Ikon Wisata Kota Makassar Nomer Satu Pantai Losari

Diposting pada
Pantai Losari

Ketika mendengar kata Makasar hal apa yang terlintas di pikiranmu? Yak betuk sekali pasti kamu berfikir Pantai Losari. Pantai ini merupakan ikon wisata dari Kota Makassar. Dimanakah letak pantai nomer satu di Makassae ini?

NamaPantai Losari
Harga Tiket MasukFree
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataAlam, Air
Fasilitas Umum Mushola, Toilet, Area parkir, Wi-fi
Kontak
AlamatJalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar

Baca artikel di bawah ini untuk menemukan alamat serta harga tiket masuk Pantai Losari.

Pesona Pantai Losari

Jika Bali terkenal dengan Pantai Kuta maka Makassar terkenal dengan Pantai Losari. Pantai tersebut memang menjadi ikon wisata yang paling terkenal dan noner satu di Makassar.

Pantai Losari

Pantai tersebut pun pernah mendapat julukan pantai yang memiliki meja terpanjang di Indonesia. Hal itu karena banyak terdapat warung-warung yang menjejer mejanga di sepanjang pantai.

Namun sekarang warung-warung tersebut di relokasi ke tempat yang juga tidak jauh dari Pantai Losari. Keputusan tersebut diambil Pemkot Kota Makassar untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan tertib.

Keunikan Pantai Losari

Tahukah kamu keunikan Pantai Losari? Ternyta pantai ini memiliki keunikan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Kamu tidak akan menemukan pasir pantai. Kenapa? Karena sepanjang bibir pantai telah dipugar menjadi lantai keramik yang landai.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bersih. Pasalnya Pantai Losari Makassar Sulsel terletak di jantung kota Makassar.

Sejarah Pantai Losari

Sejarah Pantai Losari pada mulanya adalah sebuah pasar ikan yang beroperasi dari pagi hingga siang hari. Kemudian pada malam hari ini banyak pedagang yang berjualan aneka makanan.

Ikon Wisata Kota Makassar Nomer Satu Pantai Losari 1

Kemudian terjadi pembangunan di tepi pantau yang dipimpin oleh DM Van Smitten pada tahun 1945. Pembangunan tersebut dimulai dengan pembuatan lantai beton sepanjang 910 meter.

Pembangunan lantai beton tersebut untuk menjaga fasilitas-fasilitas Kota Makassar dari terjangan ombak dari Selat Makassar. Pembangunan pun terus dilakukan sampai sekarang.

Selanjutnya banyak wisatawan yang berkunjung dan membuat Pantai Losari Makassar rami sampai seperti sekarang ini.

Dimanakah Lokasi Pantai Losari?

Dimana alamat Pantai Losari Makassar? Pantai ini terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Ikon Wisata Kota Makassar Nomer Satu Pantai Losari 2

Lokasi pantai ini sangat strategis karena terletak di pusat Kota Makassar. Jadi kamu akan mudah menemukan pantai ini. Waktu yang perlu kamu tempuh dari Bandara Hassanudin adalah 40-50 menit. Sedangkan waktu tempuh dari Pelabuhan Laur Soekarna-Hatta sekitar 20 menit saja.

Fasilitas Pantai Losari

Sebagai ikon wisata Kota Makassar fasilitas Pantai Losari cukup lengkap, seperti:

  • Mushola
  • Toilet
  • Area parkir
  • Wi-fi
  • Warung makanan
  • Toko oleh-oleh

Makanan Khas Makassar

Berikut adalah makanan khas Pantai Losari:

  • Pisang epe
  • Pisang ijo
  • Coto makassar
  • Palli butung
  • Sop konro
  • Cumi-cumi
  • Lobster
  • Ikan pari

Waktu Terbaik Menikmati Pantai Losari

Pantai Losari Makassar adalah sebuah pantai yang terletak di pusat Kota Makassar. Yang unik dari pantai ini adalah kamu tidak akan menemukan pasir pantai.

Ikon Wisata Kota Makassar Nomer Satu Pantai Losari 3

Kamu akan menemukan lantai keramik yang terpasang disepanjang bibir pantai. Walaupun demikianlah kamu masih bisa menikmati keindahan pantai dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Waktu terbaik untuk berkunt ke Pamtait Losari adalah pagi hari atau sore hari menjelang malam hari. Saat pagi kamu bisa menyaksikan matahari terbit sedangkan saat sore hari kamu bisa menikmati matahari terbenam.

Apalagi ditambah dengan aneka makanan yang dijajakam oleh pedagang. Kamu bisa menikmati pemandangan detemani dengan aneka makanan khas Pantai Losari Makassar.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Berapakah harga tiket masuk Pantai Losari? Kamu tidak perlu membayar tiket masuk karena semuanya gratis. Kamu hanya butuh membayar tarif parkir yang nominalnya tidak akan lebih dari Rp 10.000,00. Sedangkan jam operasional Pantai Losari adalah setiap hari selama 24 jam.

Pantai Losari

Namun waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Losari adalah pukul 15.00-21.00 WITA. Waktu tersebut adalah paling pas karena kamu tidak akan terkena sengatan matahari.

Baca Juga : 4 Pulau Eksotis Sulawesi, Primadona Khas di Wisata Wakatobi

Itulah informt tentang Pantai Losari yang terletak di tengah kota. Bagi kamu yang berkunjung ke Makassar liburanmu tidak lengkap tanpa mampir ke pantai nomer satu di Makassar ini.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.