makan disekitar pantai.
  • Pakailah sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.
  • Bawalah tikar untuk duduk-duduk di pinggir pantai.
  • Jagalah kebersihan lingkunagn,

Harga Tiket Masuk Pantai Kolbano

Tidak ada tiket masuk yang berlaku untuk memasuki pantai ini. Kamu pun juga bisa datang kapan saja kamu mau. Demikianlah informasi mengenai Pantai Kolbano. Jika kamu ingin berlibur ke pantai ini siapkan tenaga ekstra ya karean jaraknya yang cukup jauh dari pusat Kota Kupang.

Baca Juga : Surga Tersembunyi Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat

Jika kamu ke pantai ini kamu pasti menemukan keunikan yang tidak dapat kamu temukan di pantai-pantai pada umumnya.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.