Rahasia Dibalik Pesona Pantai Menganti

Diposting pada
pesona pantai menganti

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mungkin tidak banyak memiliki objek wisata alam yang menarik. Namun siapa sangka Kebumen memiliki garis pantai yang membentang luas dari Kabupaten Cilacap hingga Kabupaten Purwokerto. Hal ini lah yang menyebabkan kabupaten Kebumen memiliki pantai-pantai yang indah.

Harga Tiket MasukRp 10.000
Jam Buka24 Jam
Tipe WisataAnak muda
Kontak
AlamatDesa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Salah satu pantai yang terkenal keindahanya adalah Pantai Menganti. Pantai ini terletak di sebelah selatan Pulau Jawa yang termasuk dari deretan pantai-pantai Selatan. Seperti yang telah anda ketahui bahwa deretan pantai selatan memang memiliki pesona yang luar biasa.

Mengagumi Keindahan Pantai Menganti

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai baru yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Pantai ini tidak kalah populer dengan Pantai Ayah, Pantai Karang Bolong atau Pantai Petanahan. Walaupun wisata ini tergolong pantai baru namun pantai ini memiliki jumlah pengunjung terbanyak diantara pantai-pantai di Kebumen.

keindahan pantai menganti

Pantai ini menjadi buruan wisatawan karenan daya tariknya yang tidak dimiliki oleh pantai lainya. Jika daya tarik pantai biasanya terletak pada panorama alamnya namun Pantai Menganti ini tidak hanya menyuguhkan panorama yang indah. Keuinikan dari pantai ini terletak pada kehadiran air terjun dan goa.

Keunikan tersebutlah yang menjadi daya pikat dari Pantai Menganti walaupun pantai ini baru dibuka tahun 2011. Yang tak kalah menarik adalah pembukaan pantai yang dibarengi dengan festival selancar nasional.

Sejarah Pantai Menganti

Sebelum dikenal sebagai pantai yang indah pantai ini terlebih dahulu dikenal sebagai dermaga nelayan. Para nelayan mendaratkan perahunya setelah mencari ikan di lautan. Sebenarnya pantai ini juga masih berfungsi sebagai dermaga nelayan namun pemerintah menambahkan fasilitas pantai sebagai objek wisata. Pemerintah pun dengan sigap menambah fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung pantai.

kapal nelayan

Sebelum mengunjungi suatu pantai tahukah anda tentang asal usul pantai tersebut? Sejarah Pantai Menganti berasal dari kisah seorang panglima perang yang berasal dari Majapahit. Panglima tersebut melarikan diri dari kerajaan karena hubunganya dengan seorang wanita tidak direstui oleh sang ayah.

Wanita tersebut bukan berasal dari kalangan rakyat biasa. Wanita tersebut tidak lain adalah seorang putri raja. Maka tidak heran jika hubungan asmara keduanya tidak direstui. Namun gelora asmara yang memuncak meruntuhkan segala ketakutan. Sepasang kekasih tersebut pun memiliki tempat rahasia untuk berjumpa. Mereka memilih pesisir pantai sebagai tempat pertemuan rahasia mereka berdua.

Panglima tersebut menunggu sang putri diatas bukit kapur dengan pasir pantai yang putih bersih. Setiap hari panglima tersebut menanti sang putri sembari menatap laut jauh-jauh. Penantian tersebutlah yang dijadikan sebuah nama pantai yaitu Pantai Menganti. Menganti berasal dari kata penantian yang berarti menunggu atau menanti.

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Menganti

Tujuan wisata kali ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai tersebut terletak sejauh 40 km dari pusat Kota Kebumen. Pengunjung bisa menuju ke arah selatan Kabupaten Kebumen untuk menuju Pantai Menganti. Lama perjalanan yang harus anda tempuh dari pusat kota adalah satu jam.

Ada dua rute yang bisa anda tempuh. Rute pertama melalui Kebumen , Petanahan lalu menuju Puring, Karangbolong dan terakhir menuju Menganti. Rute kedua adalah dari Kebumen menuju Gombong lalu dilanjutkan perjalanan kearah Jatijajar. Walaupun berbeda rute namun lamanya perjalanan relatif sama yaitu satu jam perjalanan.

Disepanjang perjalanan anda akan disuguhi perbukitan yang hijau. Jalan dengan kelokan yang tajam pun tidak luput dari jangkauan. Jalanan tersebut membelah hijaunya perbukitan yang akan membawa anda pada desa Karangduwur. Dari daerah tersebut anda bisa melihat pemandangan samudera di bawah Bukit KarangKarangduwur. Dari daerah tersebut anda bisa melihat pemandangan samudera di bawah Bukit Karangduwur. Sedangkan untuk mencapai Pantai Menganti anda tinggal menuruni bukit tersebut.

Objek Wisata Yang Ditawarkan Di Pantai Menganti

Pantai Menganti tersebut merupakan objek wisata alam utamanya. Namun jangan salah di pantai tersebut terdapat beberapa objek wisata tamabahan yang bisa anda nikmati keindahanya.

Jembatan Merah

jembatan merah

Salah satu spot foto yang tersedia di Pantai Menganti adalah sebuah jembatan. Terdapat jemabatan berwarna merah yang memebentang sepanjang 300 m. Untuk menuju jembatan tersebut pengunjung bisa berjalan kaki atau menaiki shuttle yang disediakan oleh pengelola.

Gunung Purba Tanjung Karang Bata

Selain menikmati keindahan pantai dan perbukitan sekitar pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lainya yaitu gunung api purba. Terdapat Gunung Api Purba Tanjung Karang Bata di sekitar Pantai Menganti. Gunung api purba tersebut pun berdiri gagah mengelilingi yang menjadi salah satu spot untuk menikmati keindahan pantai

Balon Udara

Salah satu wahana yang bisa anda coba di Pantai Menganti adalah balon udara. Anda cukup membayar Rp 15.000,00 untuk menaiki wahan tersebut. Anda akan bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian.

Mendaki Bukit Sigatel Mendaki?

mendaki bukit

Apakah kegiatan mendaki bisa dilakukan di pantai? Jawabanya bisa karena Pantai Menganti dikelilingi oleh perbukitan hijau yang luas.

Terdapat sebuah bukit yaitu Bukit Sigatel yang bisa anda coba. Untuk mendaki bukit ini anda tidak perlu membayar tiket sepeser pun.

Keseruan Menaiki Sepeda Gantung

Wahana lain yang patut anda coba di Pangai Menganti adalah sepeda gantung. Wahana ini cocok bagi para pengunjung yang hobi memacu adrenalin. Untuk menikmati wahana ini anda cukup membayar tiket sebesar Rp 15.000,00.

Penginapan Pantai Menganti

Pengelola Pantai Menganti baru-baru ini membuka sebuah penginapan. Pengunjung bisa menyewa sebuah kamar dengan harga yang terjangkau. Biaya penginapan satu malam berkisar antara Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 200.000,00.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati panorama alam dari Pantai Menganti anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,00. Dengan biaya sebesar itu pengunjung bisa menikmati pantai sepuas hati. Lagipula pengunjung bisa menikmati segala objek wisata dan fasilitas yang tersedia di tempat tersebut

Baca juga untuk anda: Gunung Nglanggran, Tempat Mendaki Cocok Bagi Pemula

Pesona Pantai Selatan memang tidak ada tandinganya. Selain mengunjungi Pantai Menganti banyak keseruan yang bisa anda lakukan di Pantai ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *