Pantai Pok Tunggal Desitnasi Alam Terbaik di Gunung Kidul

Diposting pada
Pantai Pok Tunggal

Jalan-jalan di Yogyakarta tak puas dengan menikmati kuliner hingga tempat-tempat lainnya. Tetapi bagi seorang traveller harus mencoba sensasi destinasi wisata pantai. Salah satunya ada pantai Pok Tunggal.

Kisaran Harga TiketRp 3.000 – Rp 10.000
Informasi Kontak
Jam Buka24 Jam
WilayahKota Jogja

Dari tempat wisata pantai ini banyak dikenal dengan keindahan pasir putih hingga beragam bukit dan beberapa fasilitasnya. Ada aktivitas tertentu bisa Anda lakukan sesuka hati. Sehingga tak heran bila Pok Tunggal bisa jadi objek wisata utama saat Anda liburan di Kota Yogyakarta.

Keindahan Pantai Pok Tunggal

Sebenarnya keindahan dari pantai di bibir selatan Yogyakarta ini sudah dikenal sampai ke luar kota. Sedangkan dari Pok Tunggal memang dikenal sebagai lokasi pantai yang cocok untuk aktivitas foto, berjemur, snorkeling dan rock climbing.

Bisa dikatakan bahwa Pok Tunggal ini mampu memberi solusi terbaik sebagai destinasi keren sekaligus menantang bagi pecinta rock climbing.

Bila dibandingkan dengan destinasi pantai lainnya, memang Pok Tunggal ini sanggup menjadi pilihan terbaik yang memberi solusi wisata pantai unggulan.

Anda bisa melihat aliran sungai bawah tanah di pantai satu ini. Sudah menjadi hal penting dan banyak dicari wisatawan saat liburan di Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Karena itulah pantai satu ini memiliki aliran sungai bawah tanah. Sehingga keberadaannya bisa menambah pengalaman liburan lebih mengasyikkan.

Selain menikmati keindahan pasir putih dan air laut. Anda bisa langsung menikmati fasilitas dicing dan snorkeling. Sudah menjadi satu tujuan utama pelancong saat di Jogja.

Dimana Pantai Pok Tunggal ini menghadirkan fasiltias diving dan snorkeling.

Keindahan alam bawah laut di Pok Tunggal masih belum tersentuh tangan manusia. Sehingga dari keasliannya memang banyak diandalkan sebagai spot wisata diving. Kondisi air lautnya juga terbilang tenang hingga terlihat bening. Jadi wajar saja bila pengunjung bisa melihat keindahan lautnya.

Biasanya wisata pantai di Yogyakarta memiliki banyak tema pemandangan. Pok Tunggal ini seringkali dijadikan tempat berfoto terbaik. Apalagi bagi penggiat sosial media bisa dipastikan bahwa eksistensi berfoto adalah nomor satu.

Spot berfoto di Pok Tunggal memang cukup beragam. Mulai dari latar belakang air laut pantai hingga beberapa aktivitas snorkeling dan diving. Sudah jelas foto berkualitas seperti pemandangan sunsite bisa Anda dapatkan secara cepat dan mudah.

Salah satu fasilitas unggulan di Pantai Pok Tunggal adalah akses wisata rock climbing. Bagi pecinta wisata adrenalin bisa langsung mencoba sensasi menaiki tebing karst. Keberadaan tebing memang sering jadi objek wisata rock climbing.

Maka dari itu dengan menjajal mengakses rock climbing ini siapapun bisa mencoba sensasi mendaki tebing karst yang terbilang cukup cadas. Sudah terdapat fasilitas rock climbing. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika tak membawa semua perlengkapannya.

Pihak pengembang wisata pantai di selatan Yogyakarta ini juga menghadirkan tema wisata camping. Untuk itulah Anda bisa langsung mencermati akses wisata camping ini di beberapa spot.

Pantai Pok Tunggal

Kawasan camping di Pok Tunggal memang jadi pilihan tepat. Karena suasananya cukup tenang.

Pok Tunggal memang jadi sebuah pantai yang kerap digunakan sebagai spot camping. Oleh sebab itu kenapa banyak traveller lebih berminat bermalam di Pok Tunggal. Karena memang suasana hingga fasilitasnya juga mendukung.

Soal fasilitas memang tak diragukan lagi. Pengembang destinasi pantai ini mampu menghadirkan beberapa fasilitas pokok. Beberapa fasilitas seperti kamar mandi, tempat penitipan barang, tempat makan hingga tempat ibadah juga sudah tersedia lengkap.

Anda tak perlu khawatir soal lahan parkir. Karena area parkir juga sudah tersedia dengan luas yang mampu menampung banyak kendaraan. Ditambah lagi setiap pengunjung bisa menikmati hidangan terbaik dengan tema masakan laut.

Waktu terbaik menikmati Pantai Pok Tunggal ini saat musim kemarau. Namun, ada baiknya jika anda mengunjungi Pok Tunggal saat hari kerja. Karena pada saat hari libur seperti minggu ataupun weekend biasanya pengunjung akan membludak.

Tips Berwisata ke Pantai Pok Tunggal

Berwisata di sebuah pantai ternama di Yogyakarta memang sangat menarik dan bisa memberi banyak akses. Oleh sebab itu kenapa pihak pengembang memberi informasi seputar tips berwisata bagi pengunjung baru.

Pantai Pok Tunggal

Ada baiknya Anda membawa baju lebih dari satu. Karena aktivitas berenang hingga snorkeling pastinya membutuhkan baju ganti. Bawalah perlengkapan mandi ditambah lagi cobalah membawa bekal sendiri.

Tips hemat berwisata di pantai memang bisa dengan cara membawa perbekalan sendiri. Sehingga tak perlu membeli makanan di lokasi wisata. Bagi fotografer juga harap berhati-hati seputar debu pasir hingga air laut yang bisa memberi dampak kurang bagus.

Harga Tiket Pantai Pok Tunggal

Akses harga tiket masuk ke Pok Tunggal juga tidak terlalu mahal. Karena memang dari sisi harga tiketnya sendiri cukup terjangkau bagi semua kalangan. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk satu orang.

Sedangkan dari sisi harga tiket parkir juga realtif murah. Bagi kendaraan roda dua masih dikenakan tarif mencapai Rp 5.000. Sedangkan untuk kendaraan mobil dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

Aktivitas camping juga diperlukan beberapa biaya tambahan. Karena memang dari sisi peralatan hingga beberapa persiapan butuh waktu. Untuk biaya sewa area camping dikenakan tarif mencapai Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Beberapa peralatan camping yang disewakan terdiri dari dome, sleeping bag, hingga matras dan masih banyak lainnya. Cobalah lakukan pemesanan lebih awal. Atau setidaknya berkunjung saat hari kerja agar spot camping tidak penuh.

Pantai Pok Tunggal

Akses Lokasi Pantai Pok Tunggal

Kita bisa melihat dari sisi lokasi pantai satu ini. Dimana Pok Tunggal sendiri berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Ada beberapa objek wisata pantai lain seperti Pulang Syawal dan Siung.

Jadi rute ke lokasi Pok Tunggal ini terbilang mudah. Karena memang membutuhkan durasi kurang lebih 2 jam saja. Jarak tempuhnya sendiri bisa mencapai 80km dari pusat kota Yogyakarta. Sehingga perjalanannya terbilang cukup jauh.

Jika Anda memulai rute dari Kota Yogyakarta ambil arah ke Wonosari. Kemudian ambil belokan ke selatan tepatnya ke daerah Tepus. Nanti rute jalan sudah lebih mudah karena ada papan penunjuk jalan. Sebelum masuk ke area wisata pantai Anda akan dikenakan tarif retribui.

Semua fasilitas di dalam pantai Pok Tunggal ini terbilang sempurna. Bukan hanya dari pemandangan pantainya saja. Tetapi dari sisi fasilitas lain seperti tempat ibadah, tempat makan, dan beberapa wahana permainan akan memberi pengalaman lebih seru.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.